Strategi Promosi untuk Pengusaha Pemula

Promosi merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan barang atau jasa yang Anda tawarkan. Pengusaha pemula sering kebingungan bagaimana berpromosi dengan efektif dan efisien. Sebelum berpromosi atau memiliki strategi pemasaran, terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan lebih dahulu.

Pertama, perlu dipikirkan apa yang menjadi keunggulan/keunikan bisnis Anda, misalnya harga jual lebih murah, pengantaran tepat waktu, dan sebagainya.

Kedua, situasi pasar atau pesaing yang ada di pasar, apakah pasar dikuasai oleh tengkulak besar, perusahaan besar, koperasi, atau usaha perorangan dan bagaimana tingkat kualitas atau harga jual produk mereka.

Ketiga, harapan konsumen terhadap produk atau jasa Anda secara umum, misalkan harga jual, penghantaran produk, kualitas, dan lain-lain.

Setelah menelaah pembahasan di atas, sekarang pilih segmen konsumen Anda. Kemudian, ceritakan kelebihan produk atau layanan Anda.


Jika usaha Anda relatif baru, mulailah dengan menawarkan harga yang lebih murah dibanding pesaing-pesaing telah ada. Meski begitu jangan mengorbankan margin laba yang terlalu banyak. Selamat mencoba

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Konsep Kegiatan Pemasaran

Cara Menghadapi Konsumen yang Rewel

Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Promosi