Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Menyiapkan Kampanye Pemasaran Sekat Ruangan Kantor?

Pemasaran Sekat Ruangan Kantor

Sebagai pemilik sebuah bisnis, tentu kita juga harus ikut memikirkan bagaimana cara memasarkan produk yang ada di perusahaan. Termasuk jika anda bergerak di bidang bisnis penyedia urusan desain interior rumah dan kantor. Khususnya anda yang saat ini bergerak di bidang penyekat ruangan, maka tulisan tentang bagaimana menyiapkan kampanye pemasaran sekat ruangan kantor berikut ini patut anda baca hingga tuntas. 

Banyak orang tidak berani mengalihkan pemasarannya ke bidang online karena tidak tahu harus memulai dari mana. Hal ini bukan karena ketiadaan budget marketing melainkan karena keterbatasan pengetahuan. Jangan sampai hal ini terjadi pada bisnis anda. Di era sekarang, tanpa menjalankan kampanye digital maka bisnis akan ketinggalan 10 tahun di belakang kompetitor. Tentu sebuah kerugian besar apabila hal itu terjadi. Hanya karena ketidakmauan belajar bisa berakibat fatal. Oleh keresahan tersebut kami secara khusus membuat artikel soal bagaimana menyiapkan kampanye pemasaran sekat ruangan kantor.


Selama ini masih belum banyak bisnis desain interior yang secara serius menggarap digital marketingnya. Maka alangkah baiknya jika anda lekas memulai digitalisasi bisnis sebelum semuanya terlambat. 


Sebelum secara detail kita membahas soal pemasaran sekat ruang kantor, mari kita bahas dulu pentingnya kampanye pemasaran online untuk sekat ruangan ini. 


Pentingnya Kampanye Pemasaran Online Untuk Produk Sekat Ruangan


Produk partisi ruangan khususnya sekat ruang kantor ini banyak dibutuhkan terutama di kota-kota besar. Kesibukan perekonomian di kota besar dengan gedung-gedung pencakar langitnya itulah yang harus kita gali sebagai customer setia kita. Melihat demografi customer kita yang kebanyakan orang perkotaan, maka kita juga harus menyiapkan sebuah strategi pemasaran khusus.

 

Guna menjangkau target market tersebut akan lebih baik apabila kita memakai strategi kampanye pemasaran sekat ruangan kantor. Ini penting sebab dengan strategi ini kita bisa menjangkau berbagai kota besar sekaligus hanya dengan satu kali kampanye. Bayangkan jika anda harus menempatkan sales sales marketing di tiap kota hanya untuk menggaet customer! Tentu akan menghabiskan dana dan waktu bukan? Maka dari itu anda harus memulai sebuah kampanye pemasaran sekat ruangan kantor sekarang juga. 


Beruntung jika anda telah menemukan artikel ini dan membacanya. Sebab banyak orang sebenarnya sudah sadar pentingnya digitalisasi pemasaran namun masih belum tahu caranya. Secara khusus bagi anda yang bisnisnya sekat ruang kantor akan kami bagikan langkah menyiapkan kampanyenya. Berikut untuk langkah-langkahnya. 


Tahapan Menyiapkan Kampanye Pemasaran Sekat Ruangan


Cara cara yang kami bagikan berikut ini masih dalam tataran permukaan. Namun ini penting buat anda yang masih tahap awal memulai digitalisasi bisnis. Jika anda sudah tuntas mempelajari aspek pemulanya, maka anda bisa mencari sendiri sumber belajar untuk tahap lanjutan.


Menentukan Buyer Persona

Pertama kali yang perlu anda lakukan ketika menyiapkan kampanye pemasaran sekat ruangan kantor adalah menentukan buyer persona. Apakah yang dimaksud dengan buyer persona? Jadi buyer persona ini adalah gambaran atau deskripsi person atau orang yang anda harapkan nanti membaca atau menemukan kampanye anda. Buyer persona ini harus cocok dengan data diri customer yang biasa membutuhkan produk-produk anda. Kalau kita salah dalam menentukan buyer persona, maka iklan yang kita jalankan kurang mendapatkan lead yang membahagiakan. 


Sekarang mari kita kulik apa saja kriteria buyer persona untuk produk sekat ruang kantor atau penyekat ruangan. Jika anda mempunyai data buyer yang selama ini membeli produk anda, maka bisa anda tentukan informasi apa yang didapat dari mereka. Seperti jenis kelamin, usia, pekerjaan, status ekonomi, dan lain sebagainya. Contoh data buyer persona adalah sebagai berikut : Laki-laki, berusia 40-50 tahun, dengan pekerjaan sebagai pemborong interior bangunan, berstatus ekonomi menengah ke atas. Nah, dari data tersebut kita dapat memposisikan diri bagaimana menulis copywriting dan jenis kampanye yang tertarget. 


Menyiapkan Budget Marketing

Jika anda sudah menentukan buyer persona, selanjutnya adalah anda menyiapkan budget pemasaran atau marketing. Budget pemasaran ini perlu anda perhitungkan betul. Misal, jangan sampai budget marketing itu sampai membengkak. Di sini anda harus menarget budget sejumlah x, harus menghasilkan keuntungan penjualan sebesar y, misalnya. Hal ini untuk memudahkan anda dalam mengevaluasi hasil kampanye di akhir bulan nanti. Jika memang worth it maka itu bisa terus anda jalankan atau bahkan tingkatkan budgetnya. Namun jika boncos maka bisa beralih ke platform lain atau perumusan ulang buyer personanya. 


Menentukan Platform Pemasaran

Setelah itu, anda bisa menentukan jenis platform digital yang hendak dipakai untuk kampanye pemasaran sekat ruangan kantor. Pemilihan platform ini penting karena nanti akan menentukan berhasil tidaknya iklan yang kita pasang. Untuk penentuan platform pemasaran itu akan kita bahas di akhir tulisan. Namun yang perlu anda tahu adalah platform yang hendak anda pakai ini juga ditentukan oleh buyer persona yang ada di awal. Jadi jika anda belum menentukan buyer persona, juga sulit menentukan platform pemasaran yang pas. 


Setting dan Optimasi Platform

Nantinya ketika sudah menentukan platform selanjutnya adalah anda harus setting dan optimasi platform kampanye online. Jika anda menjalankan sebuah kampanye maka itu harus rutin disetting ulang dan dievaluasi. Tentunya anda membutuhkan tenaga profesional untuk menjalankan ini semua. Seseorang yang sudah ahli dalam hal kampanye dan periklanan tentu akan tahu seluk beluk sebuah iklan sehingga menentukan keberhasilannya. 


Mengevaluasi

Tahap terakhir dari kesemuanya adalah evaluasi. Hal ini penting mengingat di awal kita harus menentukan goals yakni keuntungan dari penjualan. Bahan-bahan untuk evaluasi nanti berasal dari pembukuan anda dan catatan iklan sekat ruang kantor yang jalan. 


Rekomendasi Platform Pemasaran Sekat Ruangan Kantor


Berdasarkan riset kami soal produk sekat ruangan kantor, maka kami rekomendasikan kepada anda platform untuk kampanye pemasaran sekat ruangan kantor. Apa saja platformnya?


SEO Organik

SEO Organik ini meliputi usaha meningkatkan kemungkinan website anda ditemukan di mesin pencari. Jadi jika ada calon customer yang mengetik kata kunci tertentu maka diharapkan website andalan yang ditemukan. Syarat untuk menjalankan seo organik adalah anda harus mempunyai website yang representatif dan tidak kena penalti dari google. 


Google Ads

Google ads mempunyai goals mirip dengan seo organik. Namun google ads adalah jalan pintas apabila anda tidak sabar mendapatkan customer dari google atau mesin pencari. Logikanya adalah jika anda berani keluar budget iklan maka anda tak harus menunggu lama untuk dapat customer (lead) dari google. 


Facebook Ads

Facebook ads ini konsepnya juga mirip dengan google ads namun kampanye di FB lebih menekankan pada data target iklan dan bukan pada ketertemuan kata kunci. 


Facebook Fanspage

Ini sebenarnya cara lama, namun masih worked dan bisa jadi andalan. Jadi jika anda hendak menguasai pasar sekat ruangan kantor, maka buatlah fanspage fb khusus untuk jualan produk ini. Sebab di FB adalah media sosial bagi buyer persona yang anda target. 

Itulah beberapa trik kampanye pemasaran sekat ruangan kantor yang bisa anda coba. Semoga berhasil. 




1 komentar untuk " Bagaimana Menyiapkan Kampanye Pemasaran Sekat Ruangan Kantor?"

  1. Yuk Berbagi Informasi, di bawah ini saya kumpulkan beberapa artikel Penting untuk di baca dan ini adalah artikel yang mungkin bisa menarik kamu untuk makin sukses kedepannya:


    Aplikasi Youtube Script Creator

    BalasHapus