Karyawan Ingin Jadi Pengusaha, Pertimbangkan 5 Hal Ini

Banyak saran atau masukan yang muncul tentang bagaimana menjadi seorang entrepreneur, seperti mengikuti hasrat Anda, dan melakukan hal-hal besar lain. Kenyataannya itu hal yang mudah terucap namun sulit dilakukan karena ada banyak aspek yang menjadi kendala.

Satu hal, sebagian besar dari kita merupakan pekerja. Menjadi tidak mudah jika kita secara tiba-tiba meninggalkan karir sebagai pekerja dan melupakan semua perjuangan selama ini. Banyak risiko harus kita hadapi. Pertimbangan seperti kredit rumah, kepastian dana membesarkan anak maupun biaya hidup membuat kita sulit melangkah.
Meski demikian, sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengejar impian. Anda mungkin tidak kaya, tetapi Anda akan memperkaya hidup Anda. Selain itu, setidaknya satu pemikiran mengatakan Anda akan lebih sukses melakukan apa yang disuka dari apa pun. Namun sebelum Anda mengambil keputusan drastis berpindah hidup tersebut, pertimbangkan lima hal ini agar yakin melakukan hal benar, seperti dilansir Liputan6.com:
1. Bercermin dan berpikir
Apa yang Anda lihat? Jika dalam cermin itu Anda melihat seseorang yang berani mengambil jalan perlawanan dalam kehidupan dan Anda merasan terjebak dan akan menyesal seumur hidup jika tidak setidaknya mencoba untuk menemukan jalan impian. Itu bisa menjadi motivasi yang cukup bagus.
Di sisi lain, jika Anda melihat seseorang yang ingin melakukan sesuatu karena alasan orang lain, mungkin hal itu tidak akan berhasil dengan baik. Anda benar-benar harus mencari tahu apa motivasi Anda. Apa tujuan dan prioritas Anda? Apa yang Anda coba buktikan dan kepada siapa?
Memahami apa motif sejati Anda dan tujuan, akan membantu diri dan keluarga Anda. Ini merupakan bagian penting untuk menilai risiko dan membuat keputusan yang tepat. Hal ini juga akan membantu Anda menghindari membangun jalan kehidupan dan membuat perubahan untuk alasan yang salah.
2. Jangan mencoba untuk menjadi apa yang Anda tidak bisa
Anda tidak benar-benar mencoba untuk berubah sebanyak sedang berusaha untuk menemukan jati diri sebenarnya.
Anda akan tahu bila Anda telah menemukannya. Jika Anda tidak yakin, terus mencari.
Orang bisa berubah di bawah kondisi yang sangat spesifik. Namun jangan melakukan perubahan yang bukan seperti Anda, demikian pula dalam karir. Jangan mengambil perubahan kecuali Anda punya jaring pengaman keuangan yang cukup.
3. Mencari masalah, bukan solusi
Sebagian besar pengusaha adalah orang-orang yang ingin melakukan sesuatu yang baru dan berbeda, mereka mencari ide-ide, untuk sebuah solusi.
Biasanya terdapat pilihan yang salah saat memulai. Apa yang Anda butuhkan adalah menemukan masalah yang menarik untuk dipecahkan.
Salah satu pertanyaan yang paling penting saat mengevaluasi suatu perusahaan adalah: Apakah itu memecahkan masalah besar? Apakah itu menghilangkan kekurangan pelanggan?.
Apakah itu membantu pelanggan baik melakukan sesuatu yang mereka benar-benar ingin dilakukan tetapi tidak pernah bisa, atau melakukan sesuatu yang jauh lebih baik, lebih mudah, atau lebih murah daripada sebelumnya?.
Cara lain untuk memikirkan hal ini adalah jangan mencoba melakukan sesuatu yang hebat. Awalnya coba menemukan masalah yang Anda pikir perlu dipecahkan dan melakukan itu.
Mark Zuckerberg tidak berusaha untuk menciptakan sebuah perusahaan atau melakukan sesuatu yang besar ketika ia mulai Facebook. Dia hanya berpikir itu akan menjadi keren dilihat perempuan secara online. Itu saja.
4. Ikuti kemana arah keuangan
Jangan peduli apa yang dikatakan orang, Anda akan menyesal meninggalkan pekerjaan atau karier untuk melompat memasuki dunia baru yang sangat berisiko.
Hal baiknya adalah Anda akan harus bersiap dalam hal keuangan. Dengan memiliki skenario, terutama jika Anda mempunyai dukungan keluarga.
Pertimbangkan hal ini. Berani melepaskan pendapatan gaji yang tetap untuk memulai sesuatu yang baru dengan anggaran yang ketat. Pada akhirnya, Anda mungkin justru akan meraih keuntungan lebih dibandingkan sekadar gaji.
Tentu saja, uang tidak harus menjadi motivasi utama Anda, tetapi Anda tidak harus berhati-hati dengan masalah ini. Lihatlah bidang dan industri yang memiliki lebih dari peluang investasi.
5. Cari tim yang hebat
Ada kekuatan luar biasa dalam kelompok. Tapi pilih kelompok yang tepat. Hal yang sama berlaku untuk kemitraan yang saling melengkapi. Cari tim yang hebat untuk menjadi bagian dari pembuatan usaha Anda.
Sebuah perusahaan yang paling sukses memiliki lebih dari satu pendiri. Bill Gates memiliki Paul Allen. Google, di mana Larry Page memiliki Sergey Brin. Memang benar dalam bidang apapun.
Butuh empat orang luar biasa yang tampak biasa tetapi menimbulkan hal luar biasa pada saat membuat Beatles, salah satunya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Konsep Kegiatan Pemasaran

Cara Menghadapi Konsumen yang Rewel

Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Promosi