Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Promosi

Waktu adalah uang, mungkin peribahasa itu sangat tepat dengan topik yang akan kita bahas kali ini. Lebih lagi dalam dunia kerja, siapa yang bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, maka penghasilan yang diharapkanpun akan mengalir dengan sendirinya.

Termasuk bagi anda yang saat ini sedang menjalani profesi sebagai seorang Internet Marketter, waktu menjadi hal yang harus kita perhatikan agar usaha online yang sedang kita kerjakan bisa berjalan jauh lebih maksimal.

Bagi para pekerja online, salah satu hal yang juga tak kalah penting adalah dalam hal pengelolaan akun media sosial. Dan sehubungan dengan waktu, apakah Anda tahu seberapa besar pengaruh waktu posting konten di sosial media guna mendukung usaha online kita? Mungkin banyak juga yang belum sadar pentingnya memilih waktu yang tepat untuk posting di sosial media. Padahal jika kita tahu triknya, hal tersebut bisa semakin “meledakkan” usaha online kita.

Bagi Anda yang sering memanfaatkan media sosial sebagai media promosi usaha, hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengenai target audiens yang Anda sasar. Berdasarkan pengalaman penulis, beragamnya tipe pengguna sosial media bisa diibaratkan seperti dua sisi mata uang yang saling berlawanan. Di satu sisi bisa menjadi hal positif karena peluang pasar yang lebih luas, namun di sisi lain jika gagal menyasar tipe pengguna yang tepat, bukan tak mungkin usaha promosi bakal sia-sia.

Dan tak jarang target audiens kita tersebut aktif dalam waktu-waktu tertentu. Itulah pentingnya untuk mengetahui waktu yang tepat dalam menampilka posting di media sosial.

Anda ingin tahu kapan waktu terbaik untuk posting di media sosial? Berikut ini kami ulas singkat tentang waktu posting terbaik di beberapa sosial media populer:

1. Facebook.

Bagi anda yang sering menggunakan Facebook untuk berpromosi ria, waktu yang paling tepat posting konten anda adalah sekitar pukul 9 pagi hari hingga pukul 3 sore. Pengguna akan mulai menurun mulai jam 4 sore hingga menjelang malam hari. Untuk harinya, pengguna Facebook lebih “melimpah” sejak hari Senin hingga Rabu.

Waktu yang kurang baik untuk posting di Facebook adalah mulai pukul 8 malam hingga pukul 8 pagi. Utamanya di waktu weekend sabtu dan minggu. Namun di Indonesia sendiri pengguna Facebook saya kira masih cukup banyak yang mengakses FB di rentang waktu malam hari dan menjelang tengah malam. Justru yang saya lihat, waktu tersebut adalah waktu yang banyak digunakan para pengguna (utamanya laki-laki) untuk mencari hal-hal yang mereka butuhkan.

2. Twitter

Karena sifatnya yang simple dan langsung ke intinya, Twitter memang banyak dipuja sebagai alat promosi online yang terbaik. Untuk Twitter waktu terbaik yang bisa Anda pilih adalah setelah jam 11 siang, pada waktu tersebut trafik Twitter mulai tumbuh dan mencapai puncak pada jam 3 sore.

Menurut riset tersebut juga menyebutkan hari Senin dan Selasa merupakan waktu yang terbaik. Dan hindarilah posting pada jam 8 malam hingga 9 pagi. Hari yang kurang baik untuk nge-tweet promosi kita adalah Jumat. Kenapa? Karena menurut riset pada hari tersebut lebih banyak pekerjaan offline yang dikerjakan.

3. Google+

Sosial media besutan Google ini memang belum sepopuler kedua kakak kelasnya di atas tadi, namun sebenarnya potensinya cukup besar. Apalagi buat Anda yang memiliki target pasar luar negeri, Google+ bisa menjadi alternative yang tepat. Menurut data yang saya dapatkan, waktu terbaik untuk posting di Google+ adalah pada pukul 9 pagi dengan puncak pengguna pada pukul 11 siang.

Menjelang sore hari, trafiknya akan makin menurun terutama bagi anda yang sering posting berita sangat disarankan untuk tidak memposting setelah jam 6 hingga 8 malam. Menurut saya ini juga dipengaruhi oleh keterkaitan Google+ dan Gmail yang amat erat. Jadi perilaku akses layanan email Google tersebut juga akan memberi pengaruh yang besar pada trafik Google+.

4. Pinterest

Pinterest adalah sosial media photo sharing yang masih belum terlalu lama muncul namun sudah menjadi lahan promosi yang potensial. Dari pandangan saya, di Indonesia sendiri pola karakter pengguna Pinterest memang sangat membantu makin suburnya promosi online via sosmed tersebut. Bahkan, banyak ecommerse baik pribadi maupun koorporat yang menggunakan Pinterest sebagai “etalase” dalam bisnisnya.

Dari data SocialBarel menunjukkan fakta yang unik. Waktu terbaik yang bisa kita manfaatkan adalah setelah jam 12 siang, tepatnya pukul 2 sampai 5 sore. Namun sebaiknya Anda stop pada pukul 5 hingga 7 sore, karena pada waktu tersebut para pengguna Pinterest cenderung turun. Baru setelah itu pukul 8 malam hingga tengah malam, aktifitas promosi di Pinterest sudah bisa anda lanjutkan kembali. Hal ini menunjukkan bahwa pengakses Pinterest memang lebih banyak muncul di malam hari dan menjelang pagi hari.

Untuk menentukan waktu terbaik kapan anda bisa memposting konten promosi anda di sosial media memang gampang gampang susah. Estimasi di atas bisa saja digunakan sebagai sebuah patokan umum, namun saya menyarankan untuk melakukan research sendiri guna menentukan kapan waktu terbaik posting di media sosial Anda.

Hal tersebut dikarenakan sifat konsumen dari tiap produk berbeda-beda, terlebih lagi karena beda tempatpun bakal beda pula pola hidup orangnya. Ada yang lebih cenderung beraktifitas di pagi hari, ada yang waktunya senggang dan punya waktu di sore hari atau ada pula yang baru bisa membuka akun sosial media nya di malam hari. Dengan sedikit kejelian melihat target kita, usaha promosi di sosmed bisa berjalan dengan lebih baik. Semoga informasi di atas bermanfaat.

1 komentar:

  1. Waktu yang diberikan memang benar. Tapi lebih cocok untuk melakukan promosi itu pada aplikasi instagram karena saat ini instagram merupakan media pemasaran yang sedang naik daun.

    BalasHapus