Tips Menulis Artikel Yang Baik

Sebelum kita membahas tips cara menulis artikel yang baik, ada baiknya kita sedikit membahas tentang gaya penulisan sebuah artikel. Ada 2 gaya bahasa yang biasa digunakan ketika menulis, yaitu gaya jurnalistik dan gaya ringkasan. 
Gaya jurnalistik langsung memberikan informasi utama pada bagian awal artikel dan informasi pendukung akan menyusul di bagian tengah atau akhir artikelnya. 
Sedangkan gaya ringkasan mirip dengan gaya berita ringkas yang ditujukan kepada para pembaca yang mengharapkan informasi terperinci, dan pembaca dapat memutuskan apakah dia akan membaca rincian yang diberikan atau cukup hanya membaca ringkasan artikelnya saja.
Berikut ini adalah tips cara menulis artikel yang baik :
1. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh semua orang.
Penggunaan bahasa yang mudah dimengerti akan membuat pembaca menjadi betah untuk membacanya dan tidak mudah jenuh. Ditambah lagi jika artikel yang anda buat adalah sesuatu ayang sangat bermanfaat, pembaca akan menanti-nanti postingan artikel anda.
2. Banyak membaca buku.
Selain mendapat informasi, inspirasi, dan pengetahuan baru, membaca buku juga dapat membantu otak kita untuk berpikir secara logis dan sistematis. Selain itu, dengan membaca, jumlah perbendaharaan kata kita pun bertambah. Jika kita sering membaca buku atau tulisan-tulisan yang bermutu maka lambat laun kita juga akan dapat menulis artikel atau buku yang enak dibaca.
3. Memiliki gaya bahasa yang unik
Ini salah satu hal yang penting dalam menulis, tapi kita tidak perlu terlalu terpaku pada hal ini karena dapat menghambat kreatifitas itu sendiri. Mulailah berlatih menulis dengan cara anda sendiri yang anda bisa, tidak usah malu atau minder karena gaya tulisan kita berbeda dengan seorang penulis terkenal.
Apapun gaya atau cara kita membuat sebuah tulisan, yang terpenting di sini adalah bagaimana agar tulisan atau artikel tersebut memberikan informasi yang relevan, dan mudah dicerna oleh pembaca. Kita bisa membuat sebuah artikel yang sederhana untuk sebuah informasi yang memang sederhana, dan kita juga bisa membuat sebuah artikel dengan judul yang mengandung provokatif yang bisa menghentak pembaca anda.
Semoga 3 tips ini bisa membantu anda untuk lebih banyak membuat tulisan/postingan yang menarik di media sosial.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Konsep Kegiatan Pemasaran

Cara Menghadapi Konsumen yang Rewel

Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Promosi