Fitur Smart messaging di WhatsApp Business

Whatsapp sebagai aplikasi messaging yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone memiliki versi baru yaitu Whatsapp Business. Selama ini yang kita kenal dan pakai adalah versi regular, dan saat ini Whatsapp Business sudah dapat digunakan di Indonesia. 
Sebelumnya, versi business hanya diperuntukkan di Amerika Serikat, UK, Italia, dan Mexico. Kehadiran Whastapp Business diharapkan dapat membantu pemilik usaha terutama bisnis kecil. Tujuannya untuk mempermudah pemilik bisnis berkomunikasi dan mengelola order pelanggan. Seperti apa fiturnya? Mari kita simak lebih jauh.
Dari segi logo, Whatsapp Business sedikit berbeda dengan versi regular. Masih mengusung tema warna hijau dan logo chat, namun bedanya pada versi bisnis keberadaan logo gagang telepon diganti huruf "B" kapital di tengah.

Pemilik bisnis dapat mencantumkan detail profil usaha seperti alamat, jam buka, website, email, dan deskripsi usaha lainnya. 
Fitur menarik lainnya yaitu adanya "smart messaging" yang meliputi pesan ucapan selamat (selamat datang, selamat pagi, dst.) pada pelanggan, menampilkan FAQ (Frequently Asked Questions) atau pertanyaan yang sering ditanyakan sehingga pembeli tidak perlu menjawab pertanyaan yang sama secara berulang-ulang, serta pesan lain yang dapat dimodifikasi sendiri yang otomatis membalas pertanyaan di luar jam sibuk. Di samping itu jika terdapat update data barang dagangan, pelanggan dapat langsung memperoleh update-nya.

Fitur lainnya yaitu fungsi verifikasi akun bisnis. Pemilik akun bisnis yang memiliki memiliki nomor telepon sama dengan yang tercantum dalam profil bisnisnya akan memiliki tanda centang abu-abu dari Whatsapp, sedangkan yang tidak sesuai akan memiliki tanda pertanyaan abu-abu. 
Sehingga apabila tiba-tiba kita dihubungi oleh nomor  yang memiliki tanda pertanyaan abu-abu dan mengaku sebagai pemilik bisnis, kita perlu hati-hati. Fitur ini sangat bermanfaat untuk mencegah penipuan yang mengatasnamakan suatu akun bisnis tertentu. Kita juga dapat memblokir atau melaporkan kepada Whatsapp terhadap akun bisnis abal-abal.
Whatsapp Business sudah sangat mendukung Whatsapp Web sehingga dapat pula dibuka di PC.
Whatsapp Business hadir dengan cara pengoperasian yang sama dengan versi regular namun harus di download secara terpisah dari versi reguler. Ukurannya sekitar 20 Mb dan saat ini bisa diunduh melalui Playstore. Saat ini hanya tersedia versi Android, sedangkan untuk IOS berada di AppStore 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Konsep Kegiatan Pemasaran

Cara Menghadapi Konsumen yang Rewel

Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Promosi