Beberapa Hal yang Membuat Nyaman Para Pebisnis Online

Di Indonesia saat ini bisnis online merupakan bisnis yang menjamur baik dikalangan remaja maupun orang tua. Bisnis onlin pun dapat dijalankan dari berbagai kalangan, karena merupakan bisnis yang tak memerlukan modal besar. Menjadi seorang pebisis online memberikan kepuasan dan kebanggaan tersendiri bagi diri kita. Tantangan yang dihadapi ketika membangun bisnis online dinilai sebagai ujian dan tolak ukur untuk membuka jalan yang lebih baik pada bisnis kedepannya.

Lalu apa sih yang sebenarnya membuat mereka nyaman, hingga mampu menjalankan bisnis online cukup lama:
1. Mencukupi kebutuhan dan keinginana diri dan orang lain
Sebenarnya bukan hanya bisnis online, berbagai bisnis yang kita bangun sendiri akan memberikan kita kecukupan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dari diri kita. Dari yang sebelumnya hanya bergantung dari gaji kantoran atau bahkan masih dari transfer orang tua, kini bisa kita miliki sendiri.
Banyak para pekerja kantoran dan bahkan mahasiswa yang memilih bisnis online sebagai bisnis sampingan mereka. Tujuannya untuk mencukupi kebutuhan dan keinginan pribadi mereka sendiri. Dan terbukti pada Achmad Alfansuri, pemilik Kkdd.ud yang mengaku mampu mencukupi kebutuhan hidupnya, mulai dari kebutuhan pokok sampai barang mewah, seperti mobil dan bahkan menikah.
2. Menjadi lebih bermanfaat untuk komunitas lokal
Saat kita berbisnis dan mau untuk membuat produk sendiri, disitulah kita sudah membantu memanfaatkan kekayaan lokal daerah kamu. Mulai dari sumber daya alamnya, hingga sumber daya manusianya. Sedikit bermodal besar memang, tapi saat kamu bisa menjalankan dan melihat hasilnya, maka itu akan jauh lebih besar lagi.
Batikfractal.com dan Jatijepara.com adalah contoh bisnis online yang memanfaatkan sumber daya alam dan kekayaan manusianya untuk membantu menciptakan produk yang bahkan bernilai jual tinggi hingga ke dunia Internasional.
3. Punya banyak teman, relasi dan bahkan komunitas
Saat kamu berbisnis, kamu bukan hanya akan berhubungan dengan pelanggan, tapi juga dengan relasi bisnis, rekan kerja kamu bahkan pesaing kamu. Di dalam bisnis online media yang digunakan untuk promosi dan berkomunikasi menjadi sangat beragam. Ini membuat kita mudah bertemu dengan orang banyak, termasuk teman, relasi, investor dan bahkan komunitas kamu.
Menjadi sebuah keharusan bagi pemilik bisnis untuk mencari teman dan relasi sebanyak mungkin. Mereka membutuhkan ini untuk bisa mendapatkan pelanggan baru dan mengembangkan bisnis yang ada saat ini. Bisnis online memang terlihat pasif saat mencari teman atau relasi bsinis, tapi tahukah kamu, jika pemilik bisnis online sama saja aktifnya dengan pebisnis offline untuk mencari teman dan relasi bisnis.
4. Kepuasan dan kebahagiaan melayani banyak orang
Bagi para pebisnis online, mereka mengaku memiliki banyak kenyamanan dan kesenangan dalam menjalankan bisnisnya. Salah satunya yaitu ketika bisa dengan sabar dan telaten melayani pelanggan. Mulai dari pertanyaan hingga  pelayanan after selling. Bisnis online memang berbeda dari banyak segi, termasuk pelayanan terhadap pelanggan.
Saat kamu memiliki bisnis online dan mampu melayani mereka dengan baik, bukankah hasil yang kamu dapatkan juga lebih baik. Seperti yang dilakukan oleh Arlita Tiarasari pemilik Sepatukubaru.com. Kejeliannya melihat peluang di bisnis online sepatu, memberikannya kepuasan untuk melayani pelanggan sepatu dengan kebutuhan khusus.
5. Punya waktu dan kebebasan bekerja lebih banyak
Berbisnis online memang dipilih karena mampu memberikan kita waktu yang lebih bebas dan fleksibel. Bagi sebagian pemilik bisnis online, mereka memilih untuk menjalankan ini karena bisa mengatur penghasilan mereka sendiri, mereka juga bebas bekerja darimanapun dan kapanpun. Karena bisnis online memberikan kemudahan kita untuk mengelolanya. Asalnya tekun, sekalipun dalam perjalanan di dalam bus kota, bisnis kamu akan berjalan lancar. Inilah yang dialami oleh Gunadi Sinatrio yang merasakan kebebasan mengatur waktua dan juga penghasilan bisnisnya.
6. Punya banyak pilihan untuk bidang yang diinginkan
Dengan bermodal minim kamu yang mahasiswa sekalipun bebas mengambil jalan menjadi pebisnis online. Kamu bebas menentukan bidang apa yang ingin kamu coba. Asalkan kamu konsisten saat sudah memilih. Tapi ini bukan berarti kamu tidak diperbolehkan untuk menjalankan lebih dari 1 bisnis online. Karena kebebasan inilah banyak pebisnis online yang semangat menjalankan beberapa toko online, baik di website, sosial media dan juga media marketing lainnya.
7. Semakin berani karena keluar dari zona nyaman diri
Kamu yang memutuskan untuk keluar dari pekerjaanmu saat ini, dan memilih untuk menjalankan bisnis online bisa jadi kamu orang yang berani. Berani mencoba hal baru, berani mengambil tantangan baru dan juga ebrani keluar dari zona nyaman kamu.
Kadang kita memang harus memaksa diri keluar dari zona nyaman kita. Karena jika tidak, kita sulit untuk berkembang. Seperti yang dialami oleh beberapa orang ini. Mereka dengan niat, tekad dan nekat keluar dari pekerjaan mereka saat itu, dan memilih menjalankan bisnis mereka sendiri yaitu bisnis online.
8. Masa depan lebih mudah ditentukan oleh diri sendiri
Saat kita menjalankan bisnis, di awal kita sudah tahu bahwa apapun yang kita rencanakan dan kita jalani adalah untuk masa depan kita sendiri. Berbeda saat kita ikut bekerja dengan orang. Bisa jadi kita masih dituntut dan dipandu untuk melakukan sesuatu. Dan bisnis online memberikan kebebasan bagi kita untuk berjalan dan menentukan masa depan kita sendiri, baik dalam bisnis ataupun dalam bisnisnya

0 komentar: