Cara Mempromosikan Bisnis Anda Di Facebook

Di jaman yang semakin modern seperti sekarang ini, para pelaku bisnis diwajibkan untuk mengetahui cara promosi melalui facebook dan juga sosial media lainnya. Tak bisa kita pungkiri bila sosial media merupakan media untuk melakukan promosi yang paling murah namun efeknya sangat menjanjikan.
Salah satunya seperti sosial media facebook. Di Indonesia sendiri paling tidak ada 50 juta pengguna facebook, dan semuanya itu menjadi potensi market bagi para pelaku bisnis. Bahkan hampir 90% dari para pengguna internet di Indonesia mempunyai akun facebook.
 
Banyak pebisnis yang dulunya hanya bermula dari bisnis kecil dan sekarang telah berkembang menjadi besar dan sukses karena menggunakan sosial media khususnya facebook sebagai media promosi online. Jika Anda tak ingin ketinggalan dengan pelaku bisnis lainnya, maka membuat akun di facebook merupakan salah satu langkah promosi yang bisa Anda pilih.

Cara Promosi Bisnis Di Facebook

Terdapat berbagai macam cara mempromosikan produk melalui facebook yang dapat Anda coba, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Buat Fan Page

Fitur fan page berbeda dengan facebook akun dimana fan page dapat dijadikan sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis yang Anda jalankan. Setelah membuat fan page, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melengkapi halaman fan page secara detail. Mulailah dari membuat logo, deskripsi perusahaan, gambar, produk maupun jasa yang ditawarkan. Tidak hanya deskripsi produk saja, Anda juga dapat menambahkan foto-foto sehingga usaha Anda akan lebih diketahui secara detail.

2. Share

Setelah membuat segala sesuatu dalam akun tampak lengkap, sekarang saatnya Anda para pelaku bisnis mempromosikan fan page facebook Anda. Lain halnya dengan akun facebook, dimana cara add fan page adalah like dan juga tidak perlu adanya konfirmasi. Hal pertama yang bisa Anda lakukan dalam share fan page Anda adalah menginformasikan fan page Anda melalui akun pribadi Anda dan juga teman-teman facebook Anda.
Selain itu, pelaku bisnis juga dapat melakukan share dengan cara mengupdate secara regular. Semakin rajin Anda mengupdate maka semakin besar pula fan page Anda di like maupun di share lagi. Anda juga dapat membagi konten yang mengundang dan kemudian di share kembali. Fan page yang baik merupakan fan page yang mempunyai comment serta like yang banyak.

3. Selalu Memperhatikan Konsumen

Fan page di facebook sangat berguna untuk mengetahui seberapa besar perhatian yang diberikan oleh konsumen Anda terhadap bisnis yang Anda jalankan. Apakah respon yang mereka berikan cukup baik atau justru sebaliknya yaitu buruk. Jadi selalu perhatikanlah tingkah laku konsumen Anda yang ada di facebook. Saat Anda memposting produk dan ada komentar yang menanyakan produk maka usahakan untuk membalas komentar tersebut secepat mungkin.
Dengan begitu maka secara tidak langsung Anda mendapat suatu masukan untuk bisnis Anda tanpa perlu membuat kotak saran. Selain cara tersebut, Anda juga dapat menggunakan tools dari facebook, misalnya saja “Build Audience” atau statistic yang ada di fan page tersebut. Dari situ pebisnis bisa melihat rata-rata likes dari para konsumennya.

4. Menggunakan Facebook Ads

Seperti yang telah dibahas sebelumnya dimana sosial media merupakan media promosi yang paling murah. Namun, untuk mendapatkan like yang banyak dari para konsumen, Anda sebagai pelaku bisnis harus bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Facebook Ads. Keunggulan apa yang ditawarkan oleh facebook ads? Facebook memiliki cara tersendiri untuk memilih para konsumennya. Sehingga, penggunaan facebook ads disini sangat membantu para pelaku bisnis dalam mendapatkan calon konsumen sebanyak-banyaknya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Konsep Kegiatan Pemasaran

Cara Menghadapi Konsumen yang Rewel

Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Promosi