Cara Menyusun Strategi Pemasaran Digital atau Digital Marketing Strategy

Saat ini, untuk menjadi sukses bukan lagi hanya mimpi. Perkembangan teknologi sudah mendukung sukses Anda.

Anda bisa melakukan bisnis bahkan dari rumah. Modalnya tentu saja skill dan pemanfaatan teknologi. Dunia digital dengan adanya internet saat ini adalah media yang bisa kita manfaatkan terutama dalam berbisnis. Banyak peluang yang internet tawarkan untuk menunjang kesuksesan bisnis.

Salah satunya dalam marketing atau pemasaran. Solusi pemasaran yang satu ini merupakan modal dalam mencapai kesuksesan bisnis karena pemasaran secara tradisional lingkupnya tidak lagi seluas internet.

Namun, tentu saja dalam pemasaran secara digital ini ada strategi khusus yang harus dipakai agar pemasaran berjalan lancar. Jadi, konsep pun perlu diketahui sebagai faktor atau kategori yang akan menjadi pengembangnya. Konsep dalam digital marketing ada tiga, mulai dari konten marketing, search engine marketing, dan sosial media strategi.

Ketiga konsep ini akan menjadi bekal yang membuat Anda mampu bersaing untuk berhasil di era digital saat ini. Anda akan merasakan bagaimana target pasar yang sudah Anda bidik tercapai dengan hasil yang lebih baik, lebih efisien, dengan sales atau penjualan yang mengalami peningkatan.

revisi banner Slide Pemasaran
Secara tradisional atau konvensional, pemasaran atau marketing biasanya melalui brosur, poster, atau leaflet yang disebar. Lebih besar lagi melalui billboard dan iklan di media cetak yang didukung dengan telemarketing menggunakan telepon. Sangat berbeda dengan digital marketing. Lebih luas jangkauan ke seluruh dunia dengan satu media internet. Anda tidak perlu menyebar atau menaruh iklan dimana-mana. Cukup menaruhnya di website atau jejaring social. Tanpa modal yang besar jangkauan pasar Anda lebih besar.

Menggunakan digital marketing juga akan membuat Anda lebih leluasa dengan banyaknya waktu yang tersedia. Selain waktu yang tersedia banyak bagi Anda, penjualan yang Anda lakukan pun lebih tepat waktu karena disini para target pasar yang akan mencari produk Anda dengan sendirinya ketika mereka butuh. Bukan seperti pemasaran konvensional yang terkadang menawarkan produk tidak tepat waktu yang membuat target pasar merasa jengkel dan terganggu. Selain itu lebih peduli lingkungan dengan tidak menghamburkan kertas yang dibagikan yang sering kali ujung-ujungnya di buang. Sementara sarana promosi di internet tidak memerlukan kertas dan lebih abadi sifatnya.

Sementara, untuk menunjang suksesnya digital marketing Anda, Anda harus menguasai metode atau strateginya.

Pertama, Search and research. Anda disini harus melakukan pencarian serta penelitian mengenai target pasar dan saingan atau kompetitornya. Saat ini persaingan di internet tidak main-main. Jika Anda tidak melakukan strategi ini dulu, maka pemasaran yang akan Anda lakukan akan sia-sia.

revisi banner KPI Pemasaran
Jadi, mulailah tentukan target pasar dengan menentukan siapa kira-kira yang akan tertarik pada produk Anda, prospeknya bagaimana. Berikan nilai tambah berupa layanan maupun pengetahuan dalam konten yang Anda sediakan selain produk yang Anda pasarkan.

Agar lebih efisien, jalin kerjasama dengan mereka yang sudah berpengalaman. Anda kemudian bisa memakai jasa pemasaran dari situs terkenal yang banyak pengunjungnya untuk menaruh iklan dari produk Anda. Selain situs atau website tertentu, gunakan juga sosial media yang lebih aktif orang buka setiap hari bahkan setiap detiknya. Interaksi yang terjadi akan mempermudah Anda mengetahui siapa target pasar sesungguhnya, bagaimana prospeknya, dan bagaimana para kompetitor yang ada, siapa saja.

Kemudian, initiate strategy dimana Anda harus menentukan sistem yang akan digunakan untuk menjangkau prospek yang sudah Anda ketahui berikut pelanggannya. Anda harus bisa mengarahkan semua pelanggan kepada situs dimana Anda menempatkan produk yang akan Anda jual tersebut. Misalnya arahan diberikan dari jejaring sosial. Jadi, bangun pusat website dimana website tersebut terhubung ke situs lain. Ini sangat ekonomis dan mempercepat waktu Anda dalam pengukuran pasar dimana Anda tidak harus langsung terjun ke website tersebut. Bahkan tanpa modal dan tanpa produk pun bisa Anda lakukan sebagai langkah awalnya.

Strategi selanjutnya yaitu start content engine dimana Anda harus menggunakan berbagai konten yang menarik agar orang tertarik pada bisnis Anda tersebut. Konten adalah materi paling penting, karena setiap orang masuk ke dunia maya, mereka akan mencari sebuah konten dengan keyword yang mereka masukan. Usahakan semua konten Anda mencakup apa yang biasa orang butuhkan dengan keyword yang mereka gunakan.

Jadi, keyword yang mereka masukan yang berhubungan dengan produk atau bisnis Anda tersebut bisa terdistribusikan ke konten yang Anda sediakan dalam website bisnis Anda tersebut. Disini, para palangganlah yang akan mencari Anda.

Strategi berikutnya yaitu traffic untuk membuat pengunjung datang ke situs atau website Anda.

Ini masih ada hubungannya dengan strategi ketiga tadi. Untuk mengarahkan atau mendistribusikan keyword ke website Anda, maka strategi yang dibutuhkan adalah penggunaan SEO atau search engine optimation yang merupakan teknik populer yang akan membuat konten dalam website Anda ditampilkan dalam mesin pencarian ketika keyword dimasukan oleh pelanggan. Jadi, sebisa mungkin setiap konten harus memiliki standar SEO. Untuk mengarahkan, Anda juga bisa menempatkan iklan pada mesin pencarian dengan membayar iklan secara pay per click.

Ada juga yang dinamakan dengan Afiiliate Marketing yang mana Anda bekerja sama dengan para rekan bisnis lepas atau marketer yang berpengalaman. Bisa juga dengan Media Buying, situs Anda akan ditampilkan sebagai iklan dibanyak situs.

Bisa juga menjadikannya iklan di media cetak dan elektronik. Karena sosial media sedang digandrungi tentu saja disini jauh lebih mudah. Interaksi langsung bisa terjadi dan tanpa biaya. Gunakan juga strategi terakhir dalam peningkatan traffic ini yaitu dengan Email Marketing. Email yang sering digunakan saat ini akan membuat pengunjung lebih banyak datang ke situs Anda. Tentu saja dengan konten yang baik dan menarik yang Anda tawarkan.

Lalu, strategi Embrace Relationship yang berhubungan langsung dengan pelanggan Anda. Anda harus membina hubungan yang baik yang membuatnya tertarik dan merasa nyaman dengan penawaran yang Anda berikan. Pahami apa yang mereka inginkan dan yakinkan dengan bahasa yang mudah diingat, menjanjikan, dan membuatnya benar-benar merasa apa yang Anda tawarkan tersebut masuk akal. Email dan sosial media merupakan dua kanal dimana komunikasi antara Anda dan mereka bisa terjalin.


Terakhir yaitu Money. Keuntungan tentu saja merupakan apa yang Anda cari. Ketika Anda mendapatkan banyak pengunjung dan pelanggan, artinya Anda harus memajukan dan mengembangkan pelayanan serta kualitas dari apa yang menjadi bisnis Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Konsep Kegiatan Pemasaran

Cara Menghadapi Konsumen yang Rewel

Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Promosi