Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jarang Disadari, Ini Dia 5 Manfaat dari Hobi Menulis

Menulis adalah kegiatan mengungkapkan gagasan, pikiran, pengalaman serta pengetahuan ke dalam bentuk catatan. Namun sebenarnya, kegiatan menulis lebih dari itu. Banyak yang tidak menyadari bahwa menulis memiliki manfaat-manfaat yang baik untuk tubuh kita. Sebagian dari kita, ketika menulis hanya sekadar menulis tanpa mengetahui betapa bergunanya kegiatan menulis itu bagi diri kita sendiri. 

manfaat menulis

Manfaat Menulis Bagi Kesehatan

Berikut beberapa manfaat dari kegiatan menulis yang mungkin belum diketahui sebagian orang:

Menuangkan Perasaan 

Sedikit orang yang mahir merangkai kata-kata untuk mengungkapkan apa yang mereka rasakan melalui ucapan. Menulis bisa menjadi sarana alternatif bagi orang yang susah mengekspresikan perasaannya melalui verbal. Hal ini akan membantu bagi mereka supaya tidak lagi memendam perasaan yang berujung akan menganggu pada kesehatan mental bahkan fisik mereka.

Memperbaiki Mood

Selain untuk menuangkan perasaan, kegiatan itu juga akan membantu memperbaiki suasana hati. Dengan mencatat bagaimana suasana hati dan bagaimana kegiatan yang dilakukan selama satu hari akan membantu untuk menganalisis dan mengenali apa pemicu dari suasana hati yang jelek. Dari situ, kita akan paham hal-hal apa saja yang bisa membuat suasana hati kita berubah dan bagaimana cara untuk mengatasi dan memperbaiki itu semua.

Memulihkan Kejadian Traumatik

Menulis juga menjadi salah satu metode yang para terapis mental sarankan untuk pasien mereka. Karena dengan menulis entah itu berurutan rapi maupun abstrak, itu akan melegakan pikiran yang mengandung hal-hal traumatis. Pada umumnya, manfaat menulis dapat menyembuhkan tekanan mental seseorang dan akan meningkatkan sistem imun mereka.

Meredakan Stres

Menulis akan membantu seseorang untuk meluapkan emosi yang sedang dipendam, seperti kemarahan, kesedihan, atau kekecewaan. Dengan menulis, mereka akan merasa lebih tenang, dan terhindar dari stres dan kecemasan berlebih.

Meningkatkan Daya Ingat

Seperti yang sudah dibahas dipoin atas bahwa menulis dapat meredakan stres yang mana juga akan berdampak baik bagi daya ingat dan kemampuan berpikir. Agar manfaat menulis dapat dirasakan secara maksimal, maka coba untuk selalu tenang dan renungkan dahulu permasalahan yang akan ditulis.

Mencegah Melamun Berlebihan

Setiap orang pasti pernah merasakan kondisi melamun, dan tak sedikit orang yang memiliki kebiasaan melamun. Beberapa dari mereka suka membayangkan dirinya sedang melakukan kegiatan berbagai hal ada juga yang menciptakan beragam kisah fiksi didalam lamunan mereka. Walaupun terdengar menyenangkan, kenyataannya melamun dapat merugikan diri, apalagi dilakukan dengan berlebihan. Selain membuang-buang waktu, melamun hanya akan menambah pikiran dan akan berakhir dengan overthinking. Maka, dengan menulis, ini akan membantu mereka untuk menyalurkan apa yang ada di lamunan mereka ke dalam bentuk tulisan dan ini akan menjadikan kegiatan yang lebih positif. 

Cara Memulai Kebiasaan Menulis

1. Meluangkan waktu untuk menulis, bukan menulis jika ada waktu luang.

2. Memperbanyak untuk membaca, lalu membuat rangkuman untuk melatih kreatifitas serta menambah kosa kata kita dalam merangkai kalimat.

3. Buat alasan “menyakitkan” apabila kita tidak menulis dengan rutin. 

4. Buat alasan “menyenangkan” apabila kita bisa menulis dengan rutin. 

5. Membuat catatan sederhana, blog, atau apapun yang pada akhirnya dapat dibagikan ke orang lain.

6. Menjadwalkan menulis dalam sehari berapa kali

7. Menetapkan batas waktu berapa lama kita ingin menulis.

Tips-tips diatas tentu akan membutuhkan proses. Hal yang paling utama untuk melakukan itu semua adalah niat dan pemicu yang kuat. Semakin kita sering menghasilkan tulisan, semakin sering pula kita membiasakan diri untuk menulis.


Posting Komentar untuk "Jarang Disadari, Ini Dia 5 Manfaat dari Hobi Menulis"