Cara menyimpan hasil chatting WhatsApp dalam format file TXT

Semakin berkembangnya teknologi, manusia akan semakin dipermudah untuk berkomunikasi. Maka dari itu, aplikasi WhatsApp sangat berguna dan mudah untuk para pengguna smartphone. Tapi jika ingin backup percakapan WhatsApp bagaimana ya?
Nah, maka dari itu kami hadir untuk memberi tahu cara backup percakapan WhatsApp ke format TXT. emangnya bisa ya? Bisa dong! Yuk mari simak selengkapnya artikel ini ya.
Saat Anda melakukan percakapan (Chatting) penting dengan sahabat atau rekan kerja kantor Anda di aplikasi chatting WhatsApp, pasti Anda ingin membackup hasil chat tersebut. Agar sewaktu - sewaktu jika diperlukan bisa Anda manfaatkan. Atau mungkin Anda ingin meneruskan hasil chatting tersebut ke teman atau rekan-rekan Anda yang lain, tapi akan cukup ribet jika harus menyeleksi satu persatu pesan tersebut untuk dicopy.
Untuk itu, cara yang paling mudah dalam menyimpan atau backup hasil chattingan WhatsApp tersebut adalah dengan menyimpannya dalam format TXT. Dengan format TXT ini tentunya Anda bisa dengan mudah untuk membukanya sewaktu-waktu atau mengirimkannya ke rekan Anda yang lain. Cara untuk bisa membackup chatting WhatsApp ke dalam format TXT tersebut adalah sebagai berikut.

Cara menyimpan hasil chatting WhatsApp dalam format file TXT :

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa membackup hasil chattingan WhatsApp Anda ke dalam format file TXT caranya dengan membuka aplikasi WhatsApp Anda, lalu menuju ke menu Settings.
  2. Setelah itu, Anda pilih pada opsi Chat, dan pilih lagi pada opsi Chat History
  3. Dan, langkah ketiga adalah dengan memilih pada opsi Email Chat dan silahkan Anda pilih pada kontak yang ingin Anda backup hasil chattingnya ke dalam format TXT tersebut. Caranya ini memang hanya bisa untuk satu kontak / obrolan saja. Jika Anda ingin membackup ke seluruhan maka Anda bisa mengulang lagi caranya.
  4. Setelah Anda memilih satu kontak WhatsApp yang ingin Anda backup chattingnya, maka Anda pun nantinya akan melihat jendela pop-up yang bertuliskan Without Media dan Attach Media. Kemudian, silahkan Anda pilih pada icon Gmail untuk membagikan atau mengirimkan hasil chat yang Anda pilih tersebut.
  5. Saat Anda masuk ke dalam format Gmail, Anda sebenarnya tidak perlu mengirimkan history chat tersebut. Anda cukup menyimpannya saja ke dalam draft. Tapi, jika Anda ingin kirim, pastikan bukan ke orang lain, agar hasil chatting Anda tidak diketahui.
  6. Jika sudah Anda backup dan simpan di draft, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengecek email Anda tersebut. Lalu pergi ke dalam menu Draft, dan di sana pasti Anda akan melihat file chatting WhatsApp Anda yang sudah dalam format TXT.
  7. Hasil chattingan WhatsApp dan tersebut sudah bisa Anda buka langsung di Android Anda atau bisa juga dibuka melalui komputer dengan menggunakan program notepad atau Microsoft Word.
Nah, itulah cara paling mudah dan simpel untuk bisa membackup hasil chatting atau percakapan Anda dengan teman WhatsApp Anda. Kini Anda tidak perlu repot-repot melakukan screenshoot jika memang Anda ingin mengirimkan bukti chattingan WhatsApp Anda tersebut. Dengan cara ini juga Anda bisa jadikan sebagai file penting, jika meman sewaktu-waktu dibutuhkan.
Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Konsep Kegiatan Pemasaran

Cara Menghadapi Konsumen yang Rewel

Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Promosi