Cara Melakukan Pemasaran dan Penjualan Online Produk Elektronik

Indonesia adalah negara penting bagi para produsen elektronik dunia.Bagaimana tidak, dengan jumlah penduduk 250 juta jiwa lebih, negara ini tentunya menawarkan pangsa pasar yang sangat luas bagi mereka.

Namun demikian, sejatinya bukan hanya produsen elektronik yang dapat memanfaatkan kondisi tersebut, melainkan juga para pebisnis yang tertarik untuk menjual barang elektronik.

Luas dan besarnya jumlah penduduk Indonesia dikombinasikan dengan semakin meningkatnya daya beli masyarakat tentunya memberikan peluang yang begitu besar bagi pebisnis elektronik untuk dapat memasarkan produk yang mereka jual.

Selain itu,pemasaran produk elektronik saat ini juga terbilang cukup terbantu dengan semakin populernya belanja lewat internet.Bayangkan, ada jutaan pengguna internet di Indonesia yang senantiasa online, baik dari gadget maupun dari laptop dan computer mereka.

Hal itu memberikan kesempatan untuk mempopulerkan produk serta toko elektronik yang dijalankan untuk semakin menarik minat konsumen. Dengan dasar itu pula, saat ini banyak pedagang elektronik lebih memilih untuk menawarkan produk mereka melalui jaringan internet, termasuk melalui sosial media seperti Facebook, Twitter maupun yang lain.

revisi banner Slide Pemasaran
Penting Memasang Iklan Di Internet
Menurut para ahli, beriklan produk elektronik melalui internet memberikan keuntungan yang sangat banyak.

Ahli marketing mengatakan bahwa persaingan di dunia nyata saat ini sudah sangat berat karena toko – toko elektronik offline yang bermodal kuat berani untuk tampil gila – gilaan.

Mereka berani menawarkan diskon yang hampir tak masuk di akal disertai dengan beragam layanan yang semakin lengkap.Bagi pebisnis elektronik pemula, tentunya cukup sulit untuk dapat menandingi apa yang dilakukan oleh toko elektronik besar.Oleh karena itu, internet dapat menjadi satu media terbaik yang dapat digunakan untuk berpromosi atau beriklan.

Selain itu, para ahli juga mengatakan bahwa berpromosi lewat internet juga terbilang sangat murah sekaligus efektif karena pebisnis bisa langsung menyasar kepada konsumen target.Dengan memanfaatkan keberadaan dan kepopuleran sosial media,maka beriklan bisa menjadi lebih mudah dan efektif.

revisi banner KPI Pemasaran
Namun ada hal – hal penting yang perlu diingat dan lakukan ketika beriklan melalui internet. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memajang gambar produk yang akan dipromosikan sebaik mungkin dari berbagai angle dengan kualitas gambar yang baik.

Ini sangatlah penting mengingat hal pertama yang akan dilihat oleh pengguna internet adalah gambar tersebut.Kedua, berikan deskripsi yang lengkap mengenai spesifikasi produk beserta harga yang ditawarkan. Hal tersebut bertujuan untuk menginformasikan kepada konsumen target bahwa produk yang dijual memang benar – benar berkualitas.

Kemudian, ada baiknya penjual memberikan layanan – layanan tambahan agar konsumen lebih tertarik untuk membeli, seperti layanan gratis ongkos kirim, layanan penukaran dalam jangka waktu tertentu apabila produk yang diterima tidak sesuai dengan spesifikasi atau rusak, potongan harga khusus dan lain sebagainya.

Hal – hal semacam itu, seringkali dianggap remeh dan disepelekan padahal sejatinya hal – hal kecil semacam itu adalah taktik jitu untuk menarik minat konsumen agar mendekat dan membeli.

Selain itu, membuat blog juga akan menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi pebisnis elektronik. Bagaimana tidak, keberadaan blog sekaligus sebagai bukti bahwa toko yang diiklankan memang benar – benar ada dan dapat dipercaya.

Selain itu,ada baiknya menampilkan testimony dari konsumen yang pernah membeli.Hal itu penting untuk membuktikan kepada calon konsumen bahwa mereka aman saat berbelanja melalui blog atau toko elektronik online tersebut.



0 komentar: