Beberapa Kesalahan yang Dilakukan Saat Memulai Bisnis Online

Bisnis online saat ini merupakan sebuah fenomena yang terus berkembang. Banyak yang tertarik dan kemudian memutuskan untuk terjun pada bidang ini. Tidak sedikit yang berhasil, tetapi banyak juga yang gagal.

Beberapa hal memang dibutuhkan untuk dapat berhasil pada bisnis online. Tidak sedikit yang gagal bahkan ketika baru saja memulai bisnis. Mengapa begitu? Sebab kesalahan mereka justru dilakukan pada saat baru memulai bisnis tersebut.
Berikut beberapa kesalahan yang dilakukan oleh mereka yang baru memulai bisnis:
1. Menunggu terlalu lama untuk meluncurkan produk/layanan.
Ketika Anda mulai untuk blogging atau podcasting untuk menarik perhatian orang, maka harus dipastikan tidak lama setelah itu Anda akan meluncurkan sesuatu yang akan Anda jual. Tetapi, banyak juga yang telah melakukan blogging dan podcasting, tetapi setelah itu sama sekali tidak pernah menawarkan apapun untuk dijual.
2. Tidak mendengarkan pelanggan
Dengarkan semua aspirasi pelanggan. Bukan hanya yang positif saja, tetapi juga yang negatif. Banyak yang hanya mau mendengarkan respon positif saja, sehingga mereka tidak mengatahui apa kekurangan dari bisnisnya tersebut.
3. Tidak berbeda
Bisnis online adalah sebuah persaingan yang ketat. Jika Anda biasa saja dan tidak berbeda dengan yang lainnya, percayalah, Anda telah memulai awalan yang buruk.
4. Terlalu banyak berpikir
Berpikir, membuat konsep, berencana, hal-hal tersebut sangat baik. Tetapi, hanya dengan berpikir tidak akan membuat bisnis online Anda berjalan. Yang dibutuhkan adalah ekseskusi dari ide-ide tersebut.
5. Bekerja sendirian
Tidak ada satupun yang berhasil dalam bisnis tanpa bantuan orang lain. Kesalahan fatal adalah Anda terlalu bekerja sendirian dan tidak mempercayai orang lain. Padahal, Anda butuh bantuan dari pebisnis lain yang tingkatnya tidak jauh dengan Anda, dan membutuhkan mereka yang tingkatnya lebih di atas Anda untuk membagi pengalamannya saat memulai bisnis online

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Konsep Kegiatan Pemasaran

Cara Menghadapi Konsumen yang Rewel

Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Promosi