Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panti Asuhan Di Bandung



Panti Asuhan Di Bandung. Ada puluhan hingga ratusan panti asuhan di Bandung yang mungkin belum terdata, membutuhkan bantuan para dermawan. Panti asuhan ini berisi anak-anak baik dari usia bayi, balita, hingga remaja. Mereka adalah anak-anak yang berasal dari berbagai latar belakang keluarga yang berbeda-beda. Ada anak yatim, piatu, yatim piatu, dhuafa, hingga anak-anak terlantar yang tidak jelas asal-usulnya.
Kehadiran panti asuhan ini menjadi wadah perlindungan bagi sebagian anak-anak kurang beruntung ini minimal mendapatkan kehidupan yang layak, pendidikan, layanan kesehatan. Mereka mungkin lebih beruntung dibanding anak-anak jalanan dimana hidup mereka dihabiskan di jalanan sebagai pengamen dan gelandangan.
Termasuk panti asuhan di Bandung dan di seluruh wilayah yang ada di Indonesia tentu memiliki tujuan yang sama memberikan perlindungan dengan menampung anak-anak kurang beruntung ini.  Perhatian yang didapatkan dari pengurus panti asuhan, minimal bisa menjadi pengganti kasih sayang yang seharusnya mereka dapatkan dari kedua orangtua dan keluarga mereka.
Meski demikian, tidak semua anak-anak panti asuhan ini benar-benar tidak memiliki keluarga. Mereka memiliki keluarga, hanya saja mungkin tidak bisa mengurusnya hingga menitipkan ke panti asuhan.
Sebelum kami berikan daftar panti asuhan di Bandung, Anda yang punya niat mulia membuat panti asuhan harus tahu persiapan apa saja yang dibutuhkan saat ingin membuat panti asuhan. Sebab membuat suatu panti asuhan bukanlah perkara mudah. Apalagi, lembaga ini bukanlah lembaga yang menghasilkan keuntungan atau profit, melainkan nirlaba yang membutuhkan biaya operasional yang tidak sedikit. Terlebih, jika kebutuhan anak-anak yang dirawat di panti asuhan juga banyak.
Berikut adalah persiapan atau cara mendirikan panti asuhan. 

Persiapan Mendirikan Panti Asuhan

  • Siapkan uang modal

Langkah awal sebagai pondasi mendirikan suatu lembaga tentu saja modal. Termasuk saat ingin membuat panti asuhan. Jika Anda tidak memiliki modal yang banyak, maka bisa membuat penggalangan dana dengan mencari donatur tetap maupun donatur yang siap memberikan sebagian dananya mendukung panti asuhan yang Anda akan buat. Penggalangan bisa dilakukan secara online, atau offline.

  • Menentukan lokasi 

Selain menyiapkan modal pembuatan panti asuhan, pastikan sudah mendapatkan lokasi strategis untuk membuat panti asuhan. Baiknya memilih lokasi yang dekat dari fasilitas umum, seperti pasar, sekolah, atau rumah sakit. Akan lebih baik jika Anda mencari orang yang akan mewakafkan tanahnya.

  • Mengurus surat izin mendirikan panti asuhan

Jika modal dan lokasi sudah didapatkan saatnya mengurus surat izin mendirikan panti asuhan sebagai legalitas, panti asuhan Anda berdiri. Beberapa surat yang bisa diurus seperti izin mendirikan bangunan, keterangan pendirian panti asuhan, dan dokumen lainnya.

  • Mencari donatur 

Ada banyak cara digunakan untuk mencari donatur. Akan lebih baik jika bisa menemukan dan menetapkan donatur tetap. Bisa juga dengan memasukkan proposal permintaan dana kepada lembaga yang bergerak di bidang sosial. Dari sisi online,menggalang donasi online juga bisa dilakukan. Saat ini ada banyak platform donasi yang menyediakan link untuk penggalangan dana khusus panti asuhan, yang bisa Anda buat.
Dari sini juga Anda bisa mencari donatur tetap untuk membantu setiap bulan panti asuhan yang Anda Kelola.

  • Membuat yayasan panti asuhan

Dengan membuat yayasan panti asuhan akan memudahkan Anda mengelola panti asuhan karena bisa merekrut relawan mengurus panti asuhan. Dengan begitu akan meringankan beban Anda, jika akan mengurus panti asuhan Bersama-sama. Mengelola Bersama tim Yayasan juga harus jelas visi dan misinya agar operasionalnya berjalan lancar dan harapan Anda membina anak-anak yatim ini bisa terwujud, sekaligus menjadikan mereka menjadi anak yang mandiri dan bermanfaat di masa depan.

PANTI ASUHAN BANDUNG BUTUH BANTUAN

Daftar panti asuhan Bandung butuh bantuan dari para donator, kini bukan perkara sulit. Anda tinggal berselancar di dunia maya, dan Anda dengan mudah bisa menemukan alamat dan nama panti asuhan Bandung butuh bantuan. Panti asuhan Bandung butuh bantuan Anda dengan memberikan sedikit uang, barang yang layak pakai, dan kebutuhan lainnya. Daftar panti asuhan di atas juga menyajikan alamat lengkap serta kontak yang bisa Anda hubungi.
Ketika Anda hadir, maka pastinya mereka akan merasakan adanya percik kasih sayang untuk mereka. Meski mereka tidak mendapatkan kasih sayang yang utuh dari keluarga mereka.

PANTI ASUHAN TERDEKAT

Anda yang membutuhkan panti asuhan untuk diberikan bantuan, tidak ada salahnya mencari panti asuhan terdekat di wilayah Anda. 
Membuat link donasi di platform penggalangan dana online, seperti Kita Bisa, IndoRelawan, Wecare, dan lainnya bisa dimanfaatkan untuk mencari donasi untuk selanjutnya disalurkan ke panti Asuhan terdekat dari tempat tinggal Anda.
Jika berniat menggalang dana lewat offline, yang bisa Anda lakukan tentu dengan membuat proposal permintaan dana baik ke lembaga pemerintah, swasta, hingga komunitas dan individu. Sambil mencantumkan tujuan penggalangan dana yang Anda buat. Mencantumkan tujuan sangat penting, untuk meyakinkan calon donatur Anda agar percaya bahwa donasi yang Anda minta benar-benar akan disalurkan ke panti asuhan.
Sebab, tidak bisa dipungkiri ada banyak penipu yang mengatasnamakan panti asuhan untuk meminta sumbangan, sehingga bagi donatur tetap berhati-hati.
Maka yang perlu dilakukan sebeluum memberikan bantuan kepada panti asuhan terdekat di daerah Anda adalah, dengan melakukan survey terlebih dahulu. Ini penting untuk mengecek, apakah panti asuhan yang Anda maksud benar beroperasi sebagaimana mestinya panti asuhan yang mengurus anak-anak yang tidak memiliki orangtua atau justru hanya dijadikan kedok untuk mendapatkan bantuan dari donator. Padahal, di dalam panti asuhan tersebut justru tidak beroperasi selayaknya panti asuhan. Hal ini sangat mungkin terjadi, mengingat ada banyak penipuan yang meminta donasi mengatasnamakan panti asuhan, padahal panti asuhan yang dimaksud adalah fiktif.

PANTI ASUHAN TERDEKAT YANG MEMBUTUHKAN BANTUAN

Soal panti asuhan terdekat yang membutuhkan bantuan, logisnya hampir semua panti asuhan pasti sangat senang jika diberikan bantuan materi maupun non materi. 
Untuk memberikan bantuan tersebut, selain menghubungi kontak mereka, Anda bisa secara langsung datang ke panti asuhan tersebut untuk memberikan bantuan tersebut.
Misal, Anda di kota Bandung, maka sebenarnya tidak sulit menemukan daftar panti asuhan resmi yang memang secara legal beroperasi. Sejumlah situs khusus panti asuhan banyak menyajikan info seputar daftar panti asuhan terdekat yang membutuhkan bantuan khusus di kota Bandung.
Siapkan bantuan terbaik Anda untuk mereka. Ada banyak pilihan, mau dalam bentuk uang tunai, sembako, pakaian, dan lainnya. Uluran tangan Anda sangat mereka butuhkan untuk bertahan hidup dan mendapatkan kehidupan yang layak di Panti Asuhan Di Bandung.
Menyampaikan bantuan para donator akan menjadi pekerjaan yang mulia, jika Anda melakukannya dengan ikhlas. Sebab menjadi relawan panti asuhan Anda tidak akan digaji layaknya bekerja di perusahaan, melainkan murni kerja social. Sehingga salut bagi para donator, relawan dan mereka yang terlibat dalam mengurus panti asuhan termasuk panti asuhan di Bandung.

1 komentar untuk "Panti Asuhan Di Bandung"