Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bikin Lilin Aromaterapi Alami di Rumah, Boleh Dicoba!

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk berelaksasi setelah melewati hari-hari yang sangat padat. Bisa dengan berolahraga Yoga, meditasi, relaksasi pernapasan, serta menggunakan aromaterapi. Membahas mengenai aromaterapi pasti tidak lepas dari yang namanya menyejukkan dan menenangkan. Salah satu bentuk aromaterapi yang banyak diminati adalah lilin aromaterapi. Lilin ini adalah lilin khusus yang mengandung bahan dari minyak esensial, nantinya jika dinyalakan akan menghasilkan aroma yang menenangkan. Selain menenangkan, lilin ini bertujuan untuk menghilangkan stres dan rasa cemas. Bisa jadi alat penerang pengganti lampu tidur di malam hari, serta menjadi penambah mood dan meningkatkan kualitas tidur karena aromanya. Berikut beberapa manfaat dari lilin aromaterapi alami.

lilin aromaterapi alami

Manfaat Lilin Aromaterapi Alami

  • Mengatasi Nyeri Pada Otot

Aroma yang dihasilkan oleh lilin aromaterapi ternyata dapat membantu dalam mengatasi rasa sakit pada kepala, nyeri otot, sampai masalah pada pencernaan.

  • Mengatasi Insomnia

Bagi yang sering kesulitan untuk tidur di malam hari alias insomnia juga cocok untuk menggunakan lilin aromaterapi ini sebagai solusinya.

  • Meredakan Stres

Beberapa jenis lilin aromaterapi alami ada yang mampu untuk mengurangi rasa cemas dan stres. Sebab ada beberapa aroma yang dihasilkan dipercayai dapat menenangkan saraf dan mengembalikan keseimbangan mental. Dan juga, aroma tersebut dapat merelaksasi ketegangan dalam tubuh yang mana ini akan meredakan rasa stres terhadap seseoang.

  • Mempertahankan Konsentrasi

Untuk kalian yang ingin belajar atau bekerja dalam suasana tenang, dengan menyalakan lilin aromaterapi akan terasa sangat lengkap. Bahwasannya, aroma yang dihasilkan dari lilin tersebut dapat mempertahankan konsentrasi seseorang.

Jenis Lilin Aromaterapi Alami

  • Lavender

Tanaman ini menjadi salah satu yang sering dijadikan berbagai jenis aromaterapi. Sebab, wanginya yang memang sudah banyak diakui dapat membuat rileks tubuh sehingga kualitas tidur meningkat. 

  • Kopi

Beberapa waktu belakangan ini, aroma kopi memang sedang naik daun. Bahkan biji kopi yang gagal panen dimodifikasi menjadi pengharum ruangan. Ternyata, dibalik enaknya aroma kopi ini, ada manfaat yang tidak terduga. Aroma kopi mampu meningkatkan kinerja pada otak serta sangat baik untuk kesehatan mental.

  • Kayu Manis

Aroma dari kayu manis ini dipercayai mampu merangsang kinerja otak semakin baik, dapat meningkatkan suasana hati, serta mampu meningkatkan konsentrasi. Maka dari itu untuk para pekerja atau siswa yang membutuhkan fokus yang lebih, lilin aromaterapi dari kayu manis ini merupakan pilihan yang tepat.

Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Lilin Aromaterapi Alami

Untuk membuat lilin aromaterapi dengan bahan yang 100% alami, kalian bisa mengganti parafin dengan beeswax sebagai bahan utamanya. Beeswax sendiri merupakan lilin yang diproduksi sarang lebah. Bahan selanjutnya yang diperlukan adalah minyak esensial, merupakan minyak alami yang diekstrak dari satu jenis tanaman. Biasanya minyak esensial ini didapatkan dari beberapa bagian tanaman seperti akar, batang, daun, bunga, serta buah-buahan. Jika kalian ingin membuat lilin aromaterapi ini dengan bentuk unik dan memiliki warna, bisa tambahkan pewarna makanan dalam proses pembuatannya. Dan yang terakhir, kalian perlu sumbu lilin yang mana nantinya untuk menyalakan lilin dengan api. Untuk alat-alat yang dibutuhkan antara lain kaleng bekas untuk meletakkan bahan utama lilin. Panci kecil berisi air yang nantinya dididihkan untuk melelehkan bahan utama lilin yang ada di kaleng. Tusuk sate untuk melarutkan warna dan minyak esensial pada bahan utama lilin. Gelas kaca sebagai wadah ketika adonan lilin aromaterapi sudah jadi.


Posting Komentar untuk "Bikin Lilin Aromaterapi Alami di Rumah, Boleh Dicoba!"