Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lebih Dekat dengan Pengertian Sistem Informasi Kampus yang Bermanfaat untuk Pendidikan Tinggi

 


Kemajuan dunia digital membuat segala aspek kehidupan semakin mudah, contohnya: adanya sistem informasi kampus online. Tentunya, sistem informasi perguruan tinggi  memudahkan aktivitas akademik dan non akademi pada pendidikan tinggi. Pastinya, aktivitas dosen, mahasiswa sampai dengan administrasi kampus menjadi lebih mudah.


Memang sistem informasi akademik pada perguruan tinggi sudah cukup familiar terdengar di dunia pendidikan. Namun, sebagian besar dari kita belum memahaminya sebenar - benarnya. Apa sih pengertian sistem informasi kampus? Sistem informasi perguruan tinggi atau kampus merupakan sistem berbasis teknologi yang memberikan informasi terkait data – data perguruan tinggi baik yang bersifat formal mupun informal kepada penggunanya. 


Supaya lebih memahami tentang sistem informasi perguruan tinggi atau kampus ini, berikut penjelasan rincinya. 


Definisi Sistem Informasi Akademik Berdasarkan Pendapat Beberapa Ahli

Pada dasarnya, definisi sistem informasi kampus atau populer dengan nama sistem informasi akademik (SIAKAD) diartikan sebagai sistem yang berfungsi untuk mengolah data – data pendidikan dan non pendidikan di perguruan tinggi. Tentunya, sistem kerja SIAKAD ini bersifat digital atau daring yang dilengkapi dengan high technology.


Berikut adalah definisi SIAKAD berdasarkan pendapat beberapa ahli di bidangnya.


  1. Pendapat Andi (2010)

SIAKAD adalah suatu sistem dengan fungsi mengolah beragam data akademik berbasis high technology yang memanfaatkan komputer baik hardware maupun software. Sementara, definisi perangkat keras (hardware) merupakan komputer (personal computer), CD Room, printer, hard disk. Adapun definisi perangkat lunak (software) adalah aplikasi atau sistem yang mengoperasikan hardware.


  1. Pendapat Amarusu (2013)

SIAKAD adalah sebuah sistem yang diciptakan khusus untuk memberikan layanan terkait dunia pendidikan perguruan tinggi. Tujuan SIAKAD adalah meningkatkan kualitas SDM dan kinerja pada pendidikan tinggi. Selain itu, menurut Amarusu, sistem akademik ini adalah aplikasi yang sangat bermanfaat di lingkungan kampus dalam kelola informasi dan data – data terkait dengan pendidikan kampus.


  1. Pendapat Novi Nuari (2014)

Novi berperndapat SIAKAD adalah sistem yang dirancang untuk mengolah informasi terkait pendidikan di kampus, seperti: data mahasiswa, data dosen, kurikulum pendidikan tinggi, rekaman kuliah sampai hingga schedule kuliah pun tersedia.


Manfaat Sistem Informasi Kampus (SIAKAD) Bagi Pelaku Pendidikan Tinggi

Sesuai dengan namanya SIAKAD, sistem informasi kampus ini memiliki banyak manfaat bagi pelaku pendidikan tinggi, seperti: petugas administrasi kampus, mahasiswa, dan dosen. Berikut manfaatnya.

  1. Memberikan kemudahan kepada pelaku pendidikan tinggi mulai dari mahasiswa, administrasi kampus, dan dosen terkait dengan beragam informasi aktivitas di lingkungan universitas.

  2. Data kampus dapat tersimpan rapi dan terorganisi. Selain itu, memungkinkan data – data di lingkungan universitas terintegrasi.

  3. Memberikan kemudahn saat melakukan entry data sehingga data menjadi mudah dicek.

  4. Mudah melakukan pembaharuan data secara realtime, 

  5. Lebih efektif dalam hal pengolahan data keuangan bahkan data terintegrasi dengan administrasi kampus.

Contoh Konkret Sistem Informasi Akademik

Kegunaan SIAKAD, salah satunya memudahkan dosen dan mahasiswa dalam mendapatkan informasi dan data terkait pendidikan tinggi.  Oleh karena itu, sistem informasi kampus atau SIAKAD  yang dinilai bagus adalah yang menggunakan high technology dan fitur lengkap, seperti: suteki


Perlu diketahui, suteki merupakan contoh konkret aplikasi informasi kampus yang bagus dan memiliki fitur lengkap. Itu karena sistem suteki didukung dengan pengolah data berbasis high technology. Selain itu, fitur – fitur yang digunakan dalam aplikasi informasi akademik yang satu ini menggunakan software canggih, seperti berikut ini.

  1. SUTEKI menggunakan SIAKAD 4.0.

  2. Menyediakan digital library terbarukan. Hal tersebut bertujuan memudahkan pelaku pendidikan tinggi untuk mencari referensi pengetahuan.

  3. Menawarkan e – office yang memiliki fungsi sebagai pengolah database pegawai.

  4. Menawarkan e – study – LMS  terintegrasi dengan  SIAKAD 4.0.

  5. Ada fitur civitas berbasis mobile application

Itulah fitur SUTEKI berbasis high technology. Tentunya, fitur – fitur yang ditawarkan bisa memberikan kemudahan bagi pelaku pendidikan di perguruan tinggi.

Alasan Mengapa Harus SUTEKI sebagai Sistem Informasi Akademik Terpilih

Bukan rahasia lagi, suteki merupakan salah satu contoh konkret sistem informasi akademik yang lengkap dan bagus. Soal teknologi yang digunakan juga tidak perlu dipertanyakan lagi. Itu karena suteki menggunakan high technology. Beberapa alasan yang perlu diketahui mengapa kita praktisi pendidikan tinggi harus memilih kami adalah sebagai berikut.

  1. Memudahkan praktisi pendidikan tinggi dalam kelola data baik akademik dan non akademik.

  2. Mudah dipakai oleh siapa pun dan anti gaptek (user friendly).

  3. Sudah diuji kecanggihan teknologinya oleh ahlinya. Perlu diketahui, software yang digunakan SUTEKI  sudah terbukti memudahkan kelola data kampus dengan baik.

  4. SUTEKI selalu memberikan layanan terbaiknya, seperti: memberikan fasilitas pengembangan software secara berkelanjutan. Jadi, software yang digunakan selalu up date dan menggunakan teknologi terbaru.

  5. Produk SUTEKI memberikan fasilitas purnajual bagi penggunanya.

Itulah pengertian sistem informasi kampus dan keunggulan SUTEKI yang sangat berguna bagi penggunanya. Apakah Anda masih ragu menggunakan sistem informasi akademik? Jangan ragu lagi untuk menggunakan SUTEKI, langsung saja hubungi kami di sistem informasi kampus.



Pengertian Sistem Informasi Kampus

Posting Komentar untuk "Lebih Dekat dengan Pengertian Sistem Informasi Kampus yang Bermanfaat untuk Pendidikan Tinggi"