Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Donasi Online Rumah Yatim Terpercaya

Jika Anda punya kepedulian terhadap kelayakan hidup anak-anak yatim, tidak ada salahnya mendukung atau sekaligus ikut berbagi dalam program donasi online rumah yatim. Open donasi online rumah yatim ini banyak dibuat baik individu, lembaga, organisasi, komunitas, hingga yayasan loh.

Untuk bergabung dalam kegiatan donasi online rumah yatim ini, Anda tinggal memilih situs atau platform terpercaya yang sedang membuka gerakan donasi tersebut. Jika, belum ada, tidak ada salahnya Anda menjadi inisiator dengan bekerjasama dengan platform penggalangan dana, yang saat ini sangat mudah ditemukan di internet maupun media sosial.

Kepedulian Anda melalui uluran tangan pada open donasi online rumah yatim, bisa saja menyelamatkan dan membahagiakan anak-anak yatim, yang memang secara nafkah tidak lagi bisa mendapat nafkah utuh dari keluarganya.

Untuk mengetahui dimana rumah yatim terdekat di daerah Anda, jika tidak menemukan banyak informasi di media sosial atau situs resmi, Anda bisa melakukan survey atau menanyakan langsung ke dinas sosial, data rumah yatim yang ada di daerah Anda.

Sebelum membuat donasi online rumah yatim, pastikan data rumah yatim sudah Anda kumpulkan sebagai sasaran penyaluran donasi. Tidak hanya itu, penting juga mengumpulkan informasi tentang rumah yatim tersebut, apakah selama ini rumah yatim itu sudah punya donatur tetap atau justru tidak tersentuh bantuan sama sekali, semua data itu harus jadi pertimbangan.

Nah, bagaimana caranya membuat program donasi online rumah yatim? Mungkin Anda bingung, bagaimana caranya mengumpulkan donasi tersebut dan bagaimana cara mengumpulkan donatur sebanyak-banyaknya.

Cara Buka Donasi Yatim Piatu

Cara berikut bisa jadi referensi jika Anda ingin membuka donasi online rumah yatim:

  • Bisa membuat link donasi mandiri lalu kemudian menyebarkan informasi tersebut di media sosial, minta teman atau keluarga membagikan info tersebut, agar sampai ke donatur. Jangan lupa mencantumkan dengan jelas tujuan Anda membuka donasi.

  • Bekerjasama dengan platform atau situs penggalangan dana terpercaya dan buat link donasi online rumah yatim di platform tersebut. Pastikan memilih situs popular untuk membuat calon donatur Anda percaya mengenai tujuan penggalangan dana yang dibuat. Beberapa situs bisa dipilih seperti KitaBisa, Benih Baik, Indo relawan, We Care, atau UNICEF.

Demikian cara membuat donasi online rumah yatim yang bisa Anda coba. Jika dananya sudah terkumpul, bisa dikirim langsung ke rumah yatim terdekat di wilayah Anda, atau bisa ke Yayasan Rumah Yatim.

Yayasan Rumah Yatim

Membahas soal yayasan rumah yatim, maka penting untuk mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu dan ciri-ciri sebuah lembaga sehingga disebut yayasan.

Yayasan didefinisikan sebagai sebuah badan hukum dimana hasil kekayaannya terpisah. Kekayaannya diperuntukkan pada tujuan awal berdirinya sebuah yayasan yang memegang tiga prinsip yakni kemanusiaan, sosial, dan keagamaan.

Begitupun dengan yayasan rumah yatim didirikan dengan tiga tujuan yakni kemanusiaan, sosial, dan agama. Mereka, anak-anak yatim yang dikumpulkan dalam sebuah rumah untuk kemudian dididik dan kemandiriannya dilatih.

Adapun ciri-ciri yayasan rumah yatim  bisa jadi referensi antara lain:

  • Kekayaan sebuah yayasan terpisah sebagaimana prinsip pendirian sebuah yayasan yakni untuk tujuan kemanusiaan, agama, dan sosial. Sama halnya dengan didirikannya yayasan yatim piatu yang harus menegakkan tujuan awal berdirinya.
  • Yayasan rumah yatim wajib hanya memiliki tiga anggota dengan jabatan mulai dari pembina, penguru, dan pengawas saja.
  • Yayasan tidak memiliki anggota.
  • Dalam pelaksanaan operasional yayasan harus sesuai dengan undang-undang atau badan hukum yang semestinya. Sebuah yayasan rumah yatim dinyatakan legal, jika pendiriannya juga legal yang dibuktikan dengan surat dari akta notaris. Ini penting menghindari kedok yayasan rumah yatim, padahal dikendalikan oleh orang pribadi dengan tujuan pribadi.

Saat ini, seiring dengan perkembangan zaman, yayasan rumah yatim memperluas fungsinya, tidak sekadar meningkatkan taraf hidup anak yatim, tetapi juga para dhuafa yang secara ekonomi lemah dan terbelakang dari sisi pendidikan dan agama.

Rumah Yatim Terdekat

Rumah yatim merupakan rumah yang digunakan untuk mengumpulkan anak-anak yatim yang tidak mendapatkan nafkah utuh dari kedua orangtuanya, bisa dikatakan mereka juga secara ekonomi tergolong lemah.

Bagi Anda para dermawan, bisa memberikan donasi Anda pada rumah yatim terdekat di daerah Anda. Saat ini sangat mudah menemukan rumah yatim terdekat di daerah Anda. Pasalnya, beberapa rumah yatim sudah memiliki situs resmi yang bisa diakses.

Program Rumah Yatim

Soal program rumah yatim, masing-masing pengurus rumah yatim biasanya memiliki program untuk kemajuan baik dari segi kelayakan hidup, sosial, pendidikan, kesehatan, hingga agama anak-anak yatim maupun dhuafa yang dibinannya. Itulah mengapa, dana sebagai modal dasar yang paling dibutuhkan rumah-rumah yatim ini, agar apa yang menjadi program bisa terlaksana.

Beberapa program rumah yatim yang sering dilakukan antara lain:

  • Layanan kesehatan 

Untuk layanan kesehatan ini terbagi kedalam beberapa bagian program, misalnya pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan, hingga layanan ambulans.

  • Layanan Pendidikan

Untuk sektor pendidikan biasanya dibuat rumah-rumah belajar untuk anak-anak kurang beruntung ini, penyaluran bantuan seragam sekolah, alat tulis menulis, dan beasiswa pendidikan.

  • Layanan zakat, infak, dan sedekah

Untuk semakin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap manfaat pemberian zakat, infak, maupun sedekah, beberapa rumah yatim membuat program jemput bola dengan menjemput zakat, infak, maupun sedekah masyarakat untuk kemudian disalurkan kembali pada penerima manfaat.

Profil Rumah Yatim

Ada sejumlah rumah yatim yang bahkan sudah memiliki cabang di berbagai daerah. Berikut ini profil rumah yatim yang sudah dikenal masyarakat luas dab berdiri puluhan tahun.

  • Yayasan Mitra Yatim

Adapun profil rumah yatim Yayasan Mitra Yatim ini, merupakan rumah yatim berbentuk yayasan. Merupakan salah satu lembaga filantropi di indonesia. Lembaga ini merupakan lembaga nirlaba dan mandiri bertujuan untuk meningkatkan keadilan sosial dan pembangunan yang sifatnya berkelanjutan. Kami hadir lewat sebuah website yang bisa anda simak di link berikut Donasi Online Rumah Yatim

Masih ada banyak rumah yatim yang bisa dibantu lewat open donasi online rumah yatim.  Mereka membutuhkan uluran tangan Anda para dermawan di Seluruh Indonesia. Maka dari itu segeralah ulurkan angan anda untuk membantu adik yang membutuhkan. 


Posting Komentar untuk "Donasi Online Rumah Yatim Terpercaya"