Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Tidak Bisa Mengunduh dan Mengirimkan File Whatsapp


Dari sekian banyak fitur whatsapp yang dikembangkan, pasti dari sekian banyak pengguna whatsapp pernah mengalami permasalahan tidak bisa melakukan pengunduhan atau mengirimkan file media (foto, video, atau pesan suara).

Nah, kali ini saya akan membahas apa saja yang menyebab dari permasalahan tidak bisa mengunduh dan mengirimkan file pada whatsapp serta solusi dalam mengatasi masalah tersebut.

PENYEBAB TIDAK BISA MENGUNDUH DAN MENGIRIMKAN FILE DI WHATSAPP

1. Ada masalah koneksi internet pada smartphone anda.
Ini adalah masalah utama yang seringkali dialami oleh pengguna whatsapp. Dengan tidak adanya koneksi internet pada smartphone, maka anda tentunya tidak akan bisa melakukan pengunduhan maupun pengiriman file melalui aplikasi whatsapp.

Solusi adalah cek kembali koneksi internet anda dengan melakukan browsing melalui browser smartphone anda. Pastikan anda terhubung dengan internet. Jika anda dapat melakukan browsing maka masalah bukan terletak pada koneksi internet anda.

2. Tanggal dan waktu pada smartphone tidak diatur dengan tepat.
Pengaturan tanggal dan waktu yang salah pada smartphone juga menjadi penyebab tidak bisa mengunduh dan mengirimkan file media melalui whatsapp. Hal ini dikarenakan ketika pengaturan tanggal dan waktunya salah, maka anda tidak akan bisa melakukan pengunduhan maupun pengiriman file media.

Solusi adalah pastikan bahwa pengaturan tanggal dan waktu pada smartphone anda sudah benar agar bisa terhubung ke server whatsapp.


3. Terdapat masalah pada SD card.
Bagi anda yang melakukan penyimpanan whatsapp menggunakan SD card, mungkin masalah anda termasuk kedalam sini. Jika terjadi masalah pada SD card, maka ada 3 penyebab umum. Yang pertama adalah tidak ada cukup memori di dalam SD card. Tentu saja ketika anda melakukan penyimpanan whatsapp pada SD card dan SD card anda sudah penuh, maka anda tidak bisa mengunduh file media dari whatsapp. Anda perlu menghapus terlebih dahulu beberapa file agar menyisakan ruang memori yang cukup.

Penyebab masalah SD card yang kedua adalah SD card diatur dalam mode hanya baca (read only). Ketika SD card dalam mode read only, maka anda tidak bisa menambahkan file pada kartu SD tersebut. Sehingga menyebabkan anda tidak bisa mengunduh file media dari whatsapp.

Penyebab masalah SD card yang ketiga adalah SD card sudah rusak. Ketika SD card sudah rusak maka anda pun tidak bisa melakukan penyimpanan whatsapp menggunakan SD card dan tidak bisa mengirimkan file yang terdapat pada SD card tersebut. Solusinya tentu saja anda harus mengganti SD card anda.

4. Terdapat masalah pada whatsapp.
Jika dari ketiga penyebab di atas tetap tidak anda temui masalahnya, maka kemungkinan besar masalah ada pada whatsapp. Untuk mengatasi masalah ini cobalah untuk merestart smartphone. Jika setelah restart smastphone masalah tetap belum teratasi, maka anda perlu menginstall ulang whatsapp.

Nah, itu tadi beberapa penyebab yang tidak bisa mengunduh dan mengirimkan file media di whatsapp serta solusi mengatasi masalah tersebut. Semoga dapat membantumu ketika anda mengalami hal tersebut. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Penyebab Tidak Bisa Mengunduh dan Mengirimkan File Whatsapp"