Menjadi Affiliate Marketer

Affiliate marketer adalah orang yang menjualkan produk orang lain dan mendapatkan komisi beberapa persen (tergantung pemilik produk) dari setiap penjualan yang dilakukannya. Jenis bisnis seperti ini banyak sekali dilakukan oleh pelaku bisnis online, baik itu di dalam negeri maupun diluat negeri.
Produk yang dijual oleh affiliate marketer ini begitu beragam, mulai dari produk digital, hingga produk yang berbentuk fisik, atau bahkan kombinasi dari keduanya. Program affiliasi yang pernah saya ikuti adalah program affiliasi dari Ratakan.com, Amazon.com dan Clickbank.com.
Ratakan.com adalah sebuah marketplace produk digital karya anak bangsa. Sebagian besar produk digital yang dipasarkan oleh Ratakan.com adalah produk yang berhubungan dengan internet marketing yang dikemas dalam suatu eBook, Software, hingga membership.
JIka Anda pemilik blog/website yang membangun konten yang berhubungan dengan blogging, bisnis online, dan internet marketing, saya menyarankan untuk bergabung menjadi affiliate marketer di Ratakan. Sebagian besar produk yang ditawarkanya memang banyak dicari oleh internet marketer, dan range komisi yang ditawarkan lumayan cukup besar, yaitu sekitar 25%- 75% per penjualan dari link affiliasi milik Anda. Baca artikel tentang Ratakan.com.
Amazone.com adalah salah satu toko online terbesar di dunia, dimana kebanyakan produk yang ditawarkan didalmnya adalah berbentuk fisik. Kategori produk yang di jual di Toko Online ini sangat bervariasi, mulai dari yang murah hingga yang sangat mahal, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Misalnya buku, kamera digital, peralatan olahraga, kulkas, TV, AC, kursi, meja, peralatan mandi, peralatan dapur, gadget, bahkan pakaian dalam ada dijual di sana hehehe.
Amazon.com memberikan kesempatan bagi semua pemilik website/ blog di seluruh dunia untuk mendapatkan uang dari program affiliasi yang mereka tawarkan. Besarnya komisi yang didapatkan oleh publisher Amazon adalah sekitar 4% – 8% dari total penjualan, dan itu semua tergantung dengan berapa banyak publisher tersebut menjual produk dari Amazon.com. Semakin banyak produk yang dijual, maka akan semakin tinggi persentase komisi yang akan diberikan.
Clikckbank adalah suatu tempat yang menyediakan produk-produk dalam bentuk digital, misalnya ebook, software, hingga membership. Program affiliasi ini juga sangat banyak disukai oleh internet marketer di seluruh dunia karena rate komisinya sangat besar, bahkan ada beberapa pemilik produk bersedia untuk memberikan komisi hingga 75% dari harga produk yang terjual kepada para publishernya.
Di Indonesia sendiri ada cukup banyak program affiliasi yang bisa Anda jalankan. Namun saya belum bisa memberikan review pada program affiliasi lokal karena belum pernah merasakan hasilnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Konsep Kegiatan Pemasaran

Cara Menghadapi Konsumen yang Rewel

Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Promosi