Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Viral Marketing?

 Maraknya bisnis online membuat banyak orang berlomba-lomba untuk membangun bisnis kecil. Apalagi dengan banyaknya kemudahan dalam memanfaatkan fitur platform sosial media, serta tanpa toko fisik dan mempromosikan produk yang ditawarkan melalui sosial media sudah cukup dapat membuahkan keuntungan yang besar. Bermodalkan konten yang menarik serta strategi marketing yang baik, bisnis online pun bisa berjalan. Salah satu teknik strategi marketing yang sedang banyak dipakai oleh para pelaku bisnis adalah viral marketing. 

viral marketing

Pengertian Viral Marketing

Viral marketing adalah strategi promosi yang berupa iklan, dibuat dengan tujuan agar viral. Yang mana konten iklan tersebut akan tersebar cepat dalam waktu singkat. Metode ini menggunakan para audiens nya sebagai promotor, sebab mereka akan meluangkan waktu untuk menyebarkannya ke orang lain. Metode ini cocok digunakan untuk segala skala bisnis asalkan konten iklan tersebut dapat menarik perhatian banyak orang. 

Kelebihan

  • Menghemat Biaya Iklan

Tidak perlu lagi untuk membayar iklan mahal-mahal. Cukup dengan menggunakan strategi ini, jika iklan yang kalian viral maka keuntungan yang didapat akan menutupi biaya modal diawal. Sebab, iklan tersebut akan terus tersebar dengan sendirinya tanpa perintah bahkan bisa menjangkau banyak target.

  • Meningkatkan Branding

Alasan kenapa banyak pelaku bisnis yang menggunakan strategi ini sebab, jika konten yang disebar menjadi viral, brand yang ikut akan melekat pada ingatan audiens. Otomatis brand yang dimiliki akan ikut dikenal banyak orang. Dengan begitu, jika brand ikut dikenal maka peluang untuk mendapatkan pelanggan akan semakin tinggi.

  • Diliput Berbagai Media Tanpa Mengeluarkan Biaya

Untungnya lagi dengan menggunakan strategi ini adalah memiliki kesempatan untuk diliput berbagai media. Sebab banyak media yang kerap membuat konten yang sedang viral. Dengan begitu, ketika konten iklan kita viral, berbagai media tersebut akan sukarela untuk meliput konten tersebut tanpa kita harus mengeluarkan biaya.

Kekurangan

  • Berpotensi Mendapatkan Citra Negatif

Sebagus-bagusnya konten pasti akan ada orang yang mencari celah untuk mencari dimana letak kesalahannya. Dan parahnya lagi jika konten yang dibikin mengundang kontroversi, maka sudahlah tamat. Perusahaan akan mendapatkan citra negatif dan perlu usaha yang lebih lagi untuk mengembalikan keadaan. Maka dari itu, perhatikan kembali konten yang dibikin untuk menggunakan strategi ini dan awasi dengan seksama supaya tidak menimbulkan kesan buruk.

  • Dianggap Spam

Konten viral yang disebar terlalu berlebihan tidak selamanya baik, sebab alih-alih membuat banyak orang terkesan, hal tersebut akan membuat orang merasa bosan dan muak melihat konten yang sama terus menerus. 

  • Sulit Diprediksi

Strategi ini hasilnya selalu diluar dugaan. Kita akan sulit mengaturnya dan memprediksi bagaimana supaya hal tersebut menjadi viral. Sebab, banyak pengalaman bahwa konten yang tidak sengaja mereka bikin bahkan ada yang tidak terlalu niat, malah konten tersebut yang ter blow up besar-besaran. Skenario dari strategi ini memang bisa berhasil bisa juga tidak. Ada beberapa iklan yang viral hanya bertahan dalam hitungan hari, namun ada juga yang bertahan hingga bahkan berbulan-bulan, dan ada yang tidak sama sekali. 

Itu dia pengertian dari viral marketing beserta kekurangan dan kelebihannya. Banyak sekali strategi dari bisnis yang bisa digunakan seperti contohnya viral marketing ini. Namun, dalam penerapannya memang dibutuhkan banyak pertimbangan untuk membuahkan hasil yang baik dan maksimal. Jangan sampai menjatuhkan perusahaan sendiri hanya karena salah langkah dalam menggunakan strategi ini. Semoga membantu.


Posting Komentar untuk "Apa itu Viral Marketing?"