Kunci Sukses Bisnis Musiman di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan memang memberikan peluang usaha yang luas. Namun, jika tidak hati-hati bukannya untung, bisa jadi Anda malah buntung. Perhatikan tiga hal saran dari Mike Rini Sutikno, perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) di bawah ini agar sukses bisnis di bulan Ramadan.
 
Prediksi
Karena Bulan Ramadan berlangsung singkat, penting untuk memprediksi penjualan. Kelebihan pasokan barang khawatirnya tidak laku dijual karena trennya (Ramadan-red) sudah lewat. Membuat sampel lalu dibagi-bagikan lebih efektif karena calon pembeli sudah berjanji untuk membeli.
Pemasaran
Agar efektif, mulai pasarkan barang minimal satu bulan sebelum bulan Ramadan. Strateginya yakni dengan mengadakan promosi (harga murah) jika membeli sebelum Ramadan.
Servis
Jika memakai jasa pengiriman barang, pastikan Anda sudah close order saat mendekati hari raya. Ini agar tidak terjadi penumpukan barang di agen pengiriman sehingga pelanggan terlambat menerima barang. Meski pun keterlambatan bukan kesalahan penjual, takutnya pelanggan tetap menyalahkan sehingga tidak percaya lagi jika Anda membuka usaha yang sama di Ramadan berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Konsep Kegiatan Pemasaran

Cara Menghadapi Konsumen yang Rewel

Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Promosi