Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada Gejala Depresi Pada Anak? Jangan-jangan Anda Penyebabnya

Kesehatan jiwa anak terutama pada para remaja adalah isu yang harus benar-benar diperhatikan. Karena mereka adalah orang-orang muda yang masih berproses mencari jati diri. Lingkungan sekitar, keluarga, pergaulan, dan mood dapat mempengaruhi emosi remaja yang masih labil.

Jika Anda adalah orangtua yang memiliki anak berusia remaja, pernahkah mendapati buah hati Anda di rumah murung, tidak bersemangat, malas makan, sulit tidur, suka mengurung diri di kamar, dan seperti kehilangan energi? Jika iya, Anda perlu waspada, bisa jadi itu adalah gejala awal anak Anda mengalami depresi.

Depresi pada remaja bisa terjadi karena banyak hal. Bisa dari masalah medis, faktor genetik, pola makan tidak sehat, lingkungan sekitar yang tidak suportif, bahkan karena orang tuanya sendiri.

penyebab depresi


Ciri-ciri Depresi pada Anak

Ketika remaja mengalami depresi, pasti akan terlihat perubahan dari dalam dirinya. Entah itu sikap ataupun perilaku. Dan kondisi tersebut seringkali luput dalam perhatian orang tua.

Dari segi emosional, ciri-cirinya: 

Menurunnya semangat serta kehilangan motivasi dalam beraktivitas

Sering merasa sedih, frustasi, dan tidak punya harapan

Mudah tersinggung karena hal kecil dan marah 

Rasa percaya diri yang rendah

Sulit berpikir, konsentrasi, dan membuat keputusan

Terbesit pikiran untuk bunuh diri

Dari segi perilaku, ciri-cirinya: 

Mudah lelah dan kehilangan energi

Cenderung melakukan hal-hal negatif

Tidak peduli dengan penampilan

Insomnia atau terlalu banyak tidur

Perubahan nafsu makan yang signifikan

Merasa gelisah dan sulit berkonsentrasi

Suka menyendiri bahkan mengurung diri di kamar

Ada keinginan untuk menyakiti diri sendiri

Faktor Penyebab Depresi Pada Remaja

Sebagai orang tua tak ada salahnya jika selalu mengikuti dan waspada terhadap perilaku anaknya yang sudah menginjak usia remaja. Oleh karena itu, mulailah untuk mengenali penyebab depresi pada remaja yang umum ditemukan:

Faktor Genetik

Perlu diketahu bahwa bukan hanya kelainan fisik yang bisa diturunkan dari orang tua kepada anak mereka. Kenyataannya faktor genetik juga ikut berperan terhadap gejala depresi. Jika salah satu anggota keluarga memiliki riwayat depresi, tidak bisa dipungkiri bahwa akan ada keturunan mereka yang akan mengalami gejala depresi.

Faktor Biologis

Tidak hanya faktor genetik yang berperan, ternyata masih ada faktor lainnya seperti faktor biologis. Hal ini bisa terjadi karena adanya gangguan dari neurotransmitter atau bahan kimia pada otak manusia. Karena adanya gangguan yang terjadi pada otak manusia, faktor resiko untuk mengalami depresi akan meningkat.

Trauma Masa Kecil

Trauma ini terjadi pada masa kecil mereka, seperti pelecehan fisik atau emosional, kehilangan orang tua. Hal ini beresiko bagi remaja mengalami depresi.

Masalah Keluarga

Pertengkaran antara anggota keluarga umum terjadi disetiap keluarga. Namun, pertengkaran orang tua yang dilakukan di depan anak remaja adalah hal yang tidak semestinya dilakukan. Hal ini bisa jadi mengakibatkan trauma dan luka mendalam. Terlebih jika pertengkaran tersebut terjadi terus menerus dan berujung pada perceraian. Anak akan mengalami stres berat yang berakibat pada depresi.

Stres di Sekolah

Hal ini bisa terjadi akibat tekanan dari lingkungan terdekat, misal menjadi korban bullying, tuntutan akademik, serta berbagai ekspektasi dari orang tua.

Yang Harus Dilakukan Sebagai Orang Tua

Sebagai orang tua yang sudah sadar akan pentingnya kesehatan mental pada anak-anak, ada beberapa hal yang perlu dilakukan ketika menemui anak mengalami gejala depresi. Dengan mengajaknya berkonsultasi pada ahli kesehatan mental adalah hal yang perlu dilakukan supaya depresi tertangani dengan baik, namun peran dari orang tua pun tidak kalah pentingnya. Karena itu merupakan suatu bentuk dukungan ketika anak mengalami masa-masa terendahnya. Berikut yang bisa dilakukan orang tua sebagai pertolongan pertama:

Menjalin komunikasi dengan anak

Bantu anak melewati masa sulit mereka

Mengajaknya melakukan kegiatan menyenangkan

Menambah rasa sabar dan pengertian


Posting Komentar untuk "Ada Gejala Depresi Pada Anak? Jangan-jangan Anda Penyebabnya"