Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Harus Punya Dana Darurat? Cek Manfaatnya Disini

Memiliki dana darurat merupakan hal yang penting. Sebab, terkadang kita sering mengalami pengeluaran tak terduga di waktu yang juga tidak tepat. Walaupun kondisi keuangan kita terbilang ideal dan aman, tentu kita tidak bisa menghindari kejadian yang di luar dugaan kita. Maka dari itu, dana darurat penting untuk dimiliki karena fungsinya sendiri sebagai dana yang memang disediakan untuk diambil kapan saja ketika kita berada di dalam keadaan yang mendesak. 

dana darurat penting

Dana Darurat

Definisi dari dana darurat adalah istilah bagi dana khusus yang sengaja dicadangkan untuk digunakan dalam berbagai keadaan mendesak. Masih banyak orang yang sering salah mengartikan dana darurat adalah tabungan. Tentu kedua hal tersebut sangat berbeda, bahkan dalam tujuannya. Tabungan sendiri berfungsi sebagai dana yang memang dikumpulkan untuk suatu target yang jelas. Sedangkan dana sebagai dana yang dikumpulkan jauh-jauh hari dan belum tahu kapan akan digunakan yang jelas ketika ada keadaan yang mendesak.

Manfaat Dana Darurat

Tentu dana darurat penting untuk dimiliki, berikut manfaat-manfaat yang akan didapat jika memiliki dana darurat.

Sebagai Dana Kesehatan

Mengalami kecelakaan atau sakit merupakan musibah yang tidak dapat kita prediksi kapan terjadinya. Dengan adanya dana darurat maka tagihan rumah sakit yang lumayan besar dapat tertutupi. Dana darurat penting dimiliki walaupun tidak bisa langsung dirasakan manfaatnya, akan tetapi dapat dirasakan di kemudian hari dan membuat beban kita jauh lebih ringan.

Cadangan Ketika Tiba-tiba di PHK

Dalam dunia pekerjaan apalagi perkantoran tentu tidak ada yang namanya jaminan kalau akan dipekerjakan selamanya. Terlebih lagi, di masa pandemi ini sangat rawan terkena PHK sebab keuangan di tempat kerja yang memang trafiknya turun. Dengan adanya dana darurat, uang tersebut bisa menjadi pegangan selama kalian mencari pekerjaan yang lainnya. 

Memperbaiki Aset Pribadi

Kondisi darurat yang jarang terprediksi lainnya adalah ketika tiba-tiba kendaraan yang kita miliki rusak, atau salah satu bagian rumah rusak. Tentu hal itu membutuhkan dana yang lumayan. Oleh karena itu, dana darurat penting digunakan dalam keadaan seperti itu dan tidak harus menggunakan uang yang sudah memiliki fungsinya masing-masing.

Tips Mengumpulkan Dana Darurat

Cek Kondisi Finansial Saat Ini

Kondisi finansial atau keuangan kita akan menentukan seberapa besar uang yang perlu disisihkan untuk dana darurat. 

Tentukan Jumlah Dana Darurat

Rumus sederhananya adalah kalian bisa menyisihkan 5-10% dari pemasukan bulanan untuk keperluan dana darurat. Jadi, ketika kalian memiliki pemasukan 5 juta perbulan, maka uang yang perlu disisihkan untuk dana darurat yaitu sebesar 250 ribu sampai 500 ribu setiap bulannya. 

Buka Rekening Khusus Dana Darurat

Supaya uangnya tidak tercampur dan lebih mudah mengkoordinasinya, buatlah rekening khusus untuk menyimpan dana tersebut. Usahakanlah supaya terpisah dari uang yang digunakan untuk pengeluaran bulanan. Karena dana darurat digunakan untuk kondisi yang mendesak dan harus cepat, maka pasanglah akses tercepat untuk menggunakan uang tersebut seperti m-banking.

Mencari Penghasilan Tambahan

Selain menyisihkan uang dari pemasukan bulanan, kalian juga bisa mencari dana darurat melalui penghasilan tambahan. Sebab terkadang, bagi sebagian orang yang memiliki pemasukan bulanan yang minim, dana darurat menjadi suatu beban. Padahal, jika diniatkan dana darurat akan sangat bermanfaat di kemudian hari dan tidak akan ada penyesalan untuk memiliki dana darurat. Maka solusinya adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Jika kalian memiliki keterampilan khusus yang memiliki nilai jual, maka manfaatkanlah hal tersebut.

Sekian untuk penjelasan dari dana darurat, manfaat, dan cara untuk mengumpulkannya. Perlu diingat, bahwa kejadian yang tidak dapat diprediksi pasti akan datang dan itu membutuhkan dana. Maka dari itu, dana darurat penting untuk dimiliki.


Posting Komentar untuk "Kenapa Harus Punya Dana Darurat? Cek Manfaatnya Disini"