Jangkau Lebih Banyak Konsumen Lokal dengan Cara Ini

UMKM saat ini terbuai dengan tren mobile marketing. Mereka berlomba-lomba memasang iklan dan meningkatkan kesadaran mereka via aplikasi mobile, iklan di perangkat mobile dan sebagainya. Namun, satu hal yang mereka kerap lupakan adalah para konsumen lokal yang berada di sekitar lokasi bisnis mereka. Padahal potensi ekonomi konsumen lokal tidak kalah besar.
 Menurut entrepreneur Martin Holsinger, ada beberapa cara untuk menjaring lebih banyak konsumen lokal dalam bisnis Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya.
  1. Lengkapi listing Anda: Menurut Yext, perusahaan akan kehilangan pemasukan jika mereka tidak memiliki informasi profil yang terus diperbarui dan bisa diakses semua pihak dengan mudah. Jadi jika calon konsumen tidak bisa medapat informasi bisnis Anda, maka mereka akan menganggap Anda tidak ada dan itu peluang bagi pesaing. Jadi masukkanlah profil bisnis Anda di platform seperti Google Local, Yelp, Foursquare, MapQuest, Facebook dan lain-lain any others you may use.
  2. Dapatkan ulasan: Biasanya orang ingin membantu Anda jika mereka memberikan alasan untuk dibantu juga! Berikan imbalan bagi mereka yang ingin menuliskan ulasan mengenai bisnis Anda. Ini cara sederhana tetapi efektif untuk menampilkan bisnis dan menjaring konsumen yang sudah puas.
  3. Berikan konsumen lokal banyak penawaran istimewa: Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, selalu pastikan mereka ingin kembali lagi. Ada banyak cara untuk memastikan ini terjadi dengan membuat program loyalitas konsumen, kupon, backlink dan sebagainya.
  4. Gunakan iklan berbasis lokasi: Pakailah iklan yang berdasarkan lokasi konsumen. Bayangkan seseorang datang ke daerah Anda dan mendapati iklan Anda dan tahu toko Anda dekat dengan rumah mereka.
  5. Berinteraksilah dengan konsumen Anda: Jangan terjebak dalam kegagalan berinteraksi dengan konsumen atau calon konsumen yang ingin tahu lebih banyak mengenai bisnis Anda. Jika Anda tidak memberikan tindak lanjut, mungkin Anda akan mendapatkan reaksi negatif. Sisihkan sedikit waktu untuk menjawab pertanyaan mereka terutama yang berkenaan dengan layanan konsumen.

0 komentar: