Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebelum Memilih Essential Oil, Perhatiakan Manfaat dan Efek Sampingnya!

Suatu jenis tanaman tertentu yang diesktrak akan menghasilkan minyak alami, biasa disebut essential oil atau minyak atsiri. Umumnya, minyak alami ini didapatkan dari beberapa bagian tumbuhan seperti akar, batang, daun, bunga, serta buah-buahan. Essential oil ini biasanya digunakan sebagai aromaterapi yang jika dihirup akan menimbulkan rasa menenangkan selain itu juga diyakini memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan pada tubuh. Selain sebagai aromaterapi, sepanjang sejarah minyak ini juga digunakan sebagai obat dan juga terapi kesehatan.

essential oil

Varian dan Manfaat Essential Oil

Essential oil memiliki beragam jenis variannya. Lebih dari 50 jenis, minyak-minyak tersebut memiliki aroma dan manfaat yang berbeda pada setiap jenisnya. Berikut beberapa jenis essential oil yang terkenal di kalangan masyarakat beserta manfaatnya:

Lavender

Siapa yang tidak mengenal jenis bunga yang satu ini. Bunga yang sejak dahulu kala sudah terkenal akan manfaatnya yang digunakan untuk kecantikan dan kesehatan. Oleh karena itu, dibuatlah essential oil dengan esktrak tanaman lavender. Sebagai kecantikan, minyak dimanfaatkan sebagai penghilang stretch mark pasca melahirkan, dapat mengurangi jerawat, serta mencegah penuaan. Sebagai kesehatan, manfaatnya antara lain yaitu dapat meredakan stres ketika seseorang menghirup aromanya, dapat merelaksasi kemarahan seseorang, menenangkan suasana hati yang sedang bergemuruh menjadi lebih tenang, memulihkan luka ringan, meringankan dismenore, dan sakit kepala.

Peppermint

Selain digunakan sebagai aromaterapi yang dapat meningkatkan suasan hati serta energi, manfaat lain dari essential oil peppermint yaitu, menenangkan kulit iritasi, mengatasi jerawat, mengatasi kulit kepala yang kering, mengatasi infeksi saluran pencernaan, menghilangkan rasa mual, serta meredakan sakit kepala.

Rose

Selain sebagai bunga yang memiliki simbol cinta, jika dijadikan essential oil manfaat dari bunga mawar semakin beragam. Sebagai kesehatan, essential oil ini digunakan untuk menghilangkan stres dari masalah kehidupan sehari-hari, pekerjaan, pertemanan, bahkan keuangan yang kadang membuat kita stres. 

Lemongrass

Jenis essential oil ini merupakan jenis yang banyak dicari orang. Tidak perlu diragukan lagi manfaat dari minyak jenis ini sudah banyak terbukti. Sebagai kesehatan, dapat meningkatkan suasana hati, meredakan sakit kepala akibat migrain hingga membantu masalah pencernaan. Dan sebagai kecantikan, dapat mencerahkan warna kulit yang kusam dan mengembalikan elastisitas kulit.

Secara umum, manfaat essential oil:

Atasi sakit kepala

Atasi Insomnia

Mengatasi stress dan kecemasan

Merawat inflamasi serta rasa sakit pada tubuh 

Mengembalikan suasana hati dan energi

Sebagai antibiotik

Tips Memilih Essential Oil

Hal yang terpenting ketika membeli suatu barang yaitu perlu memperhatikan kualitas dari produk tersebut. Sama halnya dengan memilih essential oil yang akan dibeli, kita harus mencari tahu minyak mana yang terbaik karena masih belum ada standar dari lembaga pemerintah yang menyediakan sertifikasi untuk essential oil. Selain itu, essential oil sudah banyak dipasarkan. Berbagai jenis brand berlomba-lomba mengeluarkan produk essential oil dipasaran dengan kualitas dan harga yang bervariasi. Untuk menemukan essential oil yang baik harus diperhatikan bahwa minyak tersebut adalah minyak murni yang hanya mengandung senyawa tumbuhan aromatik, bukan minyak sintetis. 

Berikut tips ketika memilih dan membeli essential oil:

Perhatikan label pada kemasannya, harus ada disertakan nama latin tanaman tersebut dan juga informasi tentang tanaman itu.

Memilih wadah kaca yang gelap, beberapa perusahan besar akan mengemasi essential oil dengan kaca yang berwarna gelap agar bisa melindungi kualitasnya.

Membandingkan harganya, jangan sampai membeli essential oil yang seharusnya memiliki harga yang tinggi namun dipasaran ditemukan dengan harga yang rendah, bisa jadi itu tidak murni.

Paham akan manfaatnya, pastikan sudah tahu manfaat dari beberapa jenis essential oil.

Efek Samping

Perlu diingat, bukan hanya karena produk itu alami maka aman digunakan. Pada kenyataannya, tanaman dan herbal juga dapat membahayakan kesehatan karena adanya senyawa bioaktif. Pastikan untuk mempertimbangkan orang lain disekitar yang kemungkinan akan menghirup aroma tersebut. Karena, ada beberapa efek samping yang bisa saja terjadi seperti, ruam, serangan asma, sakit kepala, serta reaksi alergi. Akan tetapi, jika essential oil dihirup atau dikombinasikan dengan minyak dasar atau carrier oil untuk digunakan pada kulit, beberapa essential oil akan dianggap aman.


Posting Komentar untuk "Sebelum Memilih Essential Oil, Perhatiakan Manfaat dan Efek Sampingnya! "