Pengaturan Whatsapp Yang Jarang di Ketahui Penggunanya

Siapa sih yang tidak kenal dengan Whatsapps? Hampir semua pengguna smartphone tentu mengenal aplikasi chat yang satu ini yaitu whatapp. Populer karena konsepnya yang simpel, mudah digunakan dan terintegrasi dengan nomor telepon membuat Whatsapp menjadi salah satu aplikasi chat paling populer sampai saat ini di dunia. Bahkan Whatsapp sudah digunakan oleh lebih dari 1000 juta pengguna aplikasi whatapp di smartphone di berbagai belahan dunia.
Karena tata letak yang simpel dan praktis, tidak banyak pengguna Smartphone yang mengetahui beberapa pengaturan Whatsapp yang membuat penggunaannya menjadi lebih efektif. Ini dia beberapa pengaturan Whatsapp yang harus kita ketahui antara lain adalah:

1. Me-Nonaktifkan Fitur Save Otomatis File Media

Terkadang kamu pasti merasa kesal ketika Whatsapp mu melakukan penyimpanan otomatis terhadap file multimedia (contohnya foto atau video) langsung ke media penyimpanan smartphone mu. Meskipun kita senang mengamati file multimedia yang ada di Whatsapp, namun bukan berarti kita ingin menyimpannya dan membuat kapasitas penyimpanan smartphone menjadi penuh.
Sebenarnya cara ini bisa kita akali dengan melakukan turn off pada setting Whatsapp. Caranya, klik menu setting Whatsapp, pilih katagori menu chat setting dan segera non aktifkan pilihan save incoming media. Cara ini terbukti sangat efektif dalam mencegah Whatsapp menyimpan file multimedia secara otomatis.

2. Menyembunyikan Preview Pesan

Whatsapp biasanya menampilkan preview pesan sebagai push notification di smartphone kita. Namun jika kita tidak menyukai fitur preview yang terasa mengganggu tersebut, kita bisa menghilangkannya dengan cara memperbaiki setting Whatsapp.
Caranya sangat mudah, kita hanya perlu masuk ke bagian setting dan pilih sub menu notification lalu pilih turn off pada bagian show preview. Setelah me-nonaktifkan fitur preview, kita hanya akan memperoleh notifikasi berupa “Pesan dari (nama)” ketika ada pesan Whatsapp yang masuk.

3. Menggunakan Fitur Lokasi

Banyak pengguna Whatsapp yang merasa ingin berbagi lokasi kepada para pengguna Whatsapp lain. Hal ini biasanya dilakukan ketika melakukan chat dengan sahabat atau kerabat yang lokasinya berjauhan dari kita. Kini kita bisa mengatur fitur lokasi secara khusus untuk para pengguna Whatsapp yang kita inginkan.
Kita tinggal memasuki setiap chat dan memilih ikon bergambar anak panah kebawah pada setiap chat room. Selanjutnya pilih sub menu share location untuk membagikan informasi lokasi kepada pengguna Whatsapp yang kita kehendaki. Dengan melakukan cara ini, kita bahkan bisa berbagi informasi lokasi melalui Google Map.

4. Menyembunyikan “Last Seen” di Whatsapp

Setting privasi pada Whatsapp membuat pengguna Whatsapp lain bisa melihat “last seen” yang terakhir kali kita akses ketika menggunakan Whatsapp. Tapi bila merasa kurang nyaman dengan fitur last seen ini, kita bisa kok me-nonaktifkannya secara mudah. Tinggal masuk ke bagian setting, lalu pilih sub menu account dan sub menu privacy.
Pada sub menu privacy kita bisa memilih fitur last seen. Pilih untuk mengaktifkan atau me-nonaktifkan last seen pada akun Whatsapp. Namun ketika kita untuk memilih me-nonaktifkan fitur last seen, maka kita juga tidak bisa melihat last seen milik orang lain.
5. Melakukan Backup Secara Otomatis
Bila anda takut dengan kejadian tiba-tiba smartphone anda error yang mungkin membuat chat Whatsapp kita terhapus, maka kita bisa menggunakan fitur backup secara otomatis. Untuk mengaktifkan backup otomatis, masuklah ke menu setting, sub menu chat setting lalu ke sub menu chat backup. Untuk mengaktifkan fitur backup secara otomatis, pilihlah Auto Backup dengan pilihan waktu penyimpanan secara harian, mingguan atau bulanan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Konsep Kegiatan Pemasaran

Cara Menghadapi Konsumen yang Rewel

Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Promosi