Perbedaan Beriklan Di Facebook Dengan SEO

Secara umum internet marketing terdiri dari beberapa elemen, sedangkan facebook marketing hanya beberapa bagian kecilnya saja, masih ada yang lain, banyak sekali elemen lain dalam internet marketing, salah satunya SEO. 
SEO yaitu SEARCH ENGINE OPTIMIZATION, sebuah cara teknis dan seni dalam memposisikan website bisnis di search engine agar ketika ada pencari di Google dengan kata-kata (keyword) tertentu,  website tersebut ada di halaman depan hasil pencarian di search engine tersebut, misalnya di Google. Upaya itu biasanya dilakukan dengan tujuan untuk meningkatan peluang dari kunjungan website yang tinggi, sehingga website sebagai media promosi pemikat yang kuat, selama 24 jam trus bergentanyangan  secara online, meskipun pemiliknya sedang tidur, meskipun tim marketingnya sedang tidur juga.
Saat ini masih banyak juga yang berpromosi dengan menggunakan facebook, lalu apa yang menjadi perbedaan dari iklan facebook dan di search engine dengan SEO?
Facebook marketing ada beberapa tipe, diantaranya :
  1. Facebook promote, yaitu mempromosikan status dengan tujuan agar tetap eksis di atas dan dibaca terus, karena posisinya mirip status teman dalam dinding baca di facebook, kadang orang kurang paham bahwa itu merupakan iklan
  2. Facebook Adv, posisi di sebelah kanan, dengan ukuran  kecil dan ada gambar thumbnail yg kadang-kadang saat ini dihiasi dengan gambar berbau porno, untuk produk2  orang dewasa.
  3. Facebook dengan organik, yaitu dari Page, Group dan status itu sendiri, namun jika pada posisi ini, ketelibatan FACEBOOK masih bersifat umum, sama halnya dengan member lain, namun jika yg nomor 1 dan 2 di atas, ada keterlibatan yang menguntungkan untuk pengiklan. Dan masih banyak lagi.
Lalu perbedaan nyata beriklan di Facebook dengan SEO ( Search Engine Optimization ) ?
  1. SEO bersifat taktis, tidak ada biaya jaminan untuk berada di posisi teratas. Untuk bisa tampil di halaman pertama dalam pencarian Google, harus dengan jerih payah secara mandiri, ketika menggunakan jasa SEO, maka itu hanya sebuah upaya pengalihan proses yang artinya SEO sebenernya tidak ada biaya, yang ada hanya upaya.
  2. SEO membuat posisi di iklan search engine tidak selalu bergantung dana, sehingga berlawanan dengan metode iklan  di facebook adv, di Google Adword, yang memaksa dana yang harus disediakan cukup tinggi, ketika tidak tersedia dana maka STOP juga iklannya, beda dengan SEO yang kelenturan dana tidak mempengaruhi,  bahkan ketika dana sedang tidak tersedia, namun kaena posisi kualitas dan kompetisi webnya bagus aka  bisa terbantu iklan di Google.
  3. SEO dapat menyebar keberbagai pencarian kata yang dicari, tidak hanya berpatokan pada 1 atau 2 produk
Perbedaan dari sisi perilaku konsumen dan targeting,
Facebook adv, bisa diatur siapa saja yang akan bisa membaca iklan, lokasi, umur, waktu dll,  sehingga dari sisi targeting, memang akan lebih efektif, namun kita ingat tidak semua pengguna mau membaca iklan, bahkan sudah antipati dengan yang namanya iklan. Jika dengan SEO akan beda, karena perilakunya adalah konsumen yang "SENGAJA" berburu informasi, dan search menyodorkan website yang bisa dilihat. Sehingga dari aspek perilaku konsumen, juga sangat berbeda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Konsep Kegiatan Pemasaran

Cara Menghadapi Konsumen yang Rewel

Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Promosi