Manfaat Screenshot

Bagi kita yang sudah terbiasa menggunakan gadget/smartphone, saat ini media sosial tentu sudah menjadi bagian erat dalam kehidupan kita sehari-hari. Kalau kita memang sudah akrab dengan media sosial, pasti kita sudah mengetahui penggunaan screenshot  di media sosial.

Screenshot biasanya sering digunakan sebagai bukti atau sarana guna menarik rasa keingintahuan orang lain dengan cara mempostingnya di media sosial.
Sebenarnya seperti apa sih pengaruh screenshot serta kaitannya dengan media sosial?

Mengenal Definisi Screenshot

Secara harafiah, screenshot bisa diartikan sebagai gambar yang ditangkap oleh layar smartphone atau layar perangkat lainnya. Screenshot  biasanya memuat suatu teks atau gambar yang di posting oleh pihak-pihak tertentu. Penggunaan screenshot biasanya dijadikan sebagai suatu bukti yang otentik bahwa suatu pihak sudah pernah mengeluarkan pernyataan atau informasi tertentu.
Screenshot  yang sudah kita miliki bisa disimpan atau dipublikasikan melalui berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram.

Manfaat yang Diperoleh Dari Penggunaan Screenshot

Bukan tanpa alasan jika kita harus menggunakan deretan teks atau informasi menjadi sebuah gambar yang diunggah ke media sosial. Sebab ternyata ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh jika kita menggunakan screenshot  yang diunggah ke media sosial. Diantara manfaat tersebut adalah :
  • Memaksimalkan batasan karakter yang kita gunakan pada media sosial tertentu. Misalnya di Twitter kita hanya bisa menggunakan 140 karakter untuk memberitahukan informasi tertentu. Tapi dengan menggunakan screenshot, maka kemampuan untuk menyampaikan informasi menjadi bertambah dan tidak dibatasi oleh 140 karakter.
  • Menjadi salah satu cara alternatif untuk membagikan cerita pendek pada orang lain
  • Mampu meringkas suatu informasi yang sangat panjang menjadi intisari penting yang dibutuhkan oleh orang lain. Karena banyak sekali orang yang tidak ingin membuang waktu untuk membaca informasi yang bertele-tele, maka penggunaan screenshot  tentu mampu meringkas hal-hal esensial yang ingin disampaikan.
  • Mampu meringkas beberapa bentuk informasi lainnya yang mungkin tidak bisa diakses oleh pengguna media sosial. Misalnya saja, video yang terlalu berat dan membutuhkan proses buffering yang begitu lama bisa disingkat dengan menggunakan screenshot  yang lebih praktis dan mudah diakses.
  • Tim pemasaran yang terlibat dengan konten-konten pemasaran bisa membuat sebuah konten yang unik dan praktis dengan menggunakan screenshot . Misalnya saja tim pemasaran produk kuliner keripik buah bisa mengcapture screenshot  tentang manfaat buah-buahan dari sejumlah situs kesehatan resmi di dunia.

Apakah Screenshot  Memang Bermanfaat untuk Media Sosial?

Sebuah penelitian sederhana yang dilakukan untuk menguji efektivitas penggunaan screenshot terhadap engagement di Twitter ternyata memang memberikan hasil yang begitu menakjubkan. Karena penelitian tersebut terbukti mampu meningkatkan nilai engagement di Twitter saat penggunaan screenshot  dilakukan dalam kurun waktu 1 bulan.

Tentu saja penggunaan screenshot  tersebut juga harus dibarengi dengan pengembangan konten-konten menarik lainnya seperti konten visual dan konten audio visual yang interaktif.

Trik Menggunakan Screenshot  Secara Efektif

Menggunakan hasil screenshot di media sosial tentu tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Beberapa tips sederhana ini akan membuat screenshot  yang kita miliki jadi semakin efektif :
  • Buatlah screenshot  dengan kualitas gambar yang baik supaya mudah dibaca dan tidak blur saat diposting pada media sosial
  • Kita juga bisa menambahkan watermark sebagai bukti bahwa screenshot  tersebut adalah screenshot  milik kita. Dengan demikian tentu tidak ada oknum-oknum kurang bertanggung jawab yang bisa mencuri dan menggunakan screenshot  tersebut
  • Ukuran screenshot  juga perlu disesuaikan dengan kapasitas media sosial. Pada Instagram membutuhkan konten visual berbentuk segi empat, maka Twitter atau media sosial lainnya membutuhkan konten visual dalam bentuk landscape.
Pastikan ukuran screenshot  dipertimbangkan dengan matang supaya informasi yang terdapat dalam screenshot tersebut tidak terpotong saat di posting.

Setelah kita mengetahui definisi dan manfaat mengenai penggunaan screenshot  di media sosial, kini saatnya kita mulai membuat screenshot yang berkualitas. Buatlah screenshot  yang bersifat informatif, unik dan tidak membosankan supaya bisa menarik perhatian dari para pengguna media sosial. Tentu butuh sedikit sentuhan kreativitas agar bisa menghasilkan konten screenshot  yang inovatif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Konsep Kegiatan Pemasaran

Cara Menghadapi Konsumen yang Rewel

Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Promosi