Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Makanan Viral TIKTOK yang Bisa Kamu Bikin di Rumah

Siapa yang tidak kenal aplikasi TikTok, aplikasi ini sangat populer di kalangan dari anak muda hingga usia lanjut. Entah hanya sekadar melihat-lihat kontennya atau membuat konten di TikTok, semua kalangan menggunakannya. Banyak sekali fitur dari aplikasi ini yang membuat penggunanya berlomba-lomba untuk membuat konten dengan kreativitas yang mereka miliki. Tujuan mereka yaitu masuk ke FYP atau for your page supaya menjangkau banyak orang untuk melihatnya. Konten-konten yang mereka hasilkan sangatlah bermacam-macam, yang sedang banyak digandrungi adalah konten yang isinya menari-nari dengan gaya lucu. Selain konten tersebut, yang sering masuk FYP adalah konten dengan video mengenai tutorial masak yang umumnya simpel dan mudah dibuat di rumah. Hal ini membuat konten jenis tersebut semakin bermunculan dengan banyak resep kreatif yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, dan orang-orang yang melihatnya pun tertarik untuk mencoba. 

makanan viral

Daftar Makanan Viral TikTok

Dalgona Coffee

Diawal-awal pandemi, minuman kopi yang satu ini sangat naik daun. Viral karena unggahan yang berisi proses membuat dalgona coffee banyak dibikin oleh pengguna TikTok. Dari situ, banyak pula orang yang hanya sekadar melihat konten TikTok pun tertarik untuk membuat kopi tersebut. Dasarnya, minuman ini adalah minuman yang dibuat dengan mencampurkan kopi instan, gula, dan air panas dengan perbandingan yang sama, dengan cara dikocok dengan cepat hingga menjadi krim kemudian krim tersebut ditambahkan ke susu panas ataupun dingin.

Pai Susu

Resep ini sempat populer di TikTok hingga bermunculan versi yang sangat beragam tentang tutorial pembuatannya. Umumnya pai susu dihidangkan sebagai makanan penutup, makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari kue pastri yang diisi dengan kustar atau bahan campuran susu dan kuning telur serta susu kental manis. Kue pastri ini bentuknya seperti piring dengan permukaan datar yang diisi dengan satu lapis kustar yang tipis. Pai susu ini berasal dari Bali, mirip dengan pastel de nata dari Portugal. 

Banoffee Pie

Dessert yang satu ini adalah no-bake pie, hanya perlu didinginkan di lemari es. Dessert dengan olahan pisang yang berasal dari Inggris ini banyak di cari karena video pembuatannya viral di TikTok. Makanan viral ini memiliki cita rasa manis legit dengan tekstur lembut dan aroma wangi yang menggoda. Karena adanya perpaduan gurih dari biskuit susu, caramel toffee, krim kocok, dan pisang yang setiap bahannya disusun lalu dibekukan ke dalam lemari es seperti tiramisu, makanan ini banyak yang penasaran untuk membuatnya.

Cloud Bread

Setelah sekian banyak resep makanan viral di TikTok, ada lagi makanan dengan kreasi roti baru yaitu cloud bread. Sesuai dengan namanya, roti ini memiliki tekstur yang lembut, ringan, dan mengembang seperti awan. Namun kenyataanya, roti ini sebenarnya bukanlah suatu hal yang sangat baru karena sejak lama roti ini menjadi makanan alternatif bagi pelaku diet keto, karena bahan dari roti ini tidak mengandung gulaten serta gandum sama sekali. Bahan dari roti ini antara lain adalah telur, krim keju, krim tartar, dan madu. Karena terlanjur viral, akhirnya ada juga yang menkreasikan roti ini dengan beragam bentuk seperti sandwich, pizza, dan cloud bread dengan taburan rempah. 

Brulee Bomb

Sekilas makanan ini terlihat seperti kroket kentang yang berbentuk bulat atau bahkan makanan khas belanda yaitu bitterballen. Namun, berbeda dari bitterballen, brulee bomb ini memiliki ciri khas yang gurih, renyah diluar, dan keju yang lumer didalamnya ketika digigit. Isian dari brulee bomb ini yang membedakannya dengan bitterballen. Brulee bomb terbuat dari campuran bawang bombai, bawang putih, daging asap yang ditumis kemudian dimasak kembali dengan campuran tepung terigu dan susu hingga adonan mengental. Setelahnya adonan tersebut dibentuk bulat dengan isian keju, dibalut dengan tepung roti lalu digoreng. Isian brulee bomb juga bisa diganti dengan macam-macam bahan sesuai selera.

Resep Makanan

Banoffee Pie

banoffee pie


  • Bahan yang dibutuhkan:
    • Pie Crust

    1. Biskuit susu 200 gr
    2. Unsalted butter 100 gr dilelehkan

    • Toffee

    1. Salted butter 100 gr
    2. Kental manis 150 gr
    3. Sugar palm 1 sdm
    4. Garam secukupnya
    5. Pisang sunpride 3 buah dipotong-potong
    6. Krim kocok 50 gr

  • Cara membuatnya:

  1. Siapkan wadah, hancurkan biskut hinga menjadi remahan, kemudian beri lelehan butter, lalu aduk hingga merata.
  2. Siapkan loyang yang sudah diletakkan palstic wrap, tuang adonan tadi ke dalam loyang dan bentuk dasar loyang.
  3. Tekan bahan pie crust dengan sendok hingga menyatu lalu letakkan ke dalam kulkas hingga set.

  • Cara membuat toffee:

  1. Siapkan wadah berupa pan anti-lengket, masak salted butter, kental manis, sugar palm dan tambahkan garam secukupnya dengan api kecil hingga menjadi karamel sambil diaduk terus.
  2. Setelah menjadi karamel dengan tekstur yang diinginkan, tuang ke atas pie crust
  3. Lalu, susun potongan pisang dan beri krim kocok di atasnya. Dinginkan di dalam kulkas selama 1 jam hingga set seluruhnya.




Posting Komentar untuk "5 Makanan Viral TIKTOK yang Bisa Kamu Bikin di Rumah"