Recent Posts

TUMPENGAN, JADI AGENDA RUTIN PADEPOKAN KAMI


Hari ini, hari Jumat.

Entah ini hari jumat ke berapa kalinya saya melaksanakan shalat Jumat di Masjid Al Muhajirin di Jalan Bendungan Sigura-gura Malang, dekat dengan Kampus Institut Tehnologi Nasional (ITN) Malang.


Iya, minimal 2 kali jumatan tiap bulannya saya jumat di masjid ini. Karena tiap dua minggu sekali saya selalu berada di kota Malang. Menjalankan salah satu kewajiban saya sebagai salah satu narasumber untuk hadir berbagi ilmu digital marketing di Grounded Business Coaching asuhan Coach DR. Fahmi. Sebuah program penempaan kepada ribuan pengusaha tanah air agar meraka mau bertumbuh dan berkembang lagi bisnisnya menuju level koorporasi, meninggalkan belenggu dan dinamika level UMKM. 

Sepulang dari jumatan, saya langsung menuju halaman gasebo belakang tempat pelatihan tersebut, tempat pelatihan yang kami sebut sebagai Padepokan Sigura-gura. Bukan Cuma saya yang tergesa-gesa menuju tempat ini. Ada wajah sosok lainnya yang bersegera menuju kesana, lebih dari 100 orang.

Kami bersegera karena harus menghadiri acara Pesta Tumpengan, sebagai simbolisasi menjelang penutupan kelas yang sudah berlangsung sejak 4 hari lalu tersebut. Namanya saja tumpengan, tentu di meja hidangan telah tersaji nasi tumpeng berupa nasi kuning yang dibuat mengerucut dengan hiasan dekoratif aneka hiasan dari sayuran dan bumbu dampu yang dibuat secara khusus. Tak lupa nasi tumpeng itu juga di bagian dasarnya dikitari potongan ayam goreng, sambel, ikan asin, tempe goreng, tahu goreng hingga lalapan yang menggoda selera, terlebih saat lapar seperti saat ini. Sementara di ujung meja, juga telah tersaji kambing guling yang sementara diputar-putar diatas bara api oleh kokinya. Makin menggoda.

Di sebalah kanan meja, tersedia meja terpisah. Diatasnya tersaji jejeran buah potong yang beragam, seperti semangka, nenas, melon dan pepaya. Disampingnya kirinya juga tersaji buat segar lainnya seperti salak, manggis, duku dan pisang. Sementara di samping kanannya tersaji mangkok kaca besar, dengan sendok bertangkai didalamnya. Rupanya didalamnya tersedia es cendol dengan campuran cairan gula jawa kental. Sungguh, ini makin menggoda.

Dulunya, kalai masih sekolah di bangku Sekolah Dasar, saya kira tradisi nasi tumpeng ini hanya ada dalam tradisi Suku Jawa saja. Namun seiring perjalan waktu, saya akhirnya menemui dan memahami bahawa ternyata nasi tumpeng ini juga ada tradisi Suku Betawi, Suku Badui, Suku Melayu, Suku Dayak, Suku Bugis Makassar dan banyak suku lainnya di seluruh daratan Nusantara, Indonesia. 

Kembali ke cerita di Padepokan Sigura-gura tadi, suasana hening dan khidmad saat guru kami Coach Fahmi memberikan sambutan tadi kini berubah menjadi riuh rendah oleh para muridnya yang berular mengantri untuk memindahkan onggokan nasi tumpeng tadi ke atas piringnya masing-masing lengkap dengan beraneka ragam lauk tentunya. Saya sendiri berada di barisan terdepan, maklum saya tergolong senior diantara mereka yang hadir. Di depan saya berdiri senior saya, Uda Rowan. Orang Padang yang kini telah menetap di Bekasi. 

Obrolan kami tentu tak jauh dari menilai rasa dan citarasa nasi tumpeng yang sedang kami kecap. Lauk, bumbu dan sayurannya juga kami komentari. Rupanya kami sepakat kalo nasi tumpeng ini sangat nikmat, nasinya teksturnya lembut, enak dikecap dan rasa kunyit (untuk pewarna nasinya) tidak terasa dilidah. Ayam gorengnya juga nikmat disantap, dagingnya empuk dengan aroma lada hitamnya yang kental. Pun dengan sambal juga sangat meningkatkan selera makan kami berdua. Tinggal es cendol dan buahnya yang belum kami kecap, tunggu waktu yang tepat tentunya. 

“Uda, kalo di Jogja banyak loh yang jualan nasi tumpeng, tapi jarang yang rasanya enak loh” selorohku ke Uda Rowan yang mulutnya tak hentinya mengunyah. Jahat sekali saya bertanya disaat yang tidak tepat.

“Kalo di Bekasi, ada gak bang tempat pesan nasi tumpeng yang enak” tanyaku kembali.
“Ya adalah, itu ada punya tetangga Uda di Jakasampurna Bekasi baru, namanya Royal Tumpeng” terang Uda Rowan sambil meletakkan sendoknya di piringnya yang isinya sudah tandas.
“Akh elu Uda, promosi terselebung dah” sergahku

“Akh gak lah, emang enak kok. Kemarin pas ultah nenek aku, kami pesan nasi tumpeng ke Royal Tumpeng kok” terangnya tak mau kalah

“Ooo, ok deh Uda. Udah akh, mau saya ambilin es cendol gak nih” tanyaku memotong
“Gak usah bang, ane lagi agak flu, gak boleh minum es dulu” jawabnya


tips tips memilih umroh di jamin terpercayaa

5 Tips Memilih Travel Umrah yang Aman dan Terpercaya
Jelang akhir tahun, banyak muslim yang berencana mengisi liburan dengan menjalankan ibadah umrah. Peluang ini dimanfaatkan betul oleh biro travel dengan menggelar aneka promo. Perlu tips dan trik untuk memilih travel umrah agar ibadah dan liburan akhir tahun berjalan secara khusyuk.
Animo masyarakat Indonesia yang tinggi terhadap ibadah umrah berimbas pada keberadaan bisnis travel umrah yang terus tumbuh subur. Belajar dari pengalaman kasus First Travel yang mengiming-imingi harga promo justru membuat banyak calon jemaah gagal pergi ke tanah suci.
Umroh merupakan salah satu kegiatan ibadah umat Islam. Disaat menunggu antrian ibadah haji lama sekali, maka umroh pun menjadi alternatif. Perbedaan antara umroh dan haji terletak pada waktu dan tempat pelaksanannya. Ibadah haji dilakukan antara tanggal 1 Syawal hingga 13 Zulhijah, tetapi kalau umroh dilaksanakan kapan saja kecuali pada hari tertentu seperti hari Arafah pada 10 Zulhijah dan hari-hari Tasyrik tanggal 11,12,13 Zulhijah.
Setiap orang yang melakukan ibadah haji wajib melakukan umroh, yaitu perbuatan ibadah yang merupakan kesatuan dari ibadah haji. Pelaksanaan umroh ini didasarkn pada firman Allah SWT dalam surah Al-Baqarah: 196 yang artinya `Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah…`
Mengenai hukum umroh, ada beberapa perbedaan pendapat. Menurut Imam Syafi`i hukumnya wajib sekali seumur hidup jika mampu. Menurut Mazhab Maliki dan Mazhab Hanafi hukumnya sunnah muakkad (sunah yang dipentingkan). Namun kebanyakan oang lebih memilih mazhab Syafi`i.
Umroh diwajibkan bagi setiap muslim hanya satu kali saja, tetapi banyak melakukan umroh juga disukai, terlebih jika dilakukan di bulan Ramadhan. Hal ini didasarkan pada hadist Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang artinya `Umroh di dalam bulan Ramadhan itu sama dengan melakukan haji sekali.
Berikut ini beberapa tips memilih Travel Umrah Terpercaya :
  1. Pastikan Travel Berizin
Sebelum memutuskan umrah, pastikan memilih biro travel yang berizin. Pastikan travel tersebut sudah terdaftar dan resmi Kementerian Agama. Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah atau PPIU harus terdaftar dan mengantongi izin dari Kementerian Agama Republik Indonesia.
Ada dua cara untuk mengetahui bagaimana cara cek resmi atau tidaknya travel. Pertama dengan datang langsung ke Kementerian Agama untuk mengkonfirmasi legalitas biro travel terkait.
Kedua, cukup akses internet dan buka website resmi Kementerian Agama.

  1. Pastikan Penerbangan dan Jadwal Keberangkatan
Setelah memastikan travel umrahnya terdaftar di Kementerian Agama, perhatikan jadwal keberangkatan yang pasti. Sebenarnya setiap travel umrah sudah mendapatkan quota visa untuk setiap tanggal keberangkatan.
Dari kuota visa maka biro travel selanjutnya dapat memesan tiket pesawat untuk keberangkatan dan kepulangan. Jadi patut dicurigai jika PPIU mengeluarkan paket umroh namun tidak bisa memberikan tanggal dan hari keberangkatan umrah.

  1. Pastikan Paket Biaya Umrah
Biaya umroh harus wajar dan pastikan apa saja fasilitas yang diberikan selama umroh. Perhatikan harga paket umrah dan pastikan apa saja pelayanan yang didapatkan jamaah.
Biasanya, ada beberapa biaya tambahan di luar paket umrah yang harus ditanggung sendiri oleh jemaah.

  1. Pastikan Hotel
Cek nama hotel, lokasinya dan jarak ke Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Cek juga apakah hotel yang didapatkan sudah sesuai dengan yang tertera di paket atau belum.
  1. Pastikan Visa
Dan tips umrah yang aman terakhir adalah mengecek visa. Konfirmasi ke PPIU perihal status visa yang akan didapatkan dari pemerintah Arab Saudi.
Nah, untuk itu jangan sampai anda salah pilih agen travel umroh ya. Yuk daftar di Rihaal Travel

manfaat ibadah haji dan umroh


Manfaat Ibadah haji atau umroh

Ibadah Haji dan Umroh merupakan pelaksanaan rukun Islam yang ke lima. Banyak sekali hikmah yang terkandung di dalamnya. Karena ibadah haji maupun ibadah umroh adalah wujud dari pertemuan antara kesadaran batin dan kecerdasan rasio.
Setiap orang yang melakukan jenis ibadah ini pasti punya pengalaman spiritual yang berbeda-beda. Bahkan kadangkala terlihat tak masuk akal atau di luar perkiraan manusia.
Patuh dan mau menyerahkan diri kepada Allah SWT. Itulah wujud utama dari pelaksanaan ibadah haji dan umroh di tanah suci. Kita memenuhi panggilan Allah dengan menempuh perjalanan yang panjang, memakan biaya yang banyak serta waktu yang lama, dan harus berpisah dengan saudara, keluarga sera harta benda yang kita miliki.
Tujuannya cuma satu, yaitu menjalankan tugas mulia melalui ibadah dan ritual sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.
Hikmah yang terkandung
Semua jenis ibadah di dalam agama Islam pasti punya hikmah yang tinggi. Demikian pula dengan ibadah haji dan umroh. Hikamh dari pelaksanaan ibadah ini antara lain :

1. Meningkatkan kedisiplinan
Ketika di tanah suci Mekkah dan Madinah, seluruh umat yang melaksanakan ibadah haji dan umroh harus terbiasa untuk disiplin ketika melaksanakan ritual haji maupun sholat. Pola disiplin ini di harapkan bisa terus berkelanjutan meski waktu pelaksanaan ibadah sudah selesai.

2. Meningkatkan kwalitas diri dalam beribadah
Orang yang merasa banyak dosa sering merasa putus asa. Namun Allah menjanjikan akan menghapus segala dosa yang kita miliki ketika kita mau melaksanakan ibadah secara tulus dan ikhlas. Hal ini akan mendorong kita untuk lebih taat menjalankan jenis ibadah yang lain selain ibadah haji dan umroh.

3. Memunculkan sifat yang sabar
Ketika melaksanakan ritual ibadah haji dan umroh, tentu banyak cobaan dan godaan yang muncul. Banyak umat Islam dari berbagi negara yang berkumpul di satu tempat. Hal ini akan menimbulkan masalah berkenaan dengan fasilitas yang harus digunakan bersama karena jumlahnya yang terbatas. Di sini sifat sabar harus dikedepankan. Karena sifat egois dan mementingkan diri sendiri akan mengurangi nilai ibadah yang sedang dikerjakan.

4. Melahirkan rasa solidaritas dan kekeluargaan
Dengan berkumpulnya banyak umat dari berbagai negara atau daerah, akan menimbulkan rasa persatuan umat yang tinggi, tanpa membedakan golongan, ras dan lain-lain. Perbedaan yang ada tersebut tidak perlu menimbulkan perpecahan, namun justru akan membuat ikatan persaudaraan sesama umat Muslim seluruh dunia makin kuat.

5. Meningkatkan dakwah
Ketika umat Islam dari segela penjuru dunia berkumpul, akan menjadi media yang tepat untuk meningkatkan dakwah Islamiyah secara efektif. Di sini kita bisa saling belajar dan bertukar pengalaman terhadap pelaksanaan ibadah maupun penanaman nilai-nilai Islam di kehidupan sehari-hari dari masing-masing negara atau wilayah.
Selain lima hikmah dari pelaksanaan ibadah haji dan umroh di atas, tentu masih ada banyak hikmah yang lain. Setiap umat pasti punya sudut pandang yang berbeda terhadap pelaksanaan ibadah yang harus dilakukan di tanah suci ini.
Namun yang terpenting adalah setelah pulang dari berhaji maupun umroh, umat Islam harus punya pencerahan jiwa yang baru yang diwujudkan dalam amal shaleh, baik untuk diri sendiri maupun bagi masyarakat dan lingkungannya. Umrah artinya berkunjung atau berziarah. Setiap orang yang melakukan ibadah haji wajib melakukan umrah, yaitu perbuatan ibadah yang merupakan kesatuan dari ibadah haji. Pelaksanaan umrah ini didasarkan pada firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah: 196 yang artinya `Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah...`

Mengenai hukum umrah, ada beberapa perbedaan pendapat. Menurut Imam Syafi`i hukumnya wajib. Menurut Mazhab Maliki dan Mazhab Hanafi hukumnya sunah mu`akkad (sunah yang dipentingkan).

Umrah diwajibkan bagi setiap muslim hanya 1 kali saja, tetapi banyak melakukan umrah juga disukai, terlebih jika dilakukan di bulan Ramadhan. Hal ini didasarkan pada hadist Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang artinya `Umrah di dalam bulan Ramadhan itu sama dengan melakukan haji sekali`.

Pelaksanaan umrah

Tata cara pelaksanaan ibadah umrah adalah: mandi, berwudhu, memakai pakaian ihram di mîqât, shalat sunah ihram 2 rakaat, niat umrah dan membaca Labbaik Allâhumma `umrat(an) (Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, untuk umrah), membaca talbiah serta doa, memasuki Masjidil Haram, tawaf, sa`i, dan tahalul.

Tahapan Umrah

1.Berangkat menuju Miqat
2.Berpakaian dan berniat Ihram di Miqat (Tempat Miqat, al : Bier Ali, Ji`ronah,Tan`im, dsb)
3.Shalat sunat ihram 2 rakaat jika memungkinkan
4.Melafazhkan niat Umroh : Labbaik Allahuma Umrotan
5.Teruskan perjalanan ke Mekah, dengan membaca Talbiah sebanyak-banyaknya dan mematuhi larangan saat ihram
6.Melakukan Tawaf sebanyak 7 putaran
7.Melakukan Sa`i antara Bukit Safa - Bukit Marwah sebanyak 7 kali
8.Tahallul (menggunting rambut)
9.Ibadah Umroh selesai


Syarat, Rukun, dan Wajib Umrah

Syarat untuk melakukan umrah adalah sama dengan syarat dalam melakukan ibadah haji. Adapun rukun umrah adalah:

1.Ihram
2.Tawaf
3.Sa`i
4.Mencukur rambut kepala atau memotongnya
5.Tertib, dilaksanakan secara berurutan
6.Sementara itu wajib umrah hanya satu, yaitu ihram dari mîqât.


Larangan dalam Umrah
Allah tidak MEMANGGIL orang-orang yang MAMPU tapi Allah MEMAMPUKAN orang-orang yang TERPANGGIL untuk berkunjung ke Baitullah (ka’bah).

Menurut makna bahasa, Haji berarti menyengaja atau mengunjungi, sedangkan dalam terminologi islam, Haji itu berarti berkunjung ke Baitullah untuk melaksanakan beberapa amalan-amalan seperti wukuf, tawaf, sa’i serta amalan lainnya pada masa tertentu untuk mendapatkan pahala dan ampunan dari Allah SWT.  Keseluruhan rangkaian pelaksanaan ibadah haji itu dilakukan di Arab Saudi, sehingga siapapun yang berangkat kesana tentulah orang yang mampu dan memiliki bekal materi yang cukup.

Bila anda selesai membaca catatan saya ini kemudian anda langsung berniat dan bersungguh-sungguh akan melaksanakan Haji atau Umroh, ada 2 kemungkinan saja yang bakal terjadi.

Anda mempunyai kesempatan bisa melaksanakan keinginan Haji & Umroh.
Anda tidak mempunyai kesempatan untuk melaksanakan keinginan Haji & Umroh.
Untuk memahami bahasa “punya kesempatan” atau “tidak punya kesempatan” dalam hal Haji & Umroh kita cukup mengingat contoh nyata  “Tukang Becak Naik Haji” , "Penjual Gorengan Naik Haji setelah Menabung selama 20 tahun" ,  atau sinetron “Tukang Bubur Naik Haji”   kemudian... tengok teman atau tetangga kita yang mampu beli mobil Rp.100jt – Rp.500jt hingga 1 milyar  tapi belum Haji juga walau ongkos haji hanya berkisar Rp.38 jutaan. Begitulah rahasia Haji....

- Banyak orang yang mampu tetapi tidak sempat.
- Ada yang sempat tetapi ia tidak mampu.
- Ada lagi yang sempat dan mampu tetapi tidak sehat.
- Ada juga yang mampu, sempat dan sehat tetapi harus menunggu 15 tahun
  lagi.
- Ada yang mampu, sempat dan sehat tetapi hatinya tidak tergerak untuk
  berhaji.






Bakso Malang Enak

Waralaba Bakso Malang - Banyak sekali variasi bakso yang dapat Anda nikmati di Malang, mulai dari bakso yang di gerobak sampai yang ada di restoran. Untuk yang di restoran di antaranya ada: Bakso President, Bakso Cak Man, Bakso Horeg, Bakso Damas, Bakso Dong, Bakso Bakar Pahlawan Trip, Bakso Solo, Bakso Cak Kar dan masih banyak tempat makan bakso yang harus Anda coba satu persatu karena setiap tempat memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Ada yang unik dengan gorengannya yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain.



Tapi tahukah Anda bahwa bakso ternyata berakar dari seni kuliner Tionghoa? Ternyata nama bakso berasal dari kata ‘Bak-So’ yang dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti ‘daging giling’. Namun dahulu orang Tionghoa tidak menggunakna daging sapi dalam olahannya, Bakso China biasanya terbuat dari babi atau makanan laut dan warnya agak kecokelatan dan bentuknya tidak bulat sekali. Sedangkan bakso Malang terbuat dari daging sapi, berwarna abu abu dan bentuknya bulat sekali. Bakso China biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah berbeda dengan bakso Malang yang disajikan dengan kuah melimpah.

Pada akhir Dinasti Ming (awal abad ke-17) di Fuzhou, ada seorang pria bernama Meng Bo, tinggal di sebuah desa kecil. Meng Bo dan Ibunya tinggal bersama hingga Meng Bo tumbuh besar dan Ibunya menua. Saat Ibunya semakin menua, ia tak bisa lagi mengkonsumsi daging karena terlalu keras untuknya. Namun Meng Bo mencari cara agar Ibunya bisa makan daging lagi.

Di saat yang sama ketika Meng Bo sedang mencari ide, ia melihat kue yang bernama mochi. Dari sana lah Meng Bo mengolah daging berbentuk bulat. Sejak saat itu lah Ibu Meng Bo bisa menikmati daging lagi dengan rasa yang tidak kalah nikmatnya dengan daging biasa.

Selain bakso memiliki sejarah yang begitu unik dan menarik, tentu dari segi kesehatan juga memiliki kandungan gizi.  Di dalamnya terdapat 190 kilokalori, protein 10,3 gram, karbohidrat 23,1 gram, lemak 6,3 gram, kalsium 35 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 6,75 miligram.  Selain itu di dalam Bakso juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 4 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 250 gram Bakso, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100%.

Selain itu unntuk kesehatan Anda pun juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsi bakso. Bahkan menurut BPOM bakso menjadi salah satu menu yang dianggap berbahaya karena banyak bakso yang mengandung boraks atau bleng untuk membuat tepung menjadi lebih kenyal mirip daging serta lebih awet. Selain itu bakso yang dijual tetapi dipajang di etalase pada temperatur ruang berkemungkinan besar tercemar oleh bakteri, di antaranya bakteri penyebab diare atau salmonela penyebab penyakit tifus. Oleh karena itu pilihlah bakso yang sedang direbus untuk menghindari bakteri tersebut.

Memasak Adalah Tentang Memberi Hati


Mendapati bakso Malang di ibu kota sudah hal yang sangat biasa, di mana-mana ada. Meski begitu, terkadang, cita rasanya pun berbeda-beda. Katanya sama-sama bakso malang, kok rasanya bisa berbeda-beda?
Kembali lagi, menghidangkan sebuah makanan tergantung dari hati (dan tangan). Tak peduli sepersis apapun resep yang digunakan, selama hati (dan tangan) yang mengolah berbeda, rasa yang keluarpun tak akan pernah sama.


Mengapa seseorang bisa jatuh cinta lewat makanan? Kalau kata Bapak, memasak itu bagian dari memberikan sepenuh hati kepada orang yang akan menikmati. Mereka memberikan yang terbaik di setiap proses hingga terhidang di tempatnya. Bukan yang penting bumbu masuk dan asal jadi. Dan Mamakmu melakukan itu.


Lho, tidak adil dong! Bagaimana dengan kami yang sedang belajar memasak? Kami memasak sepenuh hati tapi hasilnya tidak karu-karuan?

Belajar saja terus, jangan lupa untuk memasukkan seluruh isi hatimu di dalam masakan.

Ngga percaya? Coba saja lihat orang yang sedang bersedih, galau atau sejenisnya. Hasilnya tidak akan berbeda jauh. Gosonglah, keasinanlah, terlalu asam, atau mungkin hasil akhirnya tak berbentuk. Hal ini juga terjadi pada hati yang merasakan sebaliknya. Memasak itu selalu tentang hati.

Kembali lagi tentang bakso Malang. Di beberapa tempat di Jakarta, makanan ini memang terasa sangat nikmat, yang paling sering saya kunjungi, bakso malang persis di depan stasiun sudirman di depan alfaexpress. Hanya Rp 15.000.

Nikmat? Versi saya, tentu. Versi yang lain, belum tau. Bukankah rasa juga tergantung selera?

Di satu tempat, saya pernah membeli seporsi bakso Malang yang ketika saya makan pertama kali mulai kerja 2017 silam, hingga kini tempat tersebut tak lagi pernah saya injak kembali. Ini yang disebut bakso atau makanan asal jadi. Aroma bakso sangat tidak enak. Kemungkinan-kemungkinan pun muncul di dalam benak.

Jangan-jangan daging yang dipakai sudah tidak segar? Jangan-jangan, ini bakso yang diolah dari beberapa minggu lalu, ngga laku lalu dipanaskan kembali?

Ada banyak "jangan-jangan" yang muncul di benak ketika aroma daging baksonya saja sudah terasa tidak bersahabat.

Bakso President, Bakso Serbuan Wisatawan Domestik Saat Berkunjung Ke Malang.

Berbicara tentang bakso Malang yang marak dan sangat mudah ditemukan di ibu kota bahkan kota-kota lain di Indonesia, tidak afdol rasanya jika tidak menikmati bakso Malang yang sesungguhnya. Ya, bakso Malang di kota Malang tentu saja.

Bersamaan dengan diselenggarakannya ICD 2018 oleh Kompasiana yang bertempat di Taman Krida Budaya, Malang, saya yang memang sangat ingin mengunjungi kota Malang tak menyianyiakan kesempatan.

List yang ingin dikunjungi di kota Malang sudah tersusun rapi, lokasi rekomendasi bakso Malang termaknyus di Malang pun sudah dicek di Google maps untuk mengetahui titik pastinya. Perlengkapan selama di sana pun tak perlu dipertanyakan lagi. Semua siap untuk eksekusi.

Katanya sihhhhh, berkunjung ke Malang, belum lengkap jika tidak mampir di Bakso Malang President yang bertempat di jalan Batanghari, Klojen, Malang. Bakso ini adalah satu satunya tempat yang menjadi serbuan wisatawan domestik saat berkunjung ke Malang.
Lokasinya persis di pinggir rel kereta api. Dari seberang jalan, sedikit tertutup oleh rumah dan semacam warung yang berada persis di depannya.
Di antara rumah dan warung tersebut, ada sedikit celah yang dimanfaatkan oleh konsumen untuk parkir, dari sana pula kita bisa melihat dengan jelas tulisan "Bakso President" dengan ukuran yang cukup besar untuk memastikan setiap pendatang tidak sedang salah alamat.

Menyantap Bakso "Berati", Nikmatnya Bakso Malang yang Sesungguhnya

Berbicara tentang hati yang dipersembahkan untuk masakan, kali ini saya benar-benar menemukan "hati" itu persis di dalam bakso yang saya pesan.

Dari beberapa pilihan menu, "Bakso Campur Jeroan" menjadi pilihan saya sebagai pecinta jeroan.

Selain memang menyukai jeroan, dari nama menu tersebut bukankah orang jadi penasaran? Bakso campur jeroan? Gimana tuh? Bakso ukuran besar di dalamnya ada jeroan mungkin?

Ternyata tidak! Bakso tersebut berukuran sebagaimana bakso pada umumnya, seukuran lubang jempol dan telunjuk jika dibentuk membulat. Jeroannya sendiri saat itu info dari mba pelayannya sedang habis. Lalu apa yang spesial dari bakso malang jeroan tanpa Jeroan ini?

Berselimut dinginnya udara Malang, bakso pesanan kami akhirnya tiba di meja, tempat yang kami pilih untuk kami tempati untuk bersantap.

Dengan sedikit sambel yang terhidang di meja, ditemani segelas air jeruk hangat, kepulan asap yang bersumber dari mangkuk bakso, serta aroma sedap yang menusuk-nusuk hidung, dinginnya Malang pun untuk sesaat terlupakan.

Saya selalu meyakini, bahwa gigitan pertama pada sebuah makanan menjadi penentu kenikmatan dari makanan tersebut. Ini juga yang menjadi alasan mengapa seorang chef atau pengolah makanan selalu tegang menanti respon pertama seseorang saat pertama kali menikmati makanan hasil olahannya (Kecuali penjual yang hanya peduli pada harga, bukan rasa).
Dan kenikmatan itu pun datang, gigitan pertama berhasil membuat hati setuju bahwa kenikmatan bakso Malang (yang sesungguhnya) tiada tandingannya. Dan halo para penjual bakso Malang yang bukan di kota Malang, sila jaga kualitas bakso kalian yaa, jangan sampai mencoreng kenikmatan bakso Malang yang sebenernya ini.

Kekenyalan dan tekstur bakso yang memang pada porsinya. Jika pembaca pernah mengonsumsi bakso yang ketika digigit, daging bakso memberikan kesan berpasir di mulut, maka kemungkinan besar pengolahan daging agar menjadi bubur daging melewati proses atau tahapan yang salah. Dan itu tidak ditemukan di Bakso President Malang.

Di dalam mangkok tersebut, selain bakso, terdapat pula pangsit goreng, dan beberapa jenis makanan lainnya yang saya sendiri tidak begitu tahu apa namanya. Ramai namun tetap terlihat cantik dan menggiurkan.

Satu per satu bakso mulai ludes, hingga akhirnya sebuah bulatan berukuran persis seperti bakso tersebut saya gigit yang ternyata adalah potongan hati ayam. Duhhh


Apa Anda yakin ingin membuka usaha bakso sendiri tanpa pengalaman?

  • Tidak Tahu bikin BAKSO MALANG ENAK?
  • Tidak Tahu Cara MENGHITUNG ANALISA BISNIS USAHA BAKSO secara CEPAT DAN BENAR?
  • Tidak Tahu APA SAJA PERLENGKAPAN YANG DIBUTUHKAN untuk membuka usaha bakso?
  • Tidak Tahu mencari MEREKUT TIM YANG kompoten?
  • Tidak Tahu Cara USAHA BAKSO MALANG sukses dan benar?
  • Tidak Tahu Cara PEMASARAN USAHA BAKSO yang BENAR-BENAR MENGUNTUNGKAN?
  • Tidak Tahu Cara MENYUSUN SOP USAHA BAKSO MALANG dengan TEPAT?
  • Ingin Waralaba, tapi Biaya Membuka Waralaba bakso MAHAL?


Peluang Usaha Bakso Cak Masrur

Bakso Cak Masrur sudah memiliki mitra di indonesia ada 43 lebih dan mereka mewujudkan wirausaha dan Kami memperhatikan kualitas pada Produk Bakso Cak Masrur dan harga cukup terjangkau untuk para konsumen.

Tentang Bakso Cak Masrur


Bakso asli malang yang pusatnya ada di Kota Jogja Kami hadir sudah lama dan kami memiliki Aneka menu : Bakso Halus, Bakso Urat, Bakso Ayam, Siomay Bakso, Mie ayam, Aneka pangsit goreng dan Minuman.
Tidak ada pengawet sama sekali dan mengunakan daging Sapi. untuk Soal Harga Paket Bakso mulai dari 10 Ribu.
Jika Anda bergabung Waralaba Bakso Cak masrur Kami akan Support Anda untuk mendapatkan berhasil balik Modal dan menjadi Pengusaha sukses nantinya….

Waralaba Bakso Cak Masrur Kami akan konsisten menjaga rasa enak dan gurih Bakso asli dari kota malang Kami berikan garansi jika Produk Kami Mengecewakan, dan dapatkan Traning pembuatan menu bakso dan mie ayam, Kami bantu Promosi dari Sosial Media, dan media promosi seperti Brosur dan banner.

Kami berikan support seumur hidup, Tanpa adanya bagi hasil, cepat balik modal dan mudah dijalankan.

Garansi:
  • Jika ada yg lbh murah dr tempat kami dg kualitas yg sama akan kami ganti selisihnya 2x lipat.
  • Jika rasa dan kualitas produk kami mengecewakan, uang akan kami kembalikan.
  • Resep asli dr bakso ternama di kota malang yang sudah banyak cabangnya.

Baca Juga : Waralaba Bakso Cak Masrur

Info Lebih Lanjut:

Hp : 0851-0686-1155
Email : cakmasrur13@gmail.com
Alamat : Jalan Polri Istimewa No.6 Timoho Jogja


Sekolah Manger Digital Marketing by azzam


Sekolah Manger Digital Marketing

Merancang Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu yang Hebat
kepada masyarakat, agar perusahaan yang memasarkan produk tersebut bisa mendapat arus konsumen yang cukup signifikan untuk mendatangkan profit secara konsisten. Untuk itu, diperlukan langkah-langkah sebagai berikut.

•Memilih sasaran audiens, yaitu target yang tepat untuk produk yang akan dipasarkan. Misalnya, apakah suatu produk kendaraan akan cocok ditawarkan untuk pembeli eceran (konsumen biasa) ataukah perusahaan yang akan memerlukan kendaraan tersebut untuk bisnis?

•Menentukan tujuan komunikasi. Misalnya, apakah suatu iklan dirancang untuk mendorong konsumennya berpikir, membujuk konsumen dengan halus atau bahkan langsung menyuruh bertindak?

•Merancang pesan. Misalnya, pesan jenis apakah yang bisa membuat konsumen tertarik untuk membeli, yang bisa menarik perhatian dan yang bisa langsung mendorong sikap konsumen?

Tahapan Kunci dalam Perencanaan dan Pengembangan Produk Baru
Perencanaan produk merupakan hal yang sangat penting, yang menentukan jenis serta kualitas produk yang akan dihasilkan, respon masyarakat, serta kemungkinan kestabilan produk tersebut di pasar (dalam artian tidak cepat turun popularitasnya). Ketika merencanakan produk baru, sebuah perusahaan harus melalui berbagai tahapan hingga produk benar-benar sudah jadi dan siap dipasarkan.

Berikut adalah tahapan yang harus dilalui dalam perencanan produk baru:

 Idea Generation: tahap mencari ide dan peluang pembuatan produk baru.
 Product Screening: tahap menyeleksi ide-ide produk yang diperoleh untuk memilih yang paling potensial.
Product Life Cycle atau Memahami Siklus Hidup Produk dalam Manajemen Pemasaran
Setiap barang yang dipasarkan, baik itu berupa produk maupun jasa layanan, memiliki siklus yang dimulai dari awal ketika mereka mulai dipasarkan dan berakhir ketika produk tersebut mulai mengalami penurunan yang bisa disebabkan karena penurunan minat masyarakat, situasi ekstrem yang memengaruhi nama produk, atau penurunan kualitas.

Product Life Cycle alias Siklus Produk merupakan bagian dari analisis bisnis dan pemasaran yang berfokus pada empat tahap produk yaitu:

             Introduction (Pengenalan), yaitu ketika produk atau layanan baru diluncurkan.

 Growth (Perkembangan), yaitu ketika produk atau layanan mulai dikenal dan mulai menarik     minat konsumen.

•Maturity (Kematangan), yaitu tahap dimana permintaan akan produk atau layanan sudah berada dalam tahap stabil dan arus distribusi mengalir lancar.

•Penurunan (Decline), yaitu tahap dimana jumlah permintaan akan produk atau layanan mulai menurun akibat persaingan, perubahan selera masyarakat atau situasi ekstrim yang merusak citra produk.

Cara Menentukan Segmentasi Pasar secara Benar dan Menguntungkan
Kita sering menemukan suatu perusahaan menciptakan produk-produk berbeda dengan sasaran target konsumen berbeda, padahal jenis produknya mungkin mirip antara satu dan yang lain. Hal ini disebut segmentasi pasar, atau pembagian pasar untuk membidik beberapa kelompok yang masing-masing sangat homogen dengan karakteristik uniknya sendiri.

Segmentasi pasar biasanya dilakukan untuk memperluas keuntungan dari perusahaan dan meraih target konsumen yang lebih luas.

Karena merupakan hal yang cukup beresiko, setiap aktifitas segmentasi pasar harus dibarengi dengan faktor-faktor sebagai berikut:

Tipe dan Jenis Produk dalam Ilmu Manajemen Pemasaran
Dalam perencanaan dan pengembangan produk, dikenal tiga tipe produk yang dipasarkan kepada konsumen. Perencanaan dan pengembangan produk merujuk pada ketiga jenis produk ini, tergantung dari jenis produk apa yang diusahakan oleh perusahaan.

Ketiga jenis produk ini adalah:

• Convenience Goods
Ini adalah jenis produk yang biasanya bisa dibeli dengan mudah dan dengan usaha minimum. Hal ini karena kebanyakan konsumen biasanya sudah familiar dengan atribut dan karakteristik produk-produk ini.

Contohnya adalah barang-barang kebutuhan sehari-hari, koran, majalah, makanan ringan, obat-obat generik seperti obat batuk atau sakit kepala, dan sebagainya.

• Shopping Goods
Ini adalah jenis produk yang atribut dan kualitasnya belum begitu familiar bagi konsumen, sehingga mereka membutuhkan atribut tambahan seperti merk, reputasi barang dan harga (tidak semudah saat membeli convenience goods).

Cara Terbaik untuk Merekrut Salesman Hebat dan Sales Manager Top
Anda pernah melihat manajer penjualan yang sukses?

Kesuksesan mereka juga memerlukan pemahaman dan pengetahuan tentang produk yang mereka jual.

Jika mereka terus-menerus menjual produk kepada pelanggan dengan mendatangi pelanggan baru mengeluarkan dan ide-ide mereka untuk menarik perhatian, mereka akan membuat pelangan merasa tertarik dan bersemangat untuk membeli produk tersebut, padahal yang sering terjadi adalah penolakan yang merupakan bagian dari pekerjaan tersebut.

Sales kadang mengalami situasi yang tidak menguntungkan, mereka harus melawan ego untuk mengalahkan pelanggannya. Sementara hal ini tidak menciptakan persaingan dan memaksa konsumen atau pelanggan untuk membeli produk yang bersangkutan.

Artikel Lengkap tentang Account Management dan Account Relationship Management
Dunia bisnis dan pengelolaannya dengan pendekatan baru untuk mengelola sebuah korporasi bisnis, ini adalah hal yang mutlak bagi perusahaan. Hubungan tersebut bisa terjadi satu sama lain karena memiliki kesamaan tujuan.

Ada beberapa hubungan yang sering terjadi dalam dunia bisnis diantaranya adalah produsen dengan konsumen, produsen dengan supplier, produsen dengan sales dan distributor maupun grosir. Pengelolaan yang baik akan memberikan nilai tambah yang baik bagi perusahaan. Produsen akan memanfaatkan pelanggan dalam suatu level bisnis untuk bisa memaksimalkan hubungan kerja sama keduanya. Marketing strategy slides.

Dengan adanya pemasaran melalui pengelolaan pada berbagai metode yang berbeda yang berhubungan dengan pelanggan maka akan dilakukan berbagai pendekatan. Pendekatan tersebut akan menimbulkan suatu cara untuk mendapatkan konsumen serta memiliki tujuan untuk mendapatkan nilai tambah secara terus menerus pada konsumen, selain itu perusahaan juga akan memperoleh laba secara terus menerus.

Matriks Pengembangan Pasar dan Diversifikasi Produk
Matriks Pemasaran merupakan diagram yang menggambarkan bagaimana seharusnya sebuah langkah atau strategi pemasaran diambil. Diagram sederhana ini menggambarkan perbandingan antara empat hal: pasar yang ada sekarang, produk yang ada sekarang, pasar yang menawarkan produk baru, serta tentu saja produk barunya.

Dengan membandingkan antara sifat pasar dan produknya, kita bisa menentukan, secara kasar, garis besar strategi yang harus diterapkan jika sifat pasar dan produknya sendiri berada dalam kondisi tertentu.

Strategi Instagram Marketing yang Paling Cetar Membahana
Strategi pemasaran melalui media online atau internet adalah hal yang jamak dilakukan. Berbagai jenis media online yang ada saat ini dapat dimanfaatkan untuk tujuan pemasaran.

Diantara berbagai mode media online yang bisa dipergunakan, medial sosial online seperti Instagram juga bisa dimaksimalkan untuk kepentingan pemasaran sebuah produk ataupun jasa.

Instagram merupakan sebuah media sosial dimana para anggotanya saling berbagi foto yang mereka ambil dari kehidupan sehari-hari.

Fokus dari Instagram berupa foto atau gambar, membuat mereka yang melihat gambar tersebut merasa lebih dekat dengan apa yang ada dalam gambar, dan hal ini membuka jalan terhadap sebuah strategi marketing yang baru yaitu pemasaran secara visual.
Strategi Pemasaran Melalui Channel Youtube yang Paling Wow
Selain Facebook dan Twitter, salah satu media sosial yang biasa dijadikan sebagai media pemasaran adalah Youtube. Menggunakan video sebagai alat promosi memang cukup efektif terlebih lagi Youtube sekarang sudah sangat populer sebagai situs web sharing.

Menggunakan video sebagai sarana promosi dapat dilakukan baik pelaku bisnis online maupun offline. Memilih Youtube sebagai media promosi sangat tepat karena lebih dari 20 juta orang yang mengunjungi situs web sharing ini setiap harinya.

Hal ini membuat peluang mendapatkan konsumen semakin besar. Anda dapat meng-upload video mengenai usaha Anda.

Video tersebut bisa berupa iklan atau deskripsi mengenai usaha Anda. Format video pun bisa berbagai macam. Video dengan formal flv terbilang pilihan yang paling tepat karena format tersebut dapat diputar di berbagai macam web asalkan web tersebut memiliki Flash Player.