Menyusun Rencana Manajemen Pemasaran Untuk Bisnis Anda

Setiap pekerjaan pasti membutuhkan komunikasi baik dari pihak sesama penjual ataupun dari penjual kepada pembeli. Begitu juga dengan pemasaran bisnis yang membutuhkan komunikasi yang baik antara para penjual dengan pembeli. Komunikasi pemasaran sangat dibutuhkan bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan suatu produk. Jika Anda sebagai pelaku bisnis bisa membangun komunikasi yang baik kepada para pembeli maka dengan mudah Anda bisa membujuk mereka untuk membeli produk yang Anda tawarkan.
Komunikasi pemasaran sangat penting bagi para
pemasar karena dengan komunikasi yang baik akan muncul ketertarikan dari konsumen. Namun, komunikasi pemasaran terkadang diabaikan oleh beberapa orang pebisnis dimana mereka hanya menjual produk tanpa berkomunikasi dengan baik pada konsumen. Padahal perlu Anda ketahui bahwa banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh para penjual jika mereka mampu berkomunikasi dengan baik kepada konsumen.

Komunikasi pemasaran adalah pemegang kendali dalam penjualan produk, jika komunikasi tersebut mengalami suatu kendala maka penjualan dapat terhenti sesaat atau bahkan bisa terhenti total. Dalam komunikasi pemasaran tersebut sarana yang digunakan sangatlah beragam untuk menginformasikan setiap produk yang dipasarkan.
Berikut adalah beberapa cara melakukan komunikasi pemasaran yang dapat Anda coba sebagai sarana efektif untuk menarik banyak pelanggan.

Face to Face

Komunikasi pemasaran ini merupakan komunikasi yang dilakukan secara langsung antara penjual kepada pembeli. Jika Anda menjalankan  komunikasi ini, maka biasanya akan sering terjadi kendala dalam hal waktu dan juga biaya sehingga komunikasi secara langsung atau face to face ini jarang diminati oleh para marketer bisnis.

Media Cetak

Media cetak juga menjadi sarana yang bisa digunakan untuk komunikasi pemasaran produk. Dengan menggunakan sarana media cetak seperti brosur, koran atau surat kabar, majalah, spanduk, sticker dan lain sebagainya maka Anda bisa melakukan promosi sebagai komunikasi pemasaran kepada konsumen. Cara ini sering sekali digunakan oleh para pebisnis demi mendapatkan simpati dari para konsumen.

Internet

Internet adalah sarana komunikasi pemasaran yang paling banyak digunakan, bahkan hampir semua pebisnis menjalankan pemasarannya melalui internet. Pemasaran produk melalui internet lebih mudah menginformasikan produk. Selain itu, internet juga mempunyai jumlah pengguna yang sangat banyak. Dengan terjalinnya komunikasi pemasaran yang baik antara konsumen atau pengguna internet dengan penjual online maka dari situ akan terjadi ssuatu interaksi yang baik sehingga produk Anda pun mudah diperkenalkan kepada konsumen.
Dengan Menerapkan beberapa strategi pemasaran tersebut maka ada banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh para penjual. Beberapa fungsi dari komunikasi pemasaran tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Menginformasikan kepada para konsumen mengenai produk-produk yang dijual seperti bagaiman, apa dan mengapa konsumen harus membeli produk yang Anda tawarkan.
  • Memperkenalkan nama perusahaan atau citra perusahaan kepada para konsumen dan masyarakat luas.
  • Membantu meningkatkan penjualan produk dengan cepat dan juga tepat.
Semoga bermanfaat.

0 komentar: