Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kailan, Sayur yang Jarang Orang Tahu Tentang Manfaatnya

Siapa yang baru saja tahu dengan jenis sayur hijau yang satu ini? Sayur kailan atau brokoli cina adalah sayuran yang berdaun tebal, datar, dan mengkilap, memiliki batang tebal serta sejumlah kepala bunga kecil mirip dengan bunga yang ada pada brokoli. Kailan sering digunakan dalam masakan Tionghoa, seringnya ditemukan dalam masakan Kanton. Daun dan batang dari sayur kailan ini dapat dimakan, dan biasanya dipotong kecil-kecil sebelum dimakan.

sayur kailan

Manfaat Sayur Kailan

Berikut manfaat dari sayur kailan bagi kesehatan tubuh:

Mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh, sayur ini mengandung vitamin K serta serat yang dapat kadar lemak dalam darah, sehingga bisa mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah. 

Membantu menurunkan resiko diabetes, sayur kailan juga mengandung asam lemak omega 3 yang berfungsi untuk menstabilkan kadar gula darah yang berlebihan.

Mencegah pembentukan sel kanker, klorofil pada sayur kailan memiliki peran antioksidan dalam tubuh. Ketika sayur ini dikonsumsi, tubuh kita akan bereaksi dengan menghasilkan enzim yang akan menyerang sel-sel kanker.

Membantu menjaga kesehatan mata, selain vitamin K sayur kailan juga mengandung vitamin A dan luthein yang bagus untuk kesehatan mata, utamanya mencegah dan memelihara mata akibat terjadinya kerusakan retina mata karena efek sinar UV.

Membantu mengatasi sembelit, karena kandungan serat pada sayur ini sangat tinggi dan tidak ada kadar lemak yang membuat sayuran ini cocok untuk melancarkan BAB. 

Cara Mengolah Kailan

Rasa dari sayuran kailan ini memang cenderung pahit. Maka dari itu, seperti dengan sayur pahit lainnya, untuk mengolah sayur kailan perlu memperhatikan beberapa hal.

Pilih yang Muda

Usahakan untuk memilih sayur dengan daun yang berwarna hijau muda dengan batang yang masih kecil dan segar saat dipatah-patahkan. 

Potong dengan Ukuran Sedang

Munculnya rasa pahit dari sayur kailan bisa jadi karena ada kesalahan ketika mengolahnya, yaitu kesalahan dalam memotong sayur kailan. Cara memasak kailan supaya tidak pahit yaitu dengan memotong sayur dengan ukuran yang tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek. Fungsinya agar rasa pahit dari sayur kailan dapat diminimalisir karena tidak semua bagian sayur menghasilkan rasa pahit. 

Masak dengan Waktu yang Singkat

Untuk memasak sayur kailan tidak perlu dengan waktu yang terlalu lama. Setelah bumbu dan sayur tercampur segera hentikan proses memasak, kemudian pindahkan ke dalam wadah. Waktu yang singkat ini untuk menghindari kondisi sayur terlalu layu dan menghasilkan rasa pahit berlebihan. Jika dimasak terlalu lama, nutrisi penting dari sayur kailan organik yang sebelum dimasak itu akan hilang bersama rebusan air dan akan meninggalkan pahit yang lebih menggigit.

Menggunakan Bumbu dan Rempah

Cara lain untuk menghilangkan rasa pahit pada sayur kailan yaitu dengan memberikan bumbu atau rempah yang tepat. Beberapa diantaranya yaitu dengan larutan air garam, bumbu jahe dan bawang putih, serta bisa dipadukan dengan saus tiram.

Resep Kailan Goreng Enak

Bahan yang dibutuhkan:

1. Daun kailan muda yang diiris kecil

2. 2 siung bawang putih yang dicincang

3. Garam secukupnya

4. Minyak goreng

Cara membuat:

1. Minyak goreng dipanaskan, kemudian kailan yang sudah diiris kecil dimasukkan. 

2. Goreng kailan sembari diaduk-aduk hingga warna berubah dan mulai crispy. Setelah itu, angkat kemudian tiriskan.

3. Panaskan sedikit minyak goreng, lalu tumis bawang putih hingga harum

4. Masukkan kailan kembali kemudian tambahkan garam dan aduk rata. 

5. Setelah itu matikan api, angkat, dan sajikan.


Posting Komentar untuk "Kailan, Sayur yang Jarang Orang Tahu Tentang Manfaatnya"