Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia 5 Cabe Terpedas, Berani Coba?

Kebanyakan orang Indonesia bilang bahwa belum makan jika tidak ada sambal. Hal ini karena menurut mereka suatu kelezatan makanan akan terasa sempurna jika ada tambahan rasa pedas dari cabe. Cabe rawit merupakan salah satu cabe yang paling digemari orang Indonesia karena terkenal akan rasanya yang lebih pedas daripada jenis cabe lainnya. Namun, siapa yang mengira kalau cabe rawit bukanlah cabe terpedas di dunia ini? Ternyata masih ada jenis cabe yang pedasnya melebihi cabe rawit. Apa sajakah jenis cabe yang terpedas itu?

cabe terpedas

Carolina Reaper

Sejak tahun 2013 abe jenis ini pernah menjadi juara dunia sebagai cabe terpedas di dunia. Cabe ini memiliki ekor penyengat unik yang seperti kalajengking tidak seperti cabe lainnya. Carolina Reaper adalah cabe dari hasil perkawinan silang antara jenis cabai Naga Pakistani dengan jenis cabai Habanero dari Hindia Barat. Ukuran cabe merah menyala ini cukup kecil sekitar dua buku jari orang dewasa serta memiliki permukaan kulit yang cenderung bergelombang, meski ada beberapa yang memiliki permukaan kulit yang halus. Rasa dari cabe ini pedas serta meninggalkan panas yang kuat pada lidah dan tenggorokan. Akan tetapi, juga ada rasa manis seperti kayu manis dan cokelat. Biasanya Carolina Reaper muncul pada pertengahan musim panas hingga musim gugur. Diketahui cabe ini terdapat antioksidan yang bisa melindungi sistem kekebalan tubuh.

Naga Viper

Cabe ini tercatat pada tahun 2011 menjadi cabe terpanas di dunia yang dibudidayakan di Inggris namun sangat langka ditemukan. Naga Viper merupakan cabe hasil dari kawin silang antara cabe Naga Morich, Bhut Jolokia, dan Trinidad Scorpion. Bentuk dari cabe ini adalah memanjang dan berkerut seperti Naga Morich dan memiliki ekor seperti kalajengking yang sedikit lebih panjang. Rasa pedas dari cabe ini tergolong lambat, jadi jangan tertipu ketika pertama memakan cabe ini karena belum terjadi pembakarannya. 

Bhut Jolokia

Atau yang biasa disebut ghost pepper merupakan jenis cabe yang dibudidayakan di Timur Laut India. Pada tahun 2007, cabe ini tercatat menjadi cabe terpedas di dunia dan dipercayai pedasnya 170 kali lebih pedas daripada saus tabasco. Cabe ini biasanya digunakan sebagai makanan dan bumbu dalam bentuk segar maupun kering untuk "memanaskan" kari dan acar. Bhut Jolokia umum digunakan dalam kombinasi dengan daging babi atau ikan kering atau fermentasi.

Red Savina Habanero

Red Savina Habanero merupakan cabe yang memegang gelar cabe terpedas di dunia kurang lebih selama 12 tahun dari tahun 1994 hingga 2006. Walaupun cabe Red Savina Habanero ini perlahan mulai lengser dari peringkat cabe paling pedas di dunia, tetapi sampai saat ini cabe Red Savina Habanero masih menjadi salah satu cabe favorit yang banyak dikembangbiakkan karena tumbuh dengan keseimbangan yang sempurna antara panas dan rasanya.

Trinidad Scorpion Moruga

Cabe ini juga termasuk ke dalam urutan cabe paling pedas di dunia karena panasnya bagaikan panas neraka. Cabe ini termasuk cabe langka yang dicari dan baru saja ditemukan. Seperti namanya, cabe ini berasal dari tanah Moruga di Trinidad dan Tobago. Begitu mengonsumsi cabe yang satu ini, akan menghasilkan panas yang tidak pernah berhenti menumpuk.Trinidad Scorpion Moruga sama panasnya dengan Carolina Reaper.

Itulah macam-macam dari cabe terpedas di dunia, jadi pedasnya cabe rawit bukanlah suatu hal yang mengerikan ketimbang cabe-cabe di atas. Apakah kalian tertarik dan berani untuk mencoba salah satu dari cabe tersebut?


Posting Komentar untuk "Ini Dia 5 Cabe Terpedas, Berani Coba?"