Membuat Facebook Fans Page

Facebook merupakan salah satu situs sosial media yang bisa membantu dalam kegiatan promosi bisnis anda karena situs sosial media ini memiliki user yang begitu banyak dan terus bertambah dari waktu ke waktu. 

Boleh dikatakan bahwa saat ini memiliki Facebook Fans Page adalah sebuah langkah untuk mempromosikan produk anda. Ada perubahan yang dilakukan oleh pihak facebook pada Facebook page untuk bisnis, baik pada skala kecil, perubahan fitur baru yang selalu muncul dari waktu ke waktu, maupun perubahan dalam skala yang lebih besar, pada saat perubahan Facebook dalam bentuk timeline.

Tidak perlu terlalu pusing untuk mencari-cari informasi bagaimana cara membuat Facebook Fans Page untuk bisnis anda, atau mencari informasi bagaimana membuat sosial networking anda menjadi lebih profesional.

Saya akan mencoba menjelaskan caranya pada postingan kali ini. Berikut ini merupakan beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam membuat Facebook Fans Page untuk bisnis anda:

1.    Login ke akun Facebook anda.

Pada halaman tersebut anda akan diberikan 6 klasifikasi, anda harus memilih salah satu dari klasifikasi tersebut. Ini adalah klasifikasinya:

  •  Local business or place
  • Company, organization or institution
  • Brand or product
  •  Artist, band or public figure
  • Entertainment
  • Cause or Community

Memilih klasifikasi yang tepat akan sangat membantu peringkat anda dalam pencarian yang relevan di Facebook sesuai dengan informasi diberikan pada page anda nantinya, jadi pastikan anda memilih kategori yang sesuai dengan bisnis anda. Setelah memiliki kategori FB page anda, lalu anda harus memasukkan nama bisnis anda, centang kotak “I agree to Facebook page terms” lalu klik get started.

2.    Isi Informasi Tentang Page Anda.

  • Upload foto untuk page bisnis anda tujuanya adalah agar membuat halaman FB bisnis anda kelihatan lebih profesional, sebaiknya anda memasang foto dengan kualitas resolusi yang baik karena foto itu akan terlihat setiap anda membuat postingan baru, news feed atau membalas komentar orang lain. Sebaiknya anda memasang logo bisnis anda atau sebuah foto yang bisa mewakili bisnis anda. Disarankan untuk memasang foto dengan ukuran 180×180 pixel pada profile picture anda, dan memiliki kualitas gambar yang baik.
  •  Mengisi halaman “About” untuk FB page bisnis anda. Pada bagian ini anda perlu mengisinya dengan uraian yang singkat mengenai bisnis anda, mungkin anda perlu mengisinya dengan 2-3 kalimat agar deskripsi bisnis anda lebih jelas. Pastikan anda juga memasukkan URL atau link menuju website bisnis anda.

3.    Gunakan Panel Admin Anda.

Panel admin adalah halaman utama FB page anda. Pada bagian ini anda akan melihat berbagai fitur, opsi untuk mengoptimalkan FB page anda dan memonitor kegiatan apa saja di dalam page anda.

a. Edit Page.
  • Pilihan edit page menyediakan beberapa pilihan. Yang pertama adalah opsi untuk update info yang memungkinkan kita untuk memperbarui informasi dasar pada FB page anda, misalnya anda ingin mengganti deskripsi pada bagian “About”.
  • Anda juga dapat mengatur peran administrator untuk halaman FB page anda. Hal ini memungkinkan anda untuk mengundang karyawan atau rekan bisnis anda untuk menjadi admin FB anda.

Mereka dapat membantu anda untuk membalas komentar atau update status tentang bisnis anda tanpa harus memberikan kekuatan penuh atas halaman FB page anda. Opsi lain yang perlu anda perhatikan adalah pengaturan notifikasi dan ijin untuk menambah halaman.

b. Membangun Audiens Anda.

Biasanya orang akan begitu semangat ketika FB page mereka telah selesai dibuat, kemudian mereka mengundang orang lain untuk melihat halaman FB bisnis mereka. Menurut saya ini adalah langkah yang tidak baik buat anda karena audience anda tidak melihat apa-apa pada halaman FB bisnis anda.

Sebaiknya anda tidak terlalu terburu-buru mengundang orang lain untuk melihat FB page bisnis anda, akan lebih baik lagi bila anda mengisi halaman itu dengan konten. Setalah anda mengisinya dengan konten, lalu anda bisa mengundang karyawan,  teman, keluarga anda untuk berinteraksi dalam page anda dan meminta mereka untuk men-share isi page anda. 

Kemudian, setelah interaksi lebih banyak dan anda telah memiliki beberapa penggemar, akan lebih baik bila anda mempromosikan FB page bisnis anda melalui alat iklan pada Facebook.

4.    Isi Facebook Page Dengan Kontent.

  • Memasang Foto Cover. Anda perlu memasanga foto cover atau foto sampul untuk facebook bisnis anda, ukurannya adalah 851 X 315 pixel. Pastikan anda menggunakan cover dengan foto yang creative agar membuat pengunjung anda menjadi lebih tertarik untuk melihat.
  • Mengatur Tabs.Anda dapat mengatur tabs pada halaman Fb sesuai keinginan. Sebaiknya anda mengatur tabs dengan kategori kegiatan anda, misalnya video, foto, event, dan lainnya. Membuat tabs dengan teratur akan membuat audiens anda lebih mudah untuk mengenal bisnis anda.
  • Membuat Pos.Pastikan anda memberikan konten yang bervariasi ketika anda memposting di dalam halaman FB bisnis. Pertimbangkan juga untuk membuat gambar-gambar menarik yang berhubungan dengan bisnis anda, sehingga membuat pengunjung anda akan membagikan konten anda pada timeline mereka.
  • Lakukan pengamatan.Memiliki halaman FB page yang cantik memang sangat memuaskan, langkah selanjutnya anda juga harus melakukan pengamatan dan memantau interaksi fans anda secara berkelanjutan. Usahakan anda membalas komentar dan pesan yang dikirimkan oleh fans anda. Bila anda melakukannya secara continue, anda akan melihat fans anda bertambah terus menerus dan membantu bisnis anda semakin berkembang. 

5.    Ukur Upaya Yang Telah Anda Lakukan.

Anda telah membangun facebook bisnis anda dengan baik dan dapat mewakili bisnis anda. Selanjutnya, yang perlu anda lakukan adalah mengukur upaya yang telah anda lakukan guna mengetahui dan memastikan keuntungan yang anda dapatkan dari Facebook marketing.

Pada admin panel juga tersedia pilihan “View Insight” yang berfungsi guna memantau keterlibatan fans dan pengunjung. Hal ini sangat diperlukan untuk membantu anda mengetahui apa saja strategi yang berhasil dan strategi yang kurang berhasil, sehingga bisnis anda semakin bertumbuh dan dapat beradaptasi dengan perkembangan marketing melalui Facebook.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan bisnis anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Konsep Kegiatan Pemasaran

Cara Menghadapi Konsumen yang Rewel

Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Promosi