Penerapan Manajemen Pemasaran Dalam Bisnis

Semua bisnis pada dasarnya memerlukan penerapan perencanaan pemasaran. Sebab tanpa itu Anda tak akan dapat melihat apakah bisnis Anda sedang merugi atau berkembang secara menguntungkan.
Tak hanya bisnis di dunia nyata, yang memerlukan kerja yang cermat dan teliti, tapi juga bisnis di dunia maya atau yang lebih dikenal sebagai bisnis online.

Dalam dunia online atau jagad maya, penerapan manajemen pemasaran dianggap penting sebab di bisnis online juga dilibatkan strategi pemasaran yang bersifat abstrak dalam dunia maya. Artinya dalam dunia online manajemen pemasaran memanfaatkan penerapan kaidah-kaidah manajemen agar dapat mengelola semua kegiatan pemasaran yang terkait dengan pengadaan produk yang selanjutnya didistribusikan lewat beberapa media sosial.

Secara khusus dapat dikatakan bahwa Manajemen Pemasaran di Bisnis Online adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai produk barang atau jasa dalam kaitannya untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia melalui media internet. 
Secara garis besar strategi pemasaran online dapat dibagi menjadi 6 langkah, yang bisa disingkat menjadi SISTEM:

a. S-Search and research
Melakukan proses pencarian dan riset ceruk pasar dan kompetitor yang ada.

b. I-Initiate strategy
Tentukan sistem dan strategi yang akan dipergunakan untuk menjangkau prospek dan pelanggan.

c. S-Start content engine
Pergunakan berbagai konten untuk menarik orang kepada bisnis yang ditawarkan.

d. T-Traffic
Mendatangkan pengunjung ke situs bisnis yang ditawarkan.

e. E–Embrace relationship.
Bina hubungan dengan pelanggan melalui ber- bagai kanal.

f.  M–Money
Strategi mendatangkan pendapatan dan keuntungan. Berikut penjelasan langkah demi langkah termasuk beberapa sumber daya yang dapat dipergunakan bila ingin menggali lebih dalam.

a. S - Search and Research

Memiliki toko online tanpa mengerti untuk apa toko itu dipakai tidak akan banyak bermanfaat. Mengapa? Karena kompetitor segera akan menjadi lawan yang pelik dengan persaingan yang tinggi. Metode terbaik untuk sukses dalam suatu ceruk pasar adalah melakukan riset dengan harapan:
  • Bisa menemukan prospek dan pembeli yang tertarik dengan produk maupun jasa yang di tawarkan.
  •  Dapat memberikan nilai tambah dalam bentuk pengetahuan maupun layanan.
  • Dengan efisien dapat menjangkau pasar atau bekerjasama dengan  pemain yang ada.Banyak sekali cara seorang marketer dapat mendapatkan pelanggan dari dunia maya. Ada yang memilih memakai jalan pintas dengan membeli iklan di situs-situs yang ramai pengunjung atau dari mesin  pencari.

Cara yang mudah untuk mendapatkan pelanggan yaitu dengan membuka toko di Mall Online karena dengan membuka toko di Mall Online potensi pembeli yang berkunjung ke took online lebih banyak dari pada membuka sebuah toko online sendiri.

b. I – Initiate Strategy
Situs web atau membuka toko online merupakan bagian terpenting dalam strategi pemasaran online. Banyak situs web yang menyediakan sarana buka toko yang gratis yang bisa di manfaatkan. Selain fitur gratis yang diberikan oleh penyedia web tentu biasanya ada juga fitur  premium atau berbayar.
Untuk memperoleh peluang lebih besar mendapatkan pengunjung atau calon pembeli produk barang atau jasa, bisa mencoba dengan bergabung dengan fitur premium tersebut, tentu  banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh dari pada menjadi reguler member karena akan mendapatkan prioritas-prioritas dari web penyedia Toko Online tersebut.

c. S – Start Content Engine
Konten masih merupakan materi penting dalam strategi pemasaran online. Mengapa? Karena semua orang ketika berselancar di dunia maya, mereka mencari konten dalam satu bentuk atau lainnya. Strategi membuat konten tidak serumit yang dibayangkan kebanyakan orang.

Dengan cara yang benar, juga dapat memenuhi situs dengan konten yang diinginkan pemirsa. Hal ini memungkinkan terjadinya  penjualan tanpa harus menjual. Suatu konsep yang mungkin kontroversial karena pelanggan dan klien yang datang mencari, dan  bukan sebaliknya. Strategi pemasaran Internet ini dinamakan content marketing. Penulisan judul dan deskripsi produk juga termasuk Content Marketing.

d. T – Traffic
Beberapa strategi yang populer untuk meningkatkan traffic :
Search Engine Optimization (SEO)Ilmu, teknik dan proses memposisikan halaman situs web di posisi yang tinggi di halaman pencarian untuk kata kunci yang dipakai prospek dan pelanggan.

Pay per click (PPC) atau bayar/biaya per klik.Sistem  periklanan yang diterapkan di Google salah satunya, di mana setiap kali iklan diklik, harus membayar sejumlah uang. Strategi ini bekerja dengan baik untuk eksperimen dan jika telah memiliki  proses penjualan yang baik.

Media Buying.Meliputi pembelian iklan untuk ditampilkan pada  berbagai situs. Strategi ini dapat dikombinasikan sekaligus dengan teknik pemasaran di dunia nyata dalam bentuk pembelian iklan di radio, televisi dan media cetak.

Social MediaStrategi ini naik daun pada beberapa tahun  belakangan ini. Pada dasarnya ia meliputi interaksi langsung dengan pemirsa, prospek dan konsumen di situs media sosial.
Email MarketingMempergunakan email sebagai sarana komunikasi menjangkau pemirsa. Dengan konten yang baik akan dapat menarik pengunjung kembali ke situs berulang kali.

E – Embrace relationship

Sebagaimana indahnya situs yang dibuat tidak akan mengubah kenyataan bahwa sebagian orang tidak akan membeli pada saat kunjungan pertama. Mungkin mereka beluma yakin. Prospek yang diharapkan mungkin ingin mencari informasi dari situs lain. Atau mereka masih dalam tahap perencanaan sehingga pilihan belum diputuskan.

Itulah sebabnya diperlukan suatu metode agar dapat merangkul dan menuntun mereka melalui suatu proses. Jika dapat membuktikan bahwa situs memahami apa yang mereka lalui, mendemonstrasikan  bahwa situs sanggup membantu mereka atau memiliki tawaran terbaik yang mereka cari, maka pada saat mereka siap nantinya… dapat  di tebak siapa yang mereka ingat. Dan tebak ke mana uang mereka akan mengalir?

Website tidak dapat melakukan semua tugas dengan baik. Oleh sebab itu dibutuhkan email sebagai sarana komunikasi. Ada sistem yang mengizinkan untuk mengumpulkan nama dan alamat email prospek dan mengirimkan mereka informasi-informasi dengan teratur. Jadi tidak perlu kuatir bila suatu saat akan memiliki seratus ribu bahkan sejuta orang dalam daftar prospek, semuanya dapat ditangani dengan sistematis.

Alternatif sarana yang dapat digunakan untuk membangun hubungan dengan prospek adalah media sosial. Di Facebook, dapat  berkomunikasi secara hamper real-time dengan mereka, berinteraksi, meminta pendapat, memberikan tips dan bahkan mengirimkan promosi dan informasi produk baru. Kedua teknik di atas sangat  berbeda implementasinya, tapi inti pemakaiannya sama.

Bila belum yakin harus dengan strategi ini, ketahuilah bahwa biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan pelanggan baru sampai lima kali dari biaya untuk mendapatkan penjualan dari pelanggan yang telah ada. Pelanggan yang pernah membeli selalu akan mengingat selagi ada kesempatan, bila pengalaman yang diberikan baik. Email dan media sosial adalah dua sarana ataupun kanal yang juga dapat di pergunakan untuk tujuan ini.

f. M – Money

Semua langkah di atas tujuannya adalah mendatangkan pendapatan yang menguntungkan. Semua proses di atas harus di lalui bila ingin sampai pada tahap ini. Uang tidak akan berpindah tangan kecuali dapat mencari pelanggan dan memberikan sesuatu yang bernilai sebagai gantinya. Setelah memiliki pengunjung dan menghasilkan penjualan, salah satu langkah yang harus di lakukan adalah optimasi proses sehingga taraf konversi seseorang dari pengunjung ke prospek dan prospek ke pelanggan semakin tinggi. Jika awalnya dari 200 orang 1 membeli dan Anda meningkatkannya 1 pembeli setiap 100 orang, maka teorinya, keuntungan di dapat berlipat ganda. 

Jadi, sampai ke langkah ini bukan berarti akhir dari semuanya. Seperti halnya bisnis, semua merupakan proses yang terus dilakukan, dan berpotensi dikembangkan dan dimajukan.


Itulah penerapan manajemen pemasaran di dunia online, semoga bermanfaat :)

0 komentar: