Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kucing Bosan? Mainan untuk Kucing Ini Mudah Dibikin!

Bagi kalian yang memiliki kucing, sering-seringlah ajak mereka bermain. Sebab, kesehatan kucing terikat terhadap kebahagiaannya. Terutama bagi kalian yang memiliki kucing yang memang hanya dibiarkan di dalam rumah, tidak di luar rumah. Oleh karena itu, sebagai pemilik yang baik ada bagusnya jika kalian menyediakan mainan untuk kucing. Ada banyak sekali jenis dari mainan kucing ini, yang mana mainan itu akan berguna untuk membantu mereka menjaga indera tetap tajam, mempertahankan berat badan yang sehat, serta mendorong kemampuan mereka dalam banyak gerakan dan lompatan. Berikut adalah berbagai macam jenis mainan untuk kucing yang bisa dimiliki.

mainan untuk kucing

Papan Garukan

Kucing sangat suka menggaruk benda-benda disekitar yang bisa mereka garuk. Hal ini tersebut mereka lakukan untuk menghilangkan bosan dan stres. Akan tetapi, kalau kucing menggaruk benda disekitar seperti sofa, sebaliknya maka kalian yang akan stres dengan hal itu. Untuk mengatasi keresahan tersebut, sediakanlah mainan kucing yaitu papan garukan. Tanpa harus membelinya, kalian bisa juga membuat papan garukan sendiri di rumah. Yang kalian butuhkan hanyalah dua buah papan dengan ukuran masing-masing 20 cm dan 10 cm, gergaji, tali tambang ukuran sedang, stapler besar, lem kayu, amplas, cat dan kuas, serta tembakan paku. Untuk cara membuatnya: 

  • Pertama buatlah papannya terlebih dahulu dengan bentuk menyudut, potonglah ujung masing-masing kayu dengan gergaji agar menghasilkan kemiringan yang sesuai.
  • Amplas kedua ujung papan tersebut supaya nantinya bisa tersambung dengan pas, dan amplas juga seluruh permukaan papan supaya bisa lebih mudah di cat. 
  • Setelah dicat dan sudah kering, selanjutnya ke tahap memasang tali garukan. Ambil papan yang paling panjang, lalu lilit dengan tali tambang. Tali tersebut yang nantinya berfungsi sebagai media menggaruk. 
  • Gunakan stapler dan lem kayu untuk memasang tali tersebut, pastikan rekat dengan kuat supaya nantinya tidak terkoyak ketika kucing menggaruknya. 
  • Setelah proses tersebut selesai, tahap terakhir yaitu menempelkan kedua papan kayu dengan mengoleskan lem kayu pada kedua ujung papan, tempelkan, dan tembakan paku pada sambungan tersebut agar lebih kokoh. Papan garukan untuk kucing pun sudah siap. 

Tongkat Pompom

Mainan kucing yang mudah dibikin di rumah lainnya adalah tongkat pompom. Mainan yang satu ini dijamin bikin kucing lompat kesana kemari yang mana merangsang insting berburu kucing di rumah, selain bentuknya yang menggemaskan. Untuk membuatnya, perlu menyiapkan silinder kayu sepanjang 30 cm, tutup pulpen dua buah, benang, bulu-buluan, serta selotip. 

  • Pertama, tekan benang ke ujung tongkat dan bungkus dengan selotip, lalu taruh tutup pulpen di atas tongkat supaya benang tidak mudah lepas dan lilit kembali dengan selotip. 
  • Selanjutnya, bikin lubang kecil di atas tutup pulpen, masukkan benang ke dalamnya, lalu ikat simpul agar tutup pulpen tidak lepas dari benang. 
  • Terakhir, menempelkan bulu-buluan di tutup pulpen dengan selotip. Tongkat pompom pun jadi untuk teman main kucing kalian.

Bola Rumbai

Kucing suka sekali bermain dengan benda-benda disekitar yang bisa dimainkan dan menggelinding seperti bola. Mereka pasti akan senang dan berlarian mengejar benda bulat tersebut yang ia dorong sendiri. Selain bola, kucing juga suka bermain dengan tali yang menjuntai dan bergerak. Oleh karena itu, terciptalah mainan kucing bola rumbai yang pastinya akan terlihat menarik bagi kucing kalian. Bola rumbai ini sangat bisa kalian bikin sendiri di rumah, dengan bola gabus ukuran kecil, lem, dan benang kasur aneka warna. 

  • Potonglah benang kasur sepanjang 5 cm untuk membuat rumbai
  • Kemudian oleskan seluruh permukaan bola gabus dengan lem, lalu lilitkan benang kasur
  • Tempelkan beberapa potongan benang di beberapa titik agar membentuk rumbai
  • Pastikan lem di permukaan bola dan ujung benang sudah benar-benar kering sebelum memainkannya bersama si kucing.

Itu dia beberapa mainan kucing yang bisa dibikin dirumah dan anti ribet.


Posting Komentar untuk "Kucing Bosan? Mainan untuk Kucing Ini Mudah Dibikin!"