Panduan Agar Bisnis Anda Dilirik Oleh Media

Saat ini makin bertumbuh media kewirausahaan yang meliput kegiatan-kegiatan para wirausaha. Jika bisnis Anda belum sempat diliput oleh para media ada beberapa tips agar bisnis Anda diliput oleh media.
Berbeda dengan iklan yang berbayar, sebuah berita di media massa merupakan sarana publikasi gratis. Namun anda harus cermat dalam menggunakan media ini karena ada beberapa hal yang sebaiknya dipenuhi saat usaha anda ingin diliput.
1. Bergabunglah dan aktif dengan beberapa komunitas/organisasi bisnis, seperti Komunitas TDA, HIPMI dll
2. Menulis blog perjalanan usahanya bisa di blog/social media yang gratis seperti : Wordpress, BlogDetik, Blogger, Facebook dan Twitter.
3. Ikut beberapa mailing list usaha dan aktif memberikan tulisan, sharing, tangggapan, promo usaha dan lain-lain.
4. Menghadiri seminar, forum, pelatihan bisnis, pameran yang berhubungan dengan usaha kita sehingga bisa saling berjejaring.
5. Memberikan press release kepada media-media untuk di muat di halaman info bisnis, agenda bisnis, info kegiatan dan lain-lain.
Sebuah press release berisi berita mengenai usaha kita. Bisa dari perkembangan usaha, rencana kedepan, atau berita mengenai sejarah sebuah usaha. Setelah anda membuat berita untuk media tersebut anda bisa mengirimnya ke sebanyak mungkin media massa. Namun perlu diperhatikan juga keterkaitan media tersebut dengan usaha anda. Misalnya usaha anda bergerak dibidang konstruksi, jangan masukkan press release ke media khusus kuliner. 

0 komentar: