Tips Efekstif Menulis Email Untuk Kebutuhan Bisnis

Selain untuk bertransaksi, email juga bisa difungsikan sebagai media untuk meningkatkan penjualan suatu produk. Email marketing bagi seorang pebisnis online adalah salah satu cara untuk mendapatkan konsumen secara direct to person yang lebih terfokus.
Selain itu, email marketing juga bisa menjaga keterhubungan dari seorang pebisnis dengan klien nya. Lalu bagaimana cara menulis email yang efektif bagi para konsumen Anda? simak tipsnya di bawah ini.
1. Hanya Memberikan Informasi yang Benar – Benar Menarik
Membombardir seseorang dengan email setiap hari tanpa henti tidak akan membuat seseorang menjadi tertarik dengan produk Anda. Yang terjadi adalah kebosanan dan akan menjadi muak jika hal tersebut tidak Anda hentikan. Memberikan sesuatu yang menarik, meskipun jarang, itu lebih efektif dan bisa mencuri perhatian dari calon konsumen kita.
Meskipun mungkin tidak akan langsung membuat calon konsumen melakukan transaksi dengan Anda, namun respon yang baik tentu akan sangat bermanfaat untuk membangun image brand Anda di masa depan.
2. Starting Point Dalam Kalimat yang Mengundang
Anda harus pandai memanfaatkan kalimat yang baik dan bagus. Artinya bisa membuat menarik calon klien Anda. Kesempatan untuk menarik perhatian klien hanya singkat, jadi jika kesempatan yang hanya sebentar itu tidak Anda manfaatkan dengan baik maka email marketing Anda akan sia – sia.
Buatlah kata – kata yang menghipnotis dan mengundang calon klien ingin membaca keseluruhan email Anda dan letakkan pada kalimat pertama. Pastikan Anda membangkitkan dan melibatkan mereka dengan sesuatu yang membuat mereka ingin membaca seluruh email.
3. Sedikit Informal Akan Terasa Lebih Hangat
Meskipun bisnis yang Anda jalankan adalah sebuah keseriusan yang bersifat formal, namun jika Anda terlalu formal dalam sebuah email maka akan terlihat sedikit aneh. Sedikit informal bukan berarti tidak serius atau menghilangkan kewibawaan dari produk Anda. Ejaan yang terbaca santai akan membuat klien Anda menjadi nyaman dan hangat dengan Anda.
Penempatan ejaan informal yang tepat bisa sangat bermanfaat untuk bisnis Anda. Perhatikan klien yang sedang Anda hubungi. Salam santai dengan sapaan “Hi Andi”, “Halo Andi” akan lebih membuat klien terasa semakin bersahabat dan nyaman.
4. Jadikan Email Lebih Personal
Jadikan tulisan dalam email Anda sedekat mungkin dengan klien. Jangan sampai klien Anda merasa email marketing yang ia dapatkan adalah sama saja dengan email – email yang lain yang dikirim oleh seseorang. Anda bisa membuat lebih dekat dengan menanyakan kabar, keadaan atau sekedar menyebut nama nya. Buatlah konsumen merasa bahwa hanya dialah yang mendapatkan email satu – satunya, namun jangan berbohong.
Dengan hal tersebut, klien merasa lebih tersanjung dan dihormat dengan email Anda. Jika mereka sudah merasa tersanjung, maka selanjutnya tergantung strategi Anda untuk menggaet nya.
5. Lakukan Follow Up Dengan Tepat
Lakukan follow up, artinya adalah jangan hanya sekedar mengirim kan email saja tanpa ada tindakan lebih lanjut. Sering ini terjadi pada kita dan para pelaku bisnis online, mereka hanya rajin mengirimkan email marketing namun tanpa ada tindak lanjut yang serius.
Hanya karena tidak mendapatkan sebuah respon pada email pertama, Anda lantas tidak melanjutkannya. Sebuah tindak lanjut yang serius bisa membuat klien semakin yakin atas bisnis Anda. Ketika tidak tindak lanjut sekali saja terhadap konsumen atau klien, maka nilai kredibilitas Anda akan jatuh secara drastis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Konsep Kegiatan Pemasaran

Cara Menghadapi Konsumen yang Rewel

Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Promosi