Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memulai Bisnis dari Instagram? Ini Fitur Instagram Bisnis

Ketika ingin memulai bisnis, pertama kali yang terpikirkan salah satunya adalah bagaimana caranya untuk mempromosikan bisnis tersebut supaya dikenal banyak orang. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk promosi, seperti menyewa papan iklan, membuat brosur, dan masih banyak lagi. Akan tetapi masih banyak yang bingung harus menggunakan media apa. Bagi kalian yang termasuk ke dalam orang yang bingung tersebut, jangan khawatir sebab ada cara yang lebih mudah untuk mempromosikan bisnis kalian. Tahukah kalian bahwa aplikasi Instagram tidak hanya untuk membagikan momen-momen melalui foto dan video. Kini, platform tersebut hadir dengan fitur baru yaitu Instagram Bisnis yang mana ini akan memudahkan upaya promosi bisnis kalian via online dan bisa menjangkau orang lebih luas lagi. Apalagi, Instagram merupakan aplikasi yang paling banyak terpasang dan paling sering dibuka pada smartphone orang-orang. Lalu, bagaimana caranya untuk memulai bisnis dengan platform ini?

instagram bisnis

Membuat Akun

Cara yang paling pertama yang harus dilakukan tentu dengan membuat akun Instagram Bisnis. Caranya kurang lebih sama dengan membuat akun Instagram Pribadi. Letak perbedaan antara keduanya ada pada pengelolaan di bagian settingnya. Berikut langkah cara membuat akun:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan login akun Instagram yang sudah terdaftar pada aplikasi Instagram yang sudah diunduh sebelumnya.
  • Selanjutnya, bukalah halaman Settings. Untuk menuju halaman setting, kalian bisa klik ikon 3 baris yang ada pada pojok kanan atas profil. Kemudian ada beberapa pilihan yang muncul, pilihlah opsi Settings. Sudah masuk ke halaman Settings, di sana akan tertera tulisan Switch to Professional Account, dan klik tulisan tersebut.
  • Setelah di klik, akan muncul halaman lagi yang mana di sana akan diminta untuk menentukan jenis profil, karena ingin digunakan untuk keperluan bisnis maka pilihlah profil Business.
  • Selesai menentukan jenis profil, akan ada halaman review kontak. Lengkapilah halaman tersebut dengan mengisi beberapa data seperti lokasi dan contact person. Kemudian klik Next. Dan akan muncul lagi halaman dimana kalian akan diminta lagi untuk melengkapi data profil bisnis. Mulai dari nama, alamat web, bio, serta menambahkan foto profil. Lengkapilah itu semua agar akun Instagram untuk keperluan bisnis tersebut siap digunakan dan siap dikenalkan kepada banyak orang.

Fitur Instagram Bisnis

Setelah membuat dan memiliki akun Instagram Bisnis, hal yang perlu kalian lakukan adalah memahami apa-apa saja fitur yang ada pada aplikasi ini. Banyak sekali fitur yang disediakan untuk keperluan bisnis yang bisa kalian kulik, antara lainnya adalah:

Instagram Insights

Fitur ini merupakan alat analisis yang otomatis muncul ketika akun Instagram kalian sudah beralih ke versi bisnis. Di dalamnya, terdapat data lengkap tentang performa akun Instragram seperti statistik jumlah followers, impresi posting yang diunggah, jangkauan posting, hingga jumlah klik tautan di bio. Selain itu juga disajikan data demografi followers secara detail seperti gender, umur, dan lokasi.

Tombol Kontak

Kalian tidak perlu repot lagi untuk menuliskan banyak informasi seperti informasi kontak di kolom bio. Sebab, sudah terdapat fitur tombol kontak secara terpisah seperti ada tombol untuk informasi semacam rute alamat, telepon, serta e-mail.

Shopping dan Checkout

Ini merupakan fitur terbaru dan belum tersedia untuk semua akun. Fitur ini sejenis toko yang ada di Instagram. Jadi nantinya kalian bisa membuka toko untuk bisnis kalian sendiri di Instagram, kasarnya seperti marketplace. Yang mana disana dapat meletakkan tag foto produk di feeds yang kemudian akan mengarahkan ke halaman Shopping. Fitur ini akan memudahkan untuk lihat-beli-checkout dan para pengunjung bisa langsung melakukan transaksi tanpa repot. 

Posting Komentar untuk "Memulai Bisnis dari Instagram? Ini Fitur Instagram Bisnis"