Tips Memilih Hosting

Memilih web hosting saat ini tidak semudah memilih web hosting di masa lalu, terutama sebelum tahun 2000-an dimana belum banyak penyedia seperti sekarang ini. Juga dari banyaknya penyedia hosting itu sepertinya tidak banyak perbedaan yang ditawarkan.

Dalam situs internet tidak akan ada yang sama, entah itu konten, jumlah pengunjung, aplikasi di dalamnya dan aspek lainnya. Demikian juga dengan penyedia hostingnya, web hosting yang baik dan cocok untuk seseorang belum tentu baik dan cocok untuk anda. Berikut merupakan beberapa tips memilih hosting yang baik:

a. Cek Usia Perusahaan Web Hosting

Kita tentunya tidak mau apabila hari ini kita daftar bulan depan perusahaannya sudah gulung tikar, salah satu cara yang efektif adalah menggunakan fasilitas http://who.is untuk domain International & https://register.pandi.or.id/Index/whois untuk domain .id

b. Lokasi Perusahaan

Mengingat saking banyaknya web hosting provider di Indonesia, yang rata-rata:
  • Tidak ada badan usahanya.
  • Tidak memiliki lokasi fisik yang jelas.
  • Kelangsungan hidupnya antara beberapa bulan hingga 1 tahun saja, sebagian setelah itu menghilang tanpa jejak.
Untuk ukuran perusahaan besar ini bisa menjadi sebuah masalah. Misalnya: data website/database Anda tiba-tiba hilang karena server sudah tidak online berikut si pengurus hosting tidak bisa dihubungi untuk Anda minta datanya. Atau nama domain Anda jadi tersandera karena kontak/password domain ada pada pihak hosting.

c. Hak atas Domain dan Hosting yang Anda Beli

Pastikan Anda mempunyai hak akses penuh atas domain dan hosting Anda beli. Saat ini masih banyak perusahaan yang tidak memberikan hak akses penuh atas domainnya, sehingga menyulitkan jika konsumen ingin melakukan pindah hosting apalagi melakukan transfer domain ke perusahaan lain.

d. Harga Vs Kualitas

Sering kali pemain bisnis hosting yang baru terjun di bisnis ini hanya memperhitungkan resource space dan traffic limit. Padahal di luar itu banyak sekali batasan – batasan lain sebuah server di antaranya adalah CPU load dan Memmory. Oleh karena itu jika harga yang di tawarkan sangat murah maka konsekuensinya adalah pengurangan-pengurangan fasilitas hosting yang berpotensi besar menimbulkan beban berlebih pada server.

e. Jangan tergiur dengan istilah ‘Unlimited’

Aplikasi Serba Unlimited? Sangat Mustahil! Aplikasi yang biasanya dapat membuat CPU load menjadi tinggi di antaranya adalah web itu sendiri, database, mailing list, dan FTP. Untuk itu biasanya perusahaan web hosting membatasi jumlah mailing list, FTP account, dan database untuk menjaga reliabilitas layanan. Selain itu traffic per bulan juga dibatasi dengan asumsi jika traffic tinggi, maka beban server juga tinggi.

f. Layanan Pelanggan & Dukungan Teknis

Pastikan dukungan teknis dari penyedia hosting anda 1×24 jam bahkan yang live support sekaligus, hal ini untuk membantu anda, apabila suatu saat anda mengalami masalah terhadap website anda yang barang tentu berkaitan dengan tempat anda meletakan data anda di webhosting tadi, agar tidak terjadi hal2 yang diluar keinginan anda.

g. Alokasi Bandwitdh

Setiap akses ke website Anda, maka traffic anda pun akan naik hal ini akan mempengaruhi bandwith yang diberikan sekaligus apabila kapasitas bandwith yang disediakan habis maka anda akan dikenakan biaya tambahan, namun sejauh ini hal ini masih belum terlalu penting pengaruhnya, namun jika suatu saat traffic anda sangat tinggi perlu memperhatikan kapasitas yang diberikan oleh penyewa webhosting.

h. Lokasi Datacenter

Banyak user yang bingung ketika memilih lokasi server saat dihadapkan pada pilihan IIX, USA, & Singapura, ibarat memilih partai politik, salah memilih kecewa sesudahnya. 

i. Jangan Baca Testimonial

Yang namanya testimonial tentu isinya sudah pasti yang baik-baik aja yang ditampilkan, anak SMP juga pandai dalam mengarang testimonial, jika ingin tahu bagus tidaknya perusahaan web hosting tersebut., coba cari tahu siapa saja kliennya, kalau situsnya professional biasanya daftar kliennya terdapat pada klien directory dan kalau anda lihat daftar kliennya banyak dan diantaranya ada beberapa perusahaan besar, kemungkinan web hosting tersebut layak untuk anda pilih.

j. Software Billing System

Nah, Ini aspek yang paling penting yang jarang diperhatikan. Tahukah anda bahwa anda memiliki kemampuan untuk menutup atau membuat bangkrut sebuah perusahaan hosting yang menggunakan Software bajakan atau tanpa lisensi. Ada banyak jenis billing software untuk mengelola billing seperti clientexec, whmcs dll. Salah satunya yang sering digunakan karena kemudahannya adalah whmcs.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Konsep Kegiatan Pemasaran

Cara Menghadapi Konsumen yang Rewel

Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Promosi