Email Marketing Sebagai Media Yang Efektif

Strategi marketing pada era tradisonal dengan era internet cukup berbeda, bukan berarti berganti eranya secara total, hanya metode dan media marketingnya yang bergeser. Dahulu kala ketika promosi hanya bisa menggunakan suara di Radio kemudian muncul iklan suara+visual di TV. 
Namun memang kemasan yang disajikan untuk pelanggan haruslah berawal dari pergeseran perilaku pelanggan, bukan dari kemampuan modal dan investasi kecanggihan teknologi dari pemilik perusahaan  saja.
Email belum disadari oleh pelaku bisnis sebagai sebuah media yang efektif untuk menpertajam lini komunikasi bisnisnya, dan masih dianggap sebagai alat pasif saja. 
Lima alasan memanfaatkan email marketing sebagai standar strategi dalam bisnis:
  1. Perilaku Masyarakat, saat ini dengan teknologi yang ada terjadi perubahan perilaku di masyarakat secara drastis. Misalnya, dahulu ketika membuka email harus di warnet ataupun di kantor, maka saat ini email bisa dibuka dimanapun dengan menggunakan gadget. Sehingga email menjadi media informasi yang riil dari pada dengan surat.

    Saat ini internet menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakat, dulu masyarakat membaca berita melalui koran, kini beralih melalui berita secara online, mecari teman yang lama bisa menggunakan facebook, dll.
  2. Murah dan merata, dengan memanfaatkan email maka kemudahan yang di dapatkan adalah, sekali “kirim” bisa puluhan hingga ratusan pelanggan yang bisa menerima email tersebut secara real  time. Murah karena sekali mengirim kebanyak  pelanggan, biaya tidak tergantung jumlah yang dikirim seperti halnya SMS. Merata, dengan email maka semua lapisan bisa menerima email dalam bentuk dan informasi yang sama, dimanapun berada, selama dalam jangkauan internet.
  3. Responsif. Dengan email maka ketika terdapat reaksi baik itu untuk oder, pertanyaan dan penolakan lebih mudah diketahui dan diantisipasi dengan lebih cepat. Hal ini tentu memudahkan dalam membuat perencanaan selanjutnya dalam aspek bisnis.
  4. Media yang komplet dan multi dimensi. Email dapat diisi berbagai bentuk sajian dari teks, gambar, animasi, movie, dan link, meskipun semuanya tergantung pada support system dari penerima email.
  5. Media Informasi dan marketing sepanjang masa.  Sepanjang masa dalam hal ini dikarenakan email mampu disimpan dengan waktu tak terbatas, bergantung pada kemauan pengguna dan penyedia email. Hal ini menguntungkan karena mungkin saat ini pelanggan belum membutuhkan informasi produk anda, namun tahun depan kemungkinan akan masih mencari informasi kembali. Berbeda dengan brosur, leaflet yang secara fisik mempunyai keterbatasan tersimpan dengan baik. Informasi dari email juga dapat dipindah kan ke Flashdisc, CD, hingga Hardisk.

0 komentar: