Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelajar Wajib Catat! Ini Rekomendasi 5 Aplikasi Belajar Online yang Menarik

Ada kebiasaan baru bagi para siswa sekolah yang terbentuk sebab pandemi ini, yaitu mereka sekolah dengan sistem baru yaitu sistem belajar online. Sistem ini mengharuskan mereka untuk belajar dari rumah dengan fasilitas gadget dan internet. Dengan sistem ini, sekolah-sekolah pun akhirnya mengadakan berbagai cara untuk sistem belajar online ini agar bisa terlaksana. Para siswa pun mau tak mau juga harus mulai terbiasa menggunakan aplikasi belajar online untuk menunjang pembelajaran. Namun, masih banyak pula siswa yang kebingungan untuk mencari aplikasi belajar online mana yang bisa membantu mereka dalam belajar. Berikut adalah beberapa aplikasi belajar online yang bisa dicoba.

belajar online

  • Ruangguru

Aplikasi ini pasti sudah tidak asing lagi terdengar dikalangan anak sekolah. Ruangguru ini sudah cukup terkenal dan banyak penggunanya. Layanan belajar yang disediakan oleh aplikasi ini adalah kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, dan konten pendidikan lainnya. Aplikasi ini tidak hanya bisa diakses melalui aplikasi ruangguru namun juga bisa diakses di web. Aplikasi belajar ini diperuntukkan bagi anak sekolah dengan tingkat pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK.

  • Rumah Belajar

Kemedikbud juga ikut meramaikan dalam perkembangan sistem belajar online. Mereka mengembangkan aplikasi belajar online yaitu Rumah Belajar. Ada beberapa tool yang dimiliki aplikasi ini, salah satu yang menarik perhatian adalah laboratorium maya. Tool ini disediakan untuk mengganti laboratorium di sekolah. Layanan lainnya dari aplikasi ini berupa kelas digital, ebook sekolah, karya sastra dan bahasa juga ada di aplikasi ini. Aplikasi ini dapat diakses secara gratis oleh para guru dan siswa.

  • Zenius

Selain Ruangguru, aplikasi belajar online ini juga banyak digemari oleh para siswa. Layanan dari Zenius yang paling dicari adalah layanan yang dapat membantu siswa dalam fokus persiapan belajar hingga UTBK. Tingkatan dasarnya terdapat persiapan PTS dan PAS yang proses pembelajarannya dapat didampingi oleh tutor-tutor terbaik di setiap bidangnya. Zenius juga menyediakan bank soal yang bisa dikerjakan untuk melatih kemampuan sepuasnya. 

  • Cakap

Untuk yang memiliki kesulitan atau bahkan mempunyai minat lebih pada pelajaran bahasa asing, aplikasi belajar online ini adalah pilihan yang tepat. Cakap akan membantu para siswa untuk meningkatkan keterampilannya dalam berbahasa asing dari mana saja dan kapan saja. Pembelajaran bahasa asing yang tersedia dalam aplikasi ini berupa bahasa Inggris, Indonesia, Mandarin, dan Jepang. Aplikasi ini sangat bagus karena siswanya dapat berinteraksi dua arah antara siswa dan guru professional di seluruh dunia. Layanan yang disedaikan berupa paket-paket yang dapat dipilih penggunanya. 

  • Sekolah.mu

Aplikasi belajar online Sekolah.mu adalah aplikasi yang berkolaborasi untuk menyediakan program belajar untuk semua orang dengan sistem blended learning pertama di Indonesia. Aplikasi ini memiliki keinginan untuk semua anak di Indoneisa sukses dalam meraih prestasi, dengan memberikan mutu pelayanan pendidikan yang merata. Karena itu aplikasi ini menyediakan akses pembelajaran digital dengan struktur kurikulum yang personal dan fleksibel. Terdapat berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan dari aplikasi ini, salah satunya adalah Tanyamu. Fitur ini diperuntukkan untuk para siswa yang ingin bertanya berbagai macam latihan soal atau tugas rumah, sehingga mereka tidak lagi akan merasakan kesulitan dalam menyelesaikan soal dan belajar memahaminya. Fitur lain dari aplikasi belajar online ini adalah Ujianmu, yang bertujuan untuk memberikan pemahamam belajar yang terstruktur untuk menghadapi berbagai ujian pendidikan bagi siswa sekolah. 


Posting Komentar untuk "Pelajar Wajib Catat! Ini Rekomendasi 5 Aplikasi Belajar Online yang Menarik"