Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuatkan Tabungan Khusus Anak, Penting?

Penting atau tidak sih kita sebagai orang tua mempersiapkan dana tabungan khusus anak? Tentu saja penting, sebab itu termasuk ke dalam bagaimana kita bisa mengatur keuangan rumah tangga. Hal tersebut memang bukanlah perkara yang mudah, akan tetapi akan memudahkan dikemudian hari. Maka, penting kita untuk memiliki keuangan yang stabil sehingga macam-macam kebutuhan dapat terpenuhi seperti dapat mempersiapkan dana tabungan khusus anak. Dana khusus anak terutama dalam pendidikan, sebisa mungkin sebelum anak lahir pun sudah dipersiapkan. Karena, kenaikan biaya pendidikan sekolah anak setiap tahunnya meningkat.

tabungan khusus anak

Tips Mempersiapkan Tabungan Khusus Anak Untuk Pendidikan

Diskusi dengan Pasangan

Tentu diskusi merupakan hal yang terpenting dalam membangun rumah tangga. Diskusi mengenai persiapan dana untuk anak memang seharusnya dilakukan, karena anak adalah milik kalian berdua dan tidak mungkin persiapan tersebut secara sepihak. Bagi yang baru saja menikah, bisa disepakati dengan kapan akan merencanakan program hamil dan ingin memiliki berapa anak. Kemudian bisa dilanjut dengan membicarakan mengenai sistem pendidikan yang seperti apa yang ingin diterapkan kepada anak.

Menghitung Kebutuhan Dana 

Sebelum menghitung kebutuhan berapa banyak dana yang diperlukan, tetapkan dahulu tujuan finansial secara spesifik. Jika ingin menyiapkan dana untuk pendidikan anak yang memasuki SD, buatlah jangka waktu untuk mempersiapkan dana tersebut dan senilai berapa dana yang dibutuhkan.

Cek Kemampuan Finansial

Sebelum menghitung dana juga perlu perhatikan kemampuan finansial yang dimiliki. Tidak perlu khawatir kebutuhan untuk anak tidak bisa terpenuhi. Bisa diakali dengan mengurangi beberapa pengeluaran yang tidak penting seperti pengeluaran untuk kebutuhan lifestyle.

Asuransi Pendidikan Anak

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan dana untuk pendidikan anak selain membuat tabungan khusus anak. Dengan menggunakan asuransi pendidikan anak, ini menjadi bentuk antisipasi kenaikan biaya pendidikan pada tiap tahunnya. Dasarnya, dana yang kita punya diserahkan pada pihak ketiga yaitu perusahaan asuransi, yang mana mereka akan mengamankan dana tersebut dan memberikannya kepada anak ketika mencapai waktu yang telah ditentukan.

Kelebihan Asuransi Pendidikan Anak

Lebih Teralokasi

Bedanya dengan menabung di bank, ketika menggunakan asuransi pendidikan mereka akan bertanggung jawab penuh atas pengelolaan dana, dan ketika terjadi sesuatu diluar dugaan. Biaya pendidikan anak akan tercover oleh pihak asuransi hingga jenjang perguruan tinggi. Namun, tentu biaya yang dikeluarkan oleh pihak asuransi tergantung dari jenis biaya premi yang dibayarkan secara rutin.

Menghindari Ketidakstabilan Ekonomi

Sistem ekonomi khususnya Indonesia itu fluktuatif dari waktu ke waktu yang menjadikan adanya risiko mengenai penurunan nilai mata uang karena inflasi. Ini mengapa, dengan memiliki asuransi untuk mengamankan uang. Seperti yang sudah dibahas bahwa biaya pendidikan pun juga akan meningkat pada tiap tahunnya, menggunakan asuransi merupakan pilihan yang tepat. Sebab, uang kalian tidak hanya aman dari inflasi, tetapi juga akan tersedia untuk masa depan anak-anak kalian.

Tidak Seperti ATM

Bedanya yang lain antara asuransi dan menabung di bank yaitu periode penarikan dana. Untuk asuransi, penarikan dana tentu tidak bisa dilakukan sebelum mencapai kontrak waktu yang telah disepakati. Dengan ini, kalian memiliki dana yang tersimpan aman di lemari besi yang bahkan pemiliknya tidak bisa membukanya sampai waktu yang sudah ditentukan. 

Itu dia pentingnya kita sebagai orang tua untuk menyiapkan dana khusus anak entah dengan cara ditabung atau menggunakan asuransi. Semuanya memiliki keunggulannya masing-masing, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan.


Posting Komentar untuk "Membuatkan Tabungan Khusus Anak, Penting?"