Strategi Pemasaran Online Yang Melejitkan Produkmu

Bisnis Online saat ini bukan hanya sebuah tren yang asal-asalan atau musiman. Bukan seperti kebanyakan bisnis yang berkembang saat ini, semua tumbuh sesuai dengan apa yang menjadi tren. 

Bisnis online saat ini menjelma menjadi pasar yang sangat potensial bagi para pelaku jual beli yang terlibat didalamnya.

Banyak sekali ilmu pemasaran yang ditawarkan saat ini dan tidak terbatas didalamnya, apakah itu yang menyangkut pemasaran tradisional maupun pemasaran secara online, bisa jual beli domain, web hosting, jual beli, afiliasi, dan masih banyak lagi.

Saat ini banyak pengusaha konvensional yang beralih menawarkan produknya melalui media online. Bukan hanya pengusaha besar, seseorang yang mempunyai produk tanpa memiliki izin usahapun bisa menawarkan produknya melalui media online.

Dengan tingkat persaingan yang semakin meningkat, bisnis online juga memerlukan adanya manajemen pemasaran yang akan digunakan. Strategi pemasaran yang baik dalam pemasaran produk akan menambah potensi untuk semakin sukses, selain itu juga bisa membuat perusahaan atau bisnis memliki reputasi yang lebih baik lagi dikalangan konsumen, dengan merk yang semakin kuat dipasaran.

Disesuaikan dengan sifat bisnisnya, strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis online banyak memanfaatkan teknologi, informasi, dan waktu berprosesnya. Yang menjadi tantangan kita saat ini adalah, bagaimana caranya agar kita bisa memanfaatkan berbagai macam teknologi informasi tersebut dengan sebaik mungkin dengan mengikuti perkembangan yang terjadi.

Berikut ini adalah beberapa contoh media dalam strategi pemasaran dengan menggunakan teknologi informasi untuk bisnis online :

1.     Website.
Website resmi bisnis atau perusahaan merupakan hal yang mendasar bagi anda yang menginginkan bisnis secara online. Bagi anda yang pemula, anda bisa menggunakan website yang gratisan, anda juga bisa menggunakan website yang berbayar.

2.     Direktori Bisnis.
Selain website, anda bisa memasarkan produk anda sesuai dengan target pasar yang sesuai dengan produk anda.  Direktori bisnis merupakan salah satu cara yang bagus menjaring konsumen potensial yang membutuhkan produk anda.

Agar bisnis anda cepat untuk dikenal, pastikan anda memasukkan informasi bisnis anda dalam daftar direktori. Selain nama, bidang bisnis dan alamat, anda juga bisa memasukkan logo atau foto sebagai profil dari bisnis anda. Ini bertujuan agar tidak muncul keraguan ketika pengunjung melihat website anda.

3.     Video Online.
Video pemasaran saat ini menjadi salah satu favorit strategi menajemen marketing di kalangan pebisnis online. Selain memberikan efek yang lebih besar dibandingkan dengan iklan tertulis, biasanya video yang diunggah ke youtube membuat anda mampu melacak minat calon koncumen dengan melihat jumlah pengunjung, mereka yang suka, yang tidak suka, hingga komentar yang masuk.

4.     Media Sosial.
Selain website yang resmi, bisnis anda sebaiknya dibuatkan profil media sosial seperti Twitter dan Facebook. Selain menjadi media pemasaran yang sifatnya lebih personal, media sosial juga membuat komunikasi antara perusahaan dan calon konsumen menjadi lebih mudah.

Seperti direktori bisnis, jangan lupa untuk membuat profil yang cukup lengkap supaya calon konsumen bisa merasa lebih yakin tentang kredibilitas bisnis anda dan jangan malas untuk memperbaharui status atau berita serta menanggapi pertanyaan pengunjung yang masuk di profil anda.

Strategi pemasaran yang digunakan untuk bisnis online tidak hanya menyangkut media apa yang digunakan, melainkan juga bagaimana memanfaatkan media tersebut secara maksimal agar tujuan pemasaran bisnis online anda tercapai.

Jika anda memiliki visi untuk melebarkan bisnis anda, sebaiknya anda mulai menggunakan jasa konsultan dan agen periklanan khusus pemasaran online saat jumlah dan cakupan konsumen anda mulai meluas.

0 komentar: