Fitur-Fitur Tersembunyi Di Media Sosial

Facebook adalah merupakan salah satu yang banyak digunakan oleh para pengguna internet saat ini. Sejak periode awal tahun 2009, popularitas Facebook terus menanjak seiring dengan setiap inovasi yang diusung facebook sebagai suatu langkah pembaharuan. Sehingga tak heran hingga tahun 2015 ini, Facebook masih menjadi salah satu media sosial yang terpopuler di dunia. Disamping keberadaan Facebook, banyak pula media sosial lainnya yang digunakan para pengguna internet sebagai sarana untuk terhubung dan berbagi informasi satu sama lain.
Selain untuk berkomunikasi, berbagi berita terkini, bermain game atau mengunggah foto ternyata media sosial sering diperbaharui dengan berbagai fitur unik. Keberadaan fitur-fitur baru tersebut terkadang tidak kita sadari sehingga kita tak pernah memanfaatkannya. Berikut ini adalah beberapa fitur tersembunyi yang dapat kita gunakan di beberapa media sosial:

1. Memfollow Orang yang Bukan Teman di Facebook

Hampir sama seperti Twitter, kita dapat memfollow orang yang bukan teman Facebook kita dan orang lainpun dapat memfollow kita walaupun kita bukan teman dalam Facebooknya. Setiap aktivitas si pemilik Facebook yang kita follow akan tampil sebagai newsfeeds pada timeline Facebook kita.

2. Analisis Yang Dibuat Oleh Facebook

Kita mungkin cukup familiar dengan status seperti “1.570 people reached” pada bagian bawah halaman posting kita di Facebook. Tapi apakah kita sudah tahu bahwa mengklik kalimat tersebut akan membawa kita pada halaman analisis Facebook. Halaman analisis tersebut akan menunjukkan status analisis berupa jumlah like, comment dan share pada posting yang kita buat.

3. Menambah Tag Photo Pada Posting Twitter

Ketika kita melakukan share foto melalui akun Twitter kita, maka kita dapat melakukan tag maksimal terhadap 10 orang dengan fitur “who’s in this photo”. Kita tidak perlu khawatir akan kehabisan karakter untuk mengetik karena tag foto tersebut tidak dihitung sebagai jumlah karakter pada tweet.

4. Lakukan Mute Pada Pengguna Twitter Yang Mengganggu

Daripada kita melakukan unfollow terhadap seorang pengguna Twitter yang kita kenal di kehidupan nyata, rasanya akan lebih sopan untuk melakukan “mute” terhadap setiap celotehan yang dilakukanya di Twitter. Dengan demikian, timeline Twitter kita akan terbebas dari celotehan yang kita anggap cukup menjengkelkan walaupun orang yang bersangkutan tetap kita follow secara resmi.

5. Memunculkan File Multimedia Pada Halaman Profil LinkedIn

Ternyata kita dapat menyertakan file multimedia baik berupa foto, file audio, video atau slide pada halaman profil kita. File multimedia tersebut tentu akan membuat profil kita terkesan makin profesional. Caranya, tinggal masuk ke menu “edit profile” dan perhatikan media icon yang bada pada setiap section kemudian tempat file multimedia diantara icon bergambar pensil dan icon anak panah.

6. Simpan Halaman Pencarian Job

Ketika kita melakukan pencarian job pada halaman Linkedln, maka kita dapat menyimpan pencarian tersebut pada bagian kanan atas halaman LinkedIn. Jumlah halaman pencarian yang bisa disimpan maksimal 10 halaman.

7. Menyimpan Foto Dari Instagram

Saat kita tertarik pada sebuah foto yang di posting di Instagram, kita dapat menyimpannya dengan cara mengklik icon yang bergambar 3 titik lalu pilih “copy share URL”. Kemudian, bukalah URL yang sudah di copy melalui browser, maka file gambar akan terbuka dan bisa diunduh dengan menekan gambar tersebut hingga muncul pilihan “simpan”.

8. Merepost Foto Dari Instagram

Melihat berbagai foto-foto yang menarik dan artistik di Instagram, kadang-kadang membuat kita ingin melakukan repost. Bila kita ingin me-repost foto-foto di Instagram, kita dapat menggunakan bantuan beberapa website seperti Iconosquare dan Webstagram. Meskipun terkesan manual, namun melalui kedua website tersebut dapat mengirimkan email berisi gambar kepada kita. kemudian, kita dapat memasukkan gambar tersebut pada memori penyimpanan smartphone dan merepostnya.
Ternyata banyak sekali informasi seputar media sosial yang perlu kita pelajari lebih dalam. Mempelajari berbagai fitur media sosial dapat membantu mempermudah aktivitas mobile yang kita lakukan. Dengan demikian, kita juga akan lebih terbiasa untuk menggunakan media sosial lebih bijak dan efektif sesuai dengan kebutuhan. Karena menggunakan media sosial secara bijak akan menjauhkan kita dari resiko cyber crime yang semakin marak akhir-akhir ini. Yuk belajar menggunakan media sosial lebih bijak.

0 komentar: