tips tips memilih umroh di jamin terpercayaa

Februari 21, 2020

5 Tips Memilih Travel Umrah yang Aman dan Terpercaya
Jelang akhir tahun, banyak muslim yang berencana mengisi liburan dengan menjalankan ibadah umrah. Peluang ini dimanfaatkan betul oleh biro travel dengan menggelar aneka promo. Perlu tips dan trik untuk memilih travel umrah agar ibadah dan liburan akhir tahun berjalan secara khusyuk.
Animo masyarakat Indonesia yang tinggi terhadap ibadah umrah berimbas pada keberadaan bisnis travel umrah yang terus tumbuh subur. Belajar dari pengalaman kasus First Travel yang mengiming-imingi harga promo justru membuat banyak calon jemaah gagal pergi ke tanah suci.
Umroh merupakan salah satu kegiatan ibadah umat Islam. Disaat menunggu antrian ibadah haji lama sekali, maka umroh pun menjadi alternatif. Perbedaan antara umroh dan haji terletak pada waktu dan tempat pelaksanannya. Ibadah haji dilakukan antara tanggal 1 Syawal hingga 13 Zulhijah, tetapi kalau umroh dilaksanakan kapan saja kecuali pada hari tertentu seperti hari Arafah pada 10 Zulhijah dan hari-hari Tasyrik tanggal 11,12,13 Zulhijah.
Setiap orang yang melakukan ibadah haji wajib melakukan umroh, yaitu perbuatan ibadah yang merupakan kesatuan dari ibadah haji. Pelaksanaan umroh ini didasarkn pada firman Allah SWT dalam surah Al-Baqarah: 196 yang artinya `Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah…`
Mengenai hukum umroh, ada beberapa perbedaan pendapat. Menurut Imam Syafi`i hukumnya wajib sekali seumur hidup jika mampu. Menurut Mazhab Maliki dan Mazhab Hanafi hukumnya sunnah muakkad (sunah yang dipentingkan). Namun kebanyakan oang lebih memilih mazhab Syafi`i.
Umroh diwajibkan bagi setiap muslim hanya satu kali saja, tetapi banyak melakukan umroh juga disukai, terlebih jika dilakukan di bulan Ramadhan. Hal ini didasarkan pada hadist Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang artinya `Umroh di dalam bulan Ramadhan itu sama dengan melakukan haji sekali.
Berikut ini beberapa tips memilih Travel Umrah Terpercaya :
  1. Pastikan Travel Berizin
Sebelum memutuskan umrah, pastikan memilih biro travel yang berizin. Pastikan travel tersebut sudah terdaftar dan resmi Kementerian Agama. Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah atau PPIU harus terdaftar dan mengantongi izin dari Kementerian Agama Republik Indonesia.
Ada dua cara untuk mengetahui bagaimana cara cek resmi atau tidaknya travel. Pertama dengan datang langsung ke Kementerian Agama untuk mengkonfirmasi legalitas biro travel terkait.
Kedua, cukup akses internet dan buka website resmi Kementerian Agama.

  1. Pastikan Penerbangan dan Jadwal Keberangkatan
Setelah memastikan travel umrahnya terdaftar di Kementerian Agama, perhatikan jadwal keberangkatan yang pasti. Sebenarnya setiap travel umrah sudah mendapatkan quota visa untuk setiap tanggal keberangkatan.
Dari kuota visa maka biro travel selanjutnya dapat memesan tiket pesawat untuk keberangkatan dan kepulangan. Jadi patut dicurigai jika PPIU mengeluarkan paket umroh namun tidak bisa memberikan tanggal dan hari keberangkatan umrah.

  1. Pastikan Paket Biaya Umrah
Biaya umroh harus wajar dan pastikan apa saja fasilitas yang diberikan selama umroh. Perhatikan harga paket umrah dan pastikan apa saja pelayanan yang didapatkan jamaah.
Biasanya, ada beberapa biaya tambahan di luar paket umrah yang harus ditanggung sendiri oleh jemaah.

  1. Pastikan Hotel
Cek nama hotel, lokasinya dan jarak ke Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Cek juga apakah hotel yang didapatkan sudah sesuai dengan yang tertera di paket atau belum.
  1. Pastikan Visa
Dan tips umrah yang aman terakhir adalah mengecek visa. Konfirmasi ke PPIU perihal status visa yang akan didapatkan dari pemerintah Arab Saudi.
Nah, untuk itu jangan sampai anda salah pilih agen travel umroh ya. Yuk daftar di Rihaal Travel

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images