Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Mengakali Anak Anda Yang Gak Doyan Sayur

Sering kali terdengar dari curhatan ibu-ibu yang mempunyai anak kecil, anak mereka susah makan sayur. Banyak dari anak-anak yang tidak suka makan sayur karena rasa sayuran cenderung hambar. Para orang tua terutama ibu-ibu seringkali memaksakan mereka untuk makan sayur, dari mengancamnya hingga mengumbar janji. Tentu hal itu adalah cara yang salah. Ada cara lain yang lebih baik untuk mengakali bagaimana anak pada akhirnya mau makan sayur.


makan sayur


Menyajikan Sayur Sejak Kecil

Membiasakan anak sedari kecil untuk makan sayur, tepatnya ketika mereka sudah mengonsumsi MPASI. Dengan melakukan kebiasaan ini hingga mereka beranjak dewasa, mereka juga akan terbiasa dengan mengonsumsi sayuran. Supaya tidak bosan, sajikan berbagai macam masakan dari sayuran dengan menu yang lebih variatif. Namun, jika anak telanjur tidak suka dan ketika MPASI tidak dibiasakan mengonsumsi sayuran, ada cara alternatifnya yaitu: Gunakan mentega dalam pengolahan ketika memasak sayur, hal ini akan mengurangi rasa yang cenderung pahit dan hambar pada sayuran ketika dikonsumsi pada anak.

Berkreasi dalam penyajiannya, anak-anak lebih kritis terhadap tampilan makanan. Jika makanan tersebut tidak menarik perhatian mata mereka, maka akan ditolak mentah-mentah. Berikan kesan yang menyenangkan terhadap tampilan makanan dengan membentuk sayuran dengan potongan yang menarik dan lucu, serta tempat makan dengan gambar kesukaan mereka.

Ajak Berbelanja ke Pasar

Mulai dengan menanyakan masakan sayur apa yang sedang mereka inginkan hingga mengajaknya ke pasar akan menumbuhkan antusias mereka tersendiri terhadap sayuran. Dengan memilih sayur yang mereka suka sendiri, kita juga bisa mengenalkan berbagai jenis sayuran yang belum mereka ketahui dan mereka akan merasa penasaran dengan sayuran tersebut untuk memakannya. Selain itu juga menjadi pembelajaran bagi mereka untuk memilih sayuran yang bagus, segar dan baik dikonsumsi. 

Ajak Memasak Bersama

Ajaklah mereka untuk berpartisipasi dalam melihat serta membantu kita di dapur saat menyiapkan sayur untuk menu makanannya. Ketika memasak, bangunlah obrolan seputar manfaat sayuran pada kesehatan tubuh. Walaupun akan sedikit repot, namun cara ini adalah hal yang baik untuk menciptakan suasana positif dan terbangunnya kedekatan antara anak dan kita.

Bikin Menu Sayur dengan Variasi yang Unik

Dengan menu sayuran yang itu-itu melulu juga akan menimbulkan rasa bosan anak terhadap sayuran, dan fatalnya akan membuat anak tidak lagi ingin makan sayur. Maka dari itu sebagai orang tua, harus pandai memilih dan memilah menu. Selain dengan tampilan masakan yang menarik, dapat diakali dengan resep makanan yang mengandung sayuran. Banyak olahan masakan yang terbuat dari sayuran. Contohnya, sari dari sayuran bisa dipakai untuk bahan membuat mie, bisa juga membuat kue yang bahan dasarnya dari wortel, atau cookies dengan campuran sayur bayam. Berikut resep olahan makanan mengandung sayuran yang bisa dimasak bersama dengan si Kecil:

Kue Wortel

kue wortel


Bahan yang diperlukan:

3 butir telur - 3 butir

100 gr gula halus

50 gr gula palem

140gr tepung terigu

1/2 sdt baking powder

1/2 sdt soda kue

1 sdt kayu manis bubuk

250 gr wortel, parut halus

70 gr minyak sayur

Buttercream - secukupnya

Cara membuat:

  1. Menyiapkan loyang, lalu olesi dengan margarin, kemudian alasi loyang dengan kertas roti.
  2. Dalam wadah, kocok telur, gula halus, dan gula palem hingga kental dan mengembang dengan mixer.
  3. Memasukkan (sambil diayak) terigu, baking powder, soda kue, dan kayu manis bubuk.
  4. Mengocok dengan mixer kecepatan sedang hingga rata.
  5. Memasukkan parutan wortel. Aduk dengan spatula hingga rata.
  6. Menuang minyak sayur. Aduk balik hingga rata dan pastikan tidak ada minyak yang mengendap.
  7. Menuang adonan ke dalam loyang. Panggang dalam oven dengan suhu 180C selama 30-40 menit. Angkat dan tunggu hingga dingin.
  8. Mengeluarkan kue dari loyang.
  9. Siap disajikan.


Posting Komentar untuk "Begini Cara Mengakali Anak Anda Yang Gak Doyan Sayur"