Dalam dunia bisnis, tentunya sangat dibutuhkan sebuah strategi dalam proses produksi sampai proses pemasaran, agar usaha yang dijalankan dapat berkembang seperti yang diinginkan. Selain itu, teknik pemasaran merupakan kunci utama keberhasilan dari penjualan suatu produk. 

Teknik pemasaran yang baik didukung juga oleh strategi pemasaran yang efektif. Dengan strategi tersebut, proses marketing dapat dipertahankan, bahkan cara baru dalam memasarkan suatu produk juga bisa kita temukan dan membuat pelanggan semakin loyal. 

Berikut beberapa tips untuk memasarkan barang dengan lebih mudah:
1. Kenali pelanggan Anda.

Identifikasi target market Anda akan membantu Anda dalam menyusun strategi marketing yang efektif. Anda bisa mengelompokkan target market menjadi beberapa kategori, misalnya  kelompok usia antara 15—30 tahun, jika Anda ingin memasarkan produk sepeda sport. 
Atau Anda dapat membidik wanita dengan kelompok usia sekitar 20—35 tahun, jika ingin memasarkan produk sepatu wedges. Jadi, dengan mengetahui siapa target market Anda, Anda bisa meminimalisir terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia.
2. Lakukanlah promosi.
Lakukan upaya promosi atau memperkenalkan produk bisnis Anda kepada para konsumen. Usahakan supaya promosi yang Anda lakukan tersebut konsisten, terus-menerus, dan dengan cara-cara kreatif sehingga para pelanggan tidak merasa bosan. Misalnya, mengirim pesan singkat kepada para customer jika sedang ada promo produk – produk Anda. 
Selain itu, coba lihat bagaimana upaya promosi yang dilakukan kompetitor Anda. Jika penawaran Anda lebih unik dan menarik, lanjutkan upaya promosi tersebut. Jangan lupakan pula kehebatan "word-of-mouth publicity". Kekuatan promosi dari mulut ke mulut ini memang ajaib, karena dapat menyebar dan menjaring pelanggan hingga berlipat-lipat. Oleh karena itu, siapkan diri Anda untuk membuat pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan Anda. Pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi pelanggan loyal yang dapat menarik pelanggan baru.
3. pilih lokasi yang strategis
Faktor penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah tentang pemilihan tempat. Anda perhatikan outlet atau toko roti Holland Bakery yang berada di jalan sibuk di mana traffic lalu lalang orang sangat tinggi. Itu merupakan strategi mereka dalam membidik pelanggan potensial. Maka, usahakan untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan bisnis Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka.
4. Coba gunakan internet marketing
Internet marketing merupakan salah satu strategi marketing yang sangat efektif. Anda dapat mengetahui selera pelanggan dan kebutuhan pelanggan Anda dengan menempatkan bisnis Anda di situs jejaring sosial. 
Saat ini, jual beli online semakin marak dengan jumlah transaksi yang meningkat setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan kecenderungan bagaimana pelanggan ingin berbelanja di luar jam buka toko, guna menghindari keramaian, dan lebih privasi. Ruang inovasi juga terbuka lebar di internet.
5. Jalin hubungan dengan pelanggan
Memelihara pelanggan yang lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Karena biaya yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan baru sekitar 6 kali lipat daripada memelihara pelanggan yang lama. 
Maka, buatlah database pelanggan, masukkan data-data penting beserta kemajuan yang telah dicapai, hubungi mereka secara berkala, dengan menginformasikan pelanggan mengenai promo produk yang sedang berjalan, dan lain-lain.
6. The Power of Focus
Kekuatan fokus terbukti dapat mengantarkan Apple menuju kesuksesan. Apple fokus pada produknya dan sanggup menghasilkan miliaran dolar hingga kini. Kesuksesan Apple tersebut karena mereka fokus dengan sumber daya mereka dengan produk yang lebih sedikit tapi inovatif. Fokus tidak berarti Anda menjual lebih sedikit. Sebaliknya, Anda dapat meningkatkan produksi Anda di wilayah tertentu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Konsep Kegiatan Pemasaran

Cara Menghadapi Konsumen yang Rewel

Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Promosi