Tiga Resep Tingkatkan Penjualan

Sebagai pebisnis, penjualan adalah salah satu faktor penting yang diutamakan. Berhasilnya sebuah bisnis sangat ditentukan oleh seberapa banyak produk yang terjual. Dengan kata lain, semakin besar angka penjualan, semakin tinggi keuntungan Anda. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan strategi. Berikut beberapa strategi untuk meningkatkan penjualan Anda:
1. Perhatikan kualitas produk
Kualitas produk adalah syarat utama untuk meningkatkan penjualan. Dengan produk yang berkualitas, Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk mendapatkan banyak konsumen. Saat satu konsumen puas dengan kualitas produk tersebut, dia tidak akan segan-segan mempromosikannya dengan orang lain. Daripada Anda membuang uang untuk melakukan promosi, biarkanlah pelanggan Anda yang melakukannya. Selama mereka diperlakukan dengan baik, mereka tidak akan sungkan untuk merekomendasikan bisnis Anda ke koleganya.
2. Berikan pelayanan terbaik
Semua konsumen pada dasarnya adalah sama. Mereka sama-sama membeli produk Anda karena didorong oleh suatu kebutuhan atau keinginan yang harus dipenuhi. Berapapun uang yang mereka keluarkan, berapapun produk yang mereka beli, mereka mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan terbaik. Jika mereka dikecewakan, mereka tidak akan sungkan-sungkan untuk menjelek-jelekkan bisnis Anda di depan banyak orang. Beri layanan yang memuaskan dan konsumen akan kembali kepada Anda. Salah satu indikator dari tingkat kepuasan konsumen adalah ‘repeat order’. Jika konsumen puas saat membeli produk Anda untuk pertama kali, mereka akan datang lagi untuk membelinya dengan jumlah yang lebih besar dari pesanan pertama.
3. Tawarkan diskon dan benefit khusus
Konsumen akan sangat senang jika mendapatkan diskon saat membeli produk. Untuk menawarkan diskon, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikanlah diskon rasional yang tidak memberatkan Anda. Jika memberikan diskon terlalu besar, itu akan menjadi bumerang sendiri bagi Anda. Jangan terus-terusan memberikan diskon karena diskon seharusnya diberikan pada saat tertentu dan dalam jangka waktu terbatas. Penawaran khusus terkadang lebih menarik daripada diskon. Berilah bonus berupa souvernir atau benda menarik lainnya untuk memikat konsumen. Anda bisa membuat souvernir sendiri atau memesannya dalam jumlah banyak dari pihak lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Konsep Kegiatan Pemasaran

Cara Menghadapi Konsumen yang Rewel

Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Promosi