Manajemen Pemasaran UKM

Pemasaran saat ini menjadi salah satu kendala UKM yang ada di Indonesia. Hal ini cukup wajar, karena masih banyak UKM yang melakukan pengelolaan bisnisnya yang dilakukan secara tradisional. Yaitu, cukup membuat produk baik dan tinggal menunggu konsumen untuk datang.

Hal ini tidak salah, namun tidak bisa membuat UKM mempunyai daya saing di pasar yang semakin kompetitif.  Untuk itu, menjadi UKM yang berdaya saing tinggi harus dengan produk yang berkualitas, harga yang rasional, dan juga strategi pemasaran yang ampuh. Dengan strategi pemasaran yang ampuh, maka tujuan akhir sebuah perusahaan akan tercapai secara optimal. Yaitu memaksimalkan keuntungan perusahaan.

Hal-hal yang harus anda perhatikan, tapi mulailah dari:

  • Pahami keunggulan dari produk anda.
  • Petakan konsumen yang membutuhkan keunggulan produk dari anda.
  • Uji cobakan dugaan anda dengan mempromosikan keunggulan produk anda kepada konsumen yang anda tuju. Tentunya dengan strategi promosi yang efektif sehingga dapat menarik hati para konumen.
  • Bila kurang berhasil, cari titik permasalahannya, analisa, kemudian benahi permasalahan tersebut hingga sesuai dengan yang diinginkan.
  • Fokus pada upaya memasarkan pada konsumen yang benar-benar membutuhkan keunggulan produk dari anda, akan membuat langkah pemasaran anda menjadi lebih efektif dan efisien. jadi jangan tergoda untuk memasarkan produk anda pada semua orang

Selain hal-hal tersebut, perlu diciptakan kawasan promosi UKM secara terpusat yang berfungsi sebagai pusat informasi produk-produk UKM dan menjadi lokasi tujuan kunjungan wisata pelancong mancanegara.

Langkah alternatif lainnya yang perlu dioptimalkan adalah kemitraan dengan beberapa institusi akademik. Kemitraan semacam itu dapat diinisiasi dengan melibatkan peran pemerintah lokal/pusat. Dengan demikian, tercipta kolaborasi kohesif antara masyarakat, kalangan bisnis/wirausaha, dunia akademik hingga pemerintah.

0 komentar: